Entertainment

Melejit Lewat Single Like Ooh-Ahh, TWICE Torehkan Prestasi Gemilang

TWICE

Memasuki tahun kelima debutnya, girlband K-Pop Twice tampil kian memukau dalam blantika musik Korea Selatan. Penampilan ke-9 personil dengan latar belakang dan kemampuan berbeda, menambah semarak idol grup satu ini. Bahkan namanya telah dikenal hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bagaimana sepak terjang ke-9 anggota girlband satu ini? Apakah semulus yang dibayangkan para penggemarnya?

Sepak Terjang Girlband TWICE

Bernaung di bawah bendera JYP Entertainment, Twice terbentuk melalui reality show SIXTEEN. Seluruh personilnya harus membuktikan diri lewat bakat yang dimiliki untuk debut. Dari 11 peserta yang ikut, akhirnya terpilih 9 orang saat ini. Mereka adalah Na-Yeon, Momo, Tzuyu, Jeong-Yeon, Mina, Sana, Chae-Young, Ji-Hyo, dan Da-Hyun.

TWICE
TWICE, Girlband yang Sangat Terkenal di Korea

Kesembilan anggota berasal dari 3 negara berbeda dengan kemampuan vokal dan tari yang berbeda pula. Bahkan sebagian besar melewati masa training diatas 5 tahun lamanya. Dari 9 orang tersebut, Ji-Hyo disebut-sebut trainee terlama di Twice. Setidaknya, ia menghabiskan 10 tahun mempersiapkan debut sebelum Twice resmi diperkenalkan ke publik.

Pada awalnya, JYP Entertainment berencana mendebutkan girlband baru di pertengahan 2014. Dengan 6 personil terpilih, yakni Na-Yeon, Ji-Hyo, Jeong-Yeon, Chae-Young, Cecilia, dan Lena. Sayangnya, 2 personil memilih hengkang sebelum debut dilakukan, yaitu Lena dan Cecilia. Akhirnya, JYP Entertainment memilih Sana menggantikan Lena. Secara resmi pula 6MIX mengalami penundaan debut sampai akhir 2015.

Di awal 2015, pengumuman mengenai kompetisi SIXTEEN resmi dirilis. JYP Entertainment memutuskan pemilihan anggota girlband ditentukan dari hasil akhir kompetisi. Siapapun yang bertahan hingga akhir, merekalah yang akan didebutkan. Kompetisi berakhir dengan 7 orang bertahan, yakni Na-Yeon, Ji-Hyo, Sana, Da-Hyun, Chae-Young, Mina, dan Jeong-Yeon.

Tak berhenti sampai disini, JYP Entertainment mengumumkan penambahan 2 orang ke dalam grup tersebut, yakni Momo dan Tzuyu. Meskipun telah tereliminasi sebelumnya, pihak manajemen mempertimbangkan kembali. Kemampuan tari Momo yang memukau dirasa mampu melengkapi personil TWICE lainnya. Sementara dukungan besar pemirsa terhadap Tzuyu menjadi bahan pertimbangan manajemen.

Rangkaian Album yang Resmi Dirilis

TWICE
Salah Satu Album TWICE yang Mengusung Tema Cinta

Sejak awal debut, TWICE telah meraih berbagai penghargaan dan prestasi memukau. Para penggemarnya pun berasal dari berbagai negara. Tak ada yang menyangka TWICE langsung melejit di tahun pertama debutnya. Setidaknya 12 album telah berhasil dirilis oleh girlband satu ini, termasuk album kompilasi dan mini album.

1. The Story Begins

Mini album The Story Begins resmi diluncurkan pada 7 Oktober 2015 bersamaan dengan debut TWICE. Di hari yang sama, girlband ini melakukan showcase dan membawakan 3 lagu, yakni Like Ooh-Ahh, Must be Crazy, serta Do It Again. Like Ooh-Ahh berhasil merajai berbagai tangga lagu di Korea Selatan. Dalam 5 bulan, musik video mereka telah ditonton 50 juta orang.

2. Page Two

Tak berselang lama, TWICE meluncurkan mini album kedua bertajuk Page Two. Lagu berjudul Cheer Up langsung mencuri perhatian penggemar. Hanya butuh 5 hari untuk meraup 10 juta penonton di musik video Cheer Up. Di tahun yang sama, lagu Cheer Up mendapat penghargaan song of the year. Sama dengan Like Ohh-Ahh, Cheer Up merajai berbagai tangga lagu dalam negeri.

3. TWICEcoaster: LANE 1

Masih di tahun 2016, TWICE kembali merilis mini album ketiga. Tak jauh berbeda dari album-album sebelumnya, mini album ini memuncaki tangga lagu nasional. Puncaknya, perolehan 10 juta penonton selama 24 jam dirilis.

4. TWICEcoaster: LANE 2

Setelah tur dunia pertama usai, JYP Entertainment mengumumkan perilisan mini album keempat TWICE. Album bertajuk TWICEcoaster: LANE 2 merupakan kemasan ulang dari TWICEcoaster: LANE 1.

5. What’s Twice?

Setelah sukses di Korea, TWICE mulai melebarkan sayap ke Jepang. JYP Entertainment pun mulai memperkenalkan 9 personilnya melalui website maupun media sosial. Bahkan pihak manajemen bersama Warner Music Japan merilis mini album What’s Twice sebagai perkenalan.

6. #TWICE

Melihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi terhadap girlband ini, JYP Entertainment akhirnya meluncurkan album kompilasi berjudul #TWICE di Jepang. Album ini berisi 10 lagu berbahasa Jepang maupun Korea milik girlband tersebut.

