Entertainment

Super Junior: Profil Member, Album dan Penghargaan yang Diraihnya

Super Junior

Super Junior adalah sebuah grup idol pria asal Korea Selatan yang juga dikenal dengan sebutan SJ atau SUJU. Boyband ini dibentuk oleh produser Lee Soo-man melalui SM Entertainment pada tahun 2005.

Grup SUJU juga dijuluki oleh media dan Penghargaan Musik Korea sebagai King of Hallyu Wave sebab kontribusinya yang sangat penting dalam Korean Wave. Grup ini memiliki jumlah anggota 10 orang pria yang terdiri dari Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kyuhyun.

Profil Member Super Junior

Masing-masing profil member memiliki profil dan latar belakang masing-masing bahkan sebelum akhirnya bersatu dalam grup idol. Lopers ada banyak informasi seputar boyband seperti Super Junior. Berikut ini adalah profil masing-masing anggota Super Junior.

1. Leeteuk

Super Junior
Super Junior dengan Leader Terbaiknya, Leetuk yang Tampak Awet Muda

Leeteuk merupakan nama panggung untuk Park Jung-soo yang lahir pada tanggal 1 Juli 1983 di Korea Selatan. Ia merupakan penyanyi, penari aktor, presenter, penyiar radio dan MC. Leeteuk juga merupakan ketua dalam boyband ini dengan keahlian instrumen pada piano dan gitar.

2. Heechul

Heechul adalah seorang aktor, model dan penyanyi asal Korea Selatan yang lahir pada tanggal 10 Juli 1983. Ia merupakan anggota boyband SUJU dengan subgrupnya pada Super Junior-T. Ia memiliki nama asli Kim Hee-chul dan panggilan lain yaitu Heenim yang diberikan oleh penggemar dan media. Heechul merupakan penyanyi dengan genre pop, dance, R&B dan Trot.

3. Yesung

Yesung mempunyai nama asli yaitu Kim Jong-un dan lahir pada tanggal 24 Agustus 1984 di Seoul, Korea Selatan. Ia merupakan seorang penyanyi, aktor, MC, penyiar radio da  penulis lagu yang memulai debutnya dengan grup SJ pada tanggal 6 November 2005. Sementara karirnya sebagai penyiar radio dimulai pada tahun 2006 dan untuk pertama kalinya di tahun 2008 Dia pun mengisi Soundtrack untuk drama Korea berjudul Tazza.

4. Sungmin

Sungmin memiliki nama lahir Lee Sungmin. Penyanyi kelahiran Gyeonggi Korea Selatan pada tanggal 1 Januari 1986 ini memiliki karir lain sebagai penari, aktor dan penyiar radio. Sungmin bergabung pada SM Entertainment melalui audisi The SM Youth Best Contest pada tahun 2001. Ia memulai debutnya sebagai anggota SUJU pada tanggal 6 November 2005.

5. Shindong

Shindong merupakan nama panggilan untuk Shin Dong-hee. Ia lahir pada tanggal 28 September 1985 di Korea Selatan. Selain berkarir sebagai penyanyi, ia juga merupakan seorang aktor, MC dan penyiar radio. Selama bergabung dengan Super Junior ia telah memperoleh banyak penghargaan termasuk dengan penghargaan sebagai seorang penyiar radio.

6. Eunhyuk

Eunhyuk memiliki nama asli Lee Hyuk Jae dan lahir pada tanggal 4 April 1986 di Seoul Korea Selatan. Ia juga dikenal sebagai penari, rapper, DJ, pembawa acara, presenter, penulis lagu, dan aktor. Eunhyuk merupakan rapper utama dalam kelompoknya yang dijuluki dengan Dancing Machine Suju karena kelihaiannya dalam menari. Ia juga dijuluki Anchovy karena postur tubuhnya yang kurus.

7. Siwon

Choi Si-won merupakan seorang penyanyi, aktor dan model asal Korea Selatan yang lahir pada tanggal 7 April 1986. Siwon telah berhasil memenangkan berbagai penghargaan di bidang musik. Selain itu ia juga banyak membintangi drama Korea diantaranya Oh! My Lady, The King of Dramas, She Was Pretty dan juga terlibat dalam beberapa film Tiongkok.

Super Junior
Gaya Berpakaian Elegan dari Super Junior yang Makin Membuat Fans Jatuh Cinta

Sebagai model ia juga ditunjuk untuk menjadi brand ambassador Audi Korea Selatan sejak 2014. Dirinya juga disebut menjadi orang Korea Selatan pertama yang memiliki lima juta followers di Twitter.

8. Donghae

Lee Dong-hae lahir pada tanggal 15 Oktober 1986 di Mokpo Jeollanam. Ia merupakan seorang penyanyi sekaligus penari, rapper, penulis lagu, model dan aktor. Ia resmi bergabung dengan Super Junior pada tanggal 6 November 2005 melalui program Populer Songs di SBS dengan membawa single pertamanya yaitu TWINS (Knock Out). Sementara debutnya dalam dunia akting dimulai pada Mystery 6 yaitu dokumenter horor SUJU yang disiarkan pada awal 2006.

9. Ryeowook

Kim Ryeowook merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, radio DJ yang menjadi salah satu dari tiga vokal utama dalam grup boyband ini. Ia juga memiliki keahlian instrumen piano dan keyboard. Ryeowook juga pernah mengikuti film, acara varietas, penampilan video musik, teater musikal dan sebuah drama.

10. Kyuhyun

Kyuhyun memiliki nama lengkap Cho Kyuhyun dan lahir pada tanggal 3 Februari 1988. Ia dicatat sebagai anggota paling terakhir yang bergabung dengan SUJU. Kyuhyun juga memiliki karir lain sebagai MC, aktor musikal dan DJ radio.

Ia juga memulai debut solonya pada tahun 2014 dengan mini album berjudul At Gwanghwamun. Artis ini tampil pertama kali sebagai anggota grup musik ini pada liputan jacket photoshoot single U tanggal 23 Mei 2006. Kemudian debut bersama grupnya dalam SBS I-Concert tanggal 26 Mei 2006.

Album Super Junior

Grup idol ini telah meluncurkan 13 album diantaranya adalah Twins, Don’t Don, Sorry Sorry, Bonamana, Mr. Simple, Sexy Free & Single. Mamacita, PLAY, REPLAY, Time Sleep, Timeline Special Album, Timeless Repackage Album dan album jepang berjudul Hero 2013.

Penghargaan yang Diraih

Super Junior
Boyband Legendaris Super Junior yang Masih Tetap di Hati Para ELF

Super Junior telah meraih berbagai penghargaan selama debutnya dalam industri hiburan. Grup tersebut telah memenangkan 194 penghargaan diantaranya pada Asia Song Festival, Gaon Chart K-Pop Awards, Golden Disc Awards dan masih banyak lagi serta 63 penghargaan program musik. Selain itu ada lebih dari 200 nominasi yang pernah didudukinya dalam berbagai program penghargaan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top