Entertainment

Sinopsis Film Penyalin Cahaya yang Mulai Tayang 13 Januari di Netflix

penyalin cahaya

Film Penyalin Cahaya sudah resmi tayang di Netflix pada, Kamis 13 Januari 2022 kemarin. Kini film ini jadi topik hangat di media sosial.

Terlepas dari kontoversi terkait penulisnya yang terlibat dalam kasus dugaan pelecehan seksual, film Penyalin Cahaya garapan sutradara Wregas Bhanuteha mendapat apresiasi para penonton.

Sebagian besar netizen menyampaikan, bahwa Penyalin Cahaya menggambarkan kondisi nyata di mana korban kekerasan seksual biasanya memilih diam karena tak pernah mendapatkan keadilan dan dukungan dari lingkungan sekitar.

Lihat Juga: 8 Film Romantis tentang Pahit Manis Kehidupan Percintaan

Wajar bila film yang dibintangi Shenina Cinnamon, Chicco Kurniawan, Lutesha, Jerome Kurnia, Lukman Sardi, Giulio Parengkuan dan Dea Panendra ini berhasil mendapatkan 12 Piala Citra FFI 2021.

Film ini pertama kali dirilis secara internasional di Festival Film International Busan pada 8 Oktober 2021 lalu.

Sinopsis Film Penyalin Cahaya

Film Penyalin Cahaya menceritakan tentang perjuangan Sur (Shenina Cinnamon), seorang mahasiswi tahun pertama di salah satu universitas yang kehilangan beasiswa. Selain kehilangan beasiswa ia juga kehilangan kepercayaan keluarganya lantara foto dirinya saat mabuk tersebar di media sosial.

Hidup Sur benar-benar berubah karena kasus penyebaran foto tersebut. Parahnya ia tidak ingat foto tersebut diambil saat pesta Mata Hari, grup teater universitas tempat Sur jadi sukarelawan sebagai perancang website.

Lihat Juga: Sinopsis Film Dear Nathan Thank You Salma yang Mulai Tayang di Bioskop

Merasa dirinya tidak menyebarkan foto tersebut dan mungkin jadi bahan lelucon anggota senior di  Mata Hari, Sur meminta bantuan kepada sahabatnya, Amin (Chicco Kurniawan).

Amin bekerjsa dan tinggal di tempat fotokopi dekat kampus. Keduanya bekerja sama mencari tahu kejadian sebenarnya di balik foto tersebut.

Mereka mencoba mencari kebenaran tentang foto tersebut dan juga tentang malam di pesta dengan cara meretas ponsel mahasiswa lainnya.

Trending di Twitter

Sebagai informasi, sehari setelah penayangannya di Netflix, film Penyalin Cahaya sudah menajdi trending di Twitter. Netizen di Twitter banyak yang mencuitkan tentang sisi menarik film ini.

"Terlepas dari Skandalnya. PENYALIN CAHAYA BAGUS BANGET. Castnya luar biasa, propertinya bagus banget. Semua dialog terasa kesehariannya, dan MENEGANGKAN dari awal hingga akhir. Wregas maut!!" komentar salah satu pengguna Twitter.

Lihat Juga: Belajar Mengikhlaskan Dari Generasi 90an Melankolia

Tidak sedikit netizen lain yang setuju jika film Penyalin Cahaya bagus, terlepas dari  kontroversi yang menyeret krunya.

"Jangan salah, Penyalin Cahaya jelas bukan film yang jelek, sama sekali tidak. Terlepas dari kontroversinya, Penyalin Cahaya tetaplah film yang bagus dan mengusung pesan penting," timpal netizen lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top