7. Signal

Usai mengumumkan debut Jepangnya, TWICE kembali merilis mini album Signal untuk para penggemar di Korea. Signal sendiri terdiri atas 6 lagu, seperti Only You, Eye Eye Eyes, Hold Me Tight, Someone Like Me, Signal, dan Three Times a Day.

8. TWICEtagram

Pada 30 Oktober 2017, TWICE akhirnya meluncurkan album perdana bertajuk TWICEtagram. Beberapa komposer dan penulis lirik digandeng dalam album ini, seperti Black Eyed Pilseung dan Hyerim.

9. Merry & Happy

Mengemas ulang album pertama, girlband asal Korea ini merilis album Merry & Happy. Selain lagu-lagu dari album perdana, TWICEtagram, Merry & Happy juga meluncurkan 2 lagu baru. Para penggemar dimanjakan dengan lagu Heart Shaker dan Merry & Happy.

10. What is Love?

Produktivitas TWICE tak menurun di tahun 2018. Diawali April 2018, TWICE akhirnya merilis mini album kelima berjudul What is Love?. Tak berselang lama, TWICE mengadakan tur dunia kedua sekaligus merilis single ketiga di Jepang.

11. Summer Nights

Tiga bulan berselang, TWICE merilis ulang album What is Love? dengan tajuk Summer Nights. Wheesung didapuk menciptakan Dance the Night Away untuk dirilis bersamaan.

12. BDZ

Masih di tahun yang sama, album studio perdana edisi Jepang pun dirilis. BDZ dirilis sebagai single digital sebelum versi album diluncurkan. Setelahnya, TWICE resmi melakukan tur BDZ serta merilis mini album ketujuh bertajuk Fancy You.

Profil Para Member TWICE

TWICE
TWICE, Girlband dengan Member dari Berbagai Negara

Melihat torehan prestasi dan produktivitas TWICE, para penggemar tentu hafal betul dengan anggota girlband satu ini. Digawangi oleh Ji-Hyo sebagai leader, TWICE menarik untuk diulik lebih jauh. Mengingat girlband ini dibentuk dengan latar belakang negara berbeda, berikut personil lengkapnya.

Member Asal Korea Selatan

Dibentuk oleh JYP Entertainment di Korea Selatan, sebagian besar anggota TWICE berasal dari negeri ginseng tersebut. Selain Na-Yeon, sebenarnya ada beberapa member lain yang berasal dari Korea pula, seperti:

1. Jeong-Yeon

Bernama asli Yoo Kyung-Wan, Jeong-Yeon resmi mengganti namanya pada kelas 3 SD. Lahir pada tanggal 1 November 1996, Jeongyeon didapuk sebagai lead vocalist. Selain dirinya, sang kakak pun terjun langsung dalam industri entertainment Korea Selatan, yakni Gong Seung-Yeon.

2. Ji-Hyo

Tak cuma Jeongyeon, Ji-hyo pun mengganti namanya sebelum resmi mengikuti SIXTEEN. Nama asli Jihyo sebelumnya adalah Park Ji-Soo. Sebagai leader dan lead vocalist, Ji-Hyo paling lama mengikuti trainee. Gadis kelahiran 1 Februari 1997 inipun diketahui pernah mengikuti Junior Naver.

3. Na-Yeon

Lahir pada 22 September 1995, Im Na-Yeon berperan sebagai lead vocalist. Na-Yeon mengaku mengikuti audisi trainee tanpa sepengetahuan orangtuanya. Sebelum debut, ia terlebih dahulu membintangi beberapa video klip para artis JYP Entertainment.

4. Da-Hyun

Vocalist dan lead rapper TWICE ini lahir pada tanggal 28 Mei 1998. Member bertalenta ini memulai trainingnya pada tahun 2012. Ia diketahui phobia terhadap kucing.

5. Chae-Young

Mulai mengikuti akademi dance di kelas 6 SD, talenta Chae-Young membawanya lolos audisi di tahun 2012. Gadis yang lahir pada 23 April 1999 ini memiliki postur tubuh terpendek sekaligus paling hobi tidur.

Member Asal Jepang

Selain berasal dari Korea, 3 member TWICE lainnya diketahui berasal dari Jepang. Adapun ketiga member asal Jepang tersebut adalah:

1. Momo

Bakat menari Momo menarik perhatian JYP Entertainment lewat video yang diunggahnya ke media sosial. Di tahun 2012, ia dan sang kakak mengikuti audisi yang diadakan oleh pihak manajemen. Sayangnya, sang kakak tak berhasil lolos ke babak selanjutnya. Meskipun berasal dari Jepang, gadis yang lahir pada 9 November 1996 ini sangat menyukai makanan.

2. Sana

Member lainnya yang berasal dari Jepang adalah Sana. Lahir di Jepang pada tanggal 29 Desember 1996, Sana menempati posisi sebagai lead dancer dan vocal. Hobi Sana sendiri adalah shopping.

3. Mina

Seperti 2 rekannya yang lain, Mina Myoui diketahui berasal dari negeri Sakura. Walaupun lahir San Antonio, Texas, pada 24 Maret 1997, Mina besar dan tumbuh di Jepang. Kemampuan baletnya didapat lewat belajar selama 11 tahun

Member Asal Taiwan

Tzuyu menjadi satu-satunya member yang berasal dari Taiwan. Gadis kelahiran 14 Juni 1999 ini terpilih sebagai maknae TWICE. Parasnya yang imut dan cantik menjadikannya sebagai visual, lead dancer, sekaligus vocal. Tzuyu sendiri dikenal sebagai teman baik Rose Blackpink. Tak salah kalau banyak penggemar yang mengidolakan member satu ini.

Berita Terkini

To Top