Entertainment

Sukses Debut Tahun 2020, Inilah Girl Group Rookie yang Bakal Bersinar

Girl Group Rookie yang Bakal Bersinar

This post is also available in: English

Persaingan menjadi idol semakin ketat, kenyataan ini tidak menyurutkan minat talenta muda untuk debut sebagai girl group K-Pop. Di tahun 2020, tidak sedikit agensi hiburan yang mendebutkan trainee terbaiknya. Kehadiran group baru diharapkan menjadi generasi membanggakan.

Kompetisi industri K-Pop tidak hanya didominasi oleh perusahaan besar saja. Nama-nama baru terbukti mampu mencuri perhatian dengan ciri khas tersendiri. Berikut ini Girl Group Rookie yang diprediksi bakal bersinar di tahun-tahun berikutnya.

1. Secret Number

Sejak tahun lalu, Vine Entertainment sudah mengumumkan akan mengeluarkan girl group baru. Awalnya, pihak agensi mengunggah teaser debut pada 17 Desember 2019, serta megonfirmasi bahwa mereka siap debut setelah 100 hari. Terhitung dari waktu teaser tersebut diunggah, tepatnya 26 Maret 2020.

Akan tetapi, pandemi Covid-19 melanda dunia membuat pihak agensi mengatur ulang jadwal. Akhirnya, group yang diberi nama Secret Number resmi debut pada 19 Mei 2020. Single utama bertajuk Who Dis? cukup sukses menarik perhatian pecinta K-Pop.

Group ini dijuluki multinasional karena memiliki anggota dari luar Korea Selatan. Salah satunya leader group, Lea berasal dari Jepang. Bukan hanya itu, satu anggota yang lain sempat menjadi trending topik di tanah air. Pasalnya, Dita merupakan idol pertama yang berdarah asli Indonesia. Sementara anggota lainnya Jinny, Sodam, dan Denise berkewarganegaraan Korea Selatan.

Meskipun masih baru, Secret Number berhasil memenangkan penghargaan Ten Asia Award 2020: Top Ten Artis dan Asia Artist Awards 2020: Best New Female Artis. Group beranggotakan 5 orang ini juga masuk beberapa nomisanasi Mnet Asian Music Award 2020 mendatang, diantaranya Best New Female Artist, Artist of the Year, dan World Wide Icon of the Year.

2. STAYC

STAYC

High-Up Entertainment mengumumkan project barunya sejak 8 September 2020, mereka berencana mendebutkan girl group pertama yang diberi nama STAYC. Berita ini membuat penggemar K-Pop penasaran, siapa saja yang akan menjadi line up group tersebut.

Beberapa waktu kemudian, pihak agensi memperkenalkan profil singkat para member. Sumin, Sieun, Isa, Seeun, Yoon, dan J resmi debut pada 12 November 2020. Mini album berjudul Star To Young Culture dengan singgel utama So Bad terus mengalami kenaikan view di Youtube hingga saat ini.

Menariknya lagi, STAYC diproduseri oleh pakar dari girl group, yaitu Black Eyed Pilseung. Sebelumnya, duo ini sukses memproduseri Sistar, Miss A, Twice, dan Apink.

Melihat dari track record tersebut, dapat dipastikan group baru ini tidak kalah bersinar dari seniornya. Terbukti sejak video musik dirilis, nama STAYC paling banyak dicari dibeberapa platform musik.

Tidak mengherankan jika group ini meroket, sebelum debut para anggota sudah dikenal melalui program televisi. Member Sumin dan Seeun dikenal sebagai mantan trainee Plan A Entertainment yang akan debut bersama Weekly.

Sedangkan vokalis utama Sieun, mantan trainee JYP Entertainment yang muncul dalam drama Six Flying Dragon, Still 17, dan Mystic Pop-up Bar. Bukan hanya itu, wanita berparas imut ini pernah memenangkan pengharhagaan SBS Drama Awards 2018: Best Young Actress.

3. Bling Bling

Bling Bling

Girl group Bling Bling resmi debut pada 17 November 2020 di bawah naungan Major9 Entertainment. Bagi yang belum tahu, agensi ini didirikan tahun 2017 merupakan gabungan dari 3 perusahaan antara lain The Vibe Entertainment, Gold Moon Entertainment, dan Asukasa Games.

Setelah tiga tahun berdiri, akhirnya Major9 Entertainment mendebutkan girl group pertamanya. Group yang sebelumnya bernama G.G.B ini beranggotakan Juhyun, Ayamy, Jieun, Marin, Narin, dan Yubin.

Tahun 2016, Vibe Entertainment sudah berencana mendebutkan girl group. Namun, tidak kunjung mendapatkan line up yang tepat karena ada pergantian member. Setelah melebur menjadi Major9 Entertainment, mereka mendapatkan trainee berbakat. Akhirnya, agensi menemukan 6 anggota sesuai dengan kriteria.

Seperti girl group rookie lainnya, beberapa member Bling Bling sempat tampil dalam program televisi. Maknae Yubin sempat mengikuti survival show Produce 48. Perfomanya tidak begitu buruk, akan tetapi popularitasnya kurang baik. Sehingga, dirinya tereliminasi sejak babak pertama.

Untuk menarik minat penggemar K-Pop, banyak konten promosi yang diunggah melalui chanel Youtube.  Bling Bling juga sempat mengunggah dance cover Fire dari BTS dan Boss dari NCT U. Penampilan mereka membuat penggemar menunjukkan antusiasme terhadap group baru Major9 Entertainment.

4. Aespa

AESPA

SM Entertainment mengunggah logo misterius melalui akun sosial media pada 26 Oktober 2020. Keesokan harinya, mereka mengumumkan akan mendebutkan girl group baru bernama Aespa. Satu per satu member diperkenalkan, penggemar K-Pop antusias mengunggu group baru dari agensi kenamaan Korea Selatan tersebut.

Anggota girl group ini sebelumnya diperkenalkan melalui SM Rookie bersama Red Velvet dan NCT. Aespa memiliki member Winter dan Karina asli Korea Selatan, Ninning dari Cina, dan  Giselle artis SM Entertainment pertama yang berasal dari Jepang.

Aespa resmi debut pada 17 November 2020 dengan single berjudul Black Mamba. Lagu ini memiliki hook yang menarik, sentuhan synth dan bas yang kuat dengan iringan dance energik menghasilkan lantunan merdu.

Baru saja memulai debut, girl group ini berhasil menempati urutan pertama di mesin pencarian Korea Selatan. Bukan hanya itu, mereka berhasil masuk chart Billboard. Sebelumnya, Black Mamba menjadi video musik pertama yang paling banyak ditonton dalam kurun waktu 24 jam.

Baca Juga : Profile AESPA ; Girlband Jebolan SM Entertainment Yang Baru Debut Di Tahun Ini

Memiliki anggota dengan talenta yang luar biasa, Aespa diprediksi merajai K-Pop dalam beberapa tahun mendatang. Memang, sejauh ini girl group bentukan SM Entertainment tidak pernah mengecewakan.

To Top