Entertainment

Kdrama Syndrome Second Lead, 10 Aktor Pendukung Drama Ini Sukses Bikin Baper Abis

Kdrama Second Lead Syndrome

Kdrama tak jarang bikin penonton terpecah dalam dua ‘kubu’ yaitu first/main lead atau aktor utama dan second lead atau aktor pemeran pendukung. Dalam beberapa Kdrama, aktor second lead kerap dinilai lebih pantas bersanding dengan pemeran utama wanita.

Kalau kamu pernah merasakannya, kemungkinan kamu terjerat second lead syndrome Kdrama. Second lead syndrome merupakan istilah yang digunakan saat penonton Kdrama yang lebih menyukai aktor second lead daripada aktor main lead.

Dalam Kdrama, sosok second lead biasanya ditampilkan sebagai pria yang tampan, mapan, dan baik hati. Mereka rela berkorban dan selalu ada untuk pemeran utama wanita dalam segala situasi. Maka tak heran bila penonton drama Korea khususnya di Indonesia geregetan saat kisah cinta aktor second lead berakhir tragis. Siapa saja karakter drama Korea yang bikin penonton terkena second lead syndrome?

Siap-siap Patah Hati

Berikut sepuluh karakter drama Korea yang sukses bikin penonton Indonesia baper dan kena second lead syndrome:

Kim Seon Ho – Kdrama Start Up

Sejak awal penayangan drama Korea Start Up, karakter Han Ji Pyeong (pemain Kim Seon Ho) telah mencuri perhatian dan bikin penonton baper. Han Ji Pyeong adalah anak yatim piatu yang dibesarkan di panti asuhan.

Mandiri sejak muda, ia meninggalkan panti asuhan dan mencari nafkah sendiri. Pertemuannya dengan ‘halmeoni’ mengubah hidup Han Ji Pyeong hingga sukses dan mapan sebagai pemimpin tim di SH Venture Capital.

Banyak penonton serial Start Up yang jatuh cinta dengan karakter Han Ji Pyeong dan berharap akhir yang bahagia untuk tokoh second lead ini. Melihat perjuangan Han Ji Pyeong, penonton Indonesia dibuat tersentuh dan kena second lead syndrome. Karakter Han Ji Pyeong dinilai lebih pantas bersanding dengan Seo Dal Mi (pemain Bae Suzy), dibandingkan Nam Do San (pemain Nam Joo Hyuk). Namun pada akhirnya, tim Ji Pyeong harus rela kisah cinta sang ‘Good Boy’ tak berakhir happy ending.

Kim Hyun Joong – Kdrama Boys Over Flowers (2009)

Drama Korea legendaris ini lebih dulu memecah penonton Indonesia dalam dua ‘kubu’. Dalam Boys Before Flowers, tak sedikit penonton Indonesia yang menilai Yoon Ji Hoo (pemain Kim Hyun Joong) lebih pantas bersanding dengan Geum Jan Di (pemain Goo Hye Sun).

Karakter Ji Hoo selalu ada saat Jan Di membutuhkannya. Salah satu momen paling berkesan adalah saat Jan Di tenggelam di pantai. Karena sang pemeran utama Gu Jun Pyo (pemain Lee Min Ho) takut air dan tak bisa berenang, Ji Hoo dengan sigap menyelamatkannya.

Ji Hoo juga jadi orang orang pertama yang mengetahui cita-cita Jan Di yang ingin jadi dokter dan selalu menyemangatinya. Walau begitu, penonton Indonesia yang terkena second lead syndrome harus rela Ji Hoo tak berakhir bersama Jan Di.

Kim Woo Bin – Kdrama The Heirs

kdrama

Meski menjadi badboy yang arogan dan tukang bully, tak sedikit penonton yang merasa terenyuh melihat sosok Choi Young Do di drama The Heirs yang berhasil diperankan oleh Kim Woo Bin. Segala cara sudah dilakukan Choi Young Do agar Cha Eun Sang, cinta pertamanya membalas perasaannya itu.

Ji Soo – Kdrama Strong Woman Do Bong Soon

Cinta datang terlambat memang cocok ditujukan kepada Ji Soo dalam drama Strong Woman Do Bong Soon. Ji Soo yang awalnya tidak menyukai Bong Soon sahabatnya, lambat laun mulai suka, akan tetapi Bong Soon sudah dekat dengan seorang CEO tampan yang juga pemeran utama. Penonton pun merasa ngenes dengan posisi Ji Soo.

Jung Hae In – Kdrama While You Were Sleeping

Second lead bernama Han Woo Tak yang diperankan aktor tampan Jung Hae In juga sangat menarik perhatian. Pasalnya wanita yang disukainya tidak menyadari perasaan Woo Tak, Woo Tak juga harus mengalami yang namanya ‘jatuh cinta diam-diam’.

Park Hyung Sik – Kdrama Hwarang

Penonton ikut dibuat hancur hatinya saat menyaksikan sosok Park Hyung Sik pemeran kedua pria yang cinta ditolak oleh Go Ara di drama Hwarang. Di drama ini juga Park Hyung Sik terlihat tampan dan mempesona, serta menampilkan sisi yang tak terduga. Gimana nggak bikin baper penonton.

Hwang In Yeop – Kdrama True Beauty

kdrama

Drama Korea True Beauty dibintangi dua aktor tampan, Cha Eun Woo dan Hwang In Yeop. Sejak awal penayangan True Beauty, drama Korea ini memecah penonton Indonesia dalam tim Su Ho dan tim Seo Jun.

Keduanya diketahui menaruh hati pada Ju Kyung (pemain Moon Ga Young) dan bersaing untuk menunjukkan perhatian padanya. Namun tak sedikit penonton Indonesia yang terkena second lead syndrome dan berharap Seo Jun berakhir bersama Ju Kyung.

Dibalik imej ‘dingin’ nya, Seo Jun tak segan melindungi adiknya dan Ju Kyung yang jadi korban perundungan. Seo Jun pula yang meminta staf blog sekolah untuk menghapus foto wajah asli Ju Kyung yang tersebar di sekolah. Saat tahu Su Ho berpacaran dengan Ju Kyung, ia bahkan memilih untuk menyimpan perasaannya. Karakter Seo Jun ini membuat penonton True Beauty terkena second lead syndrome.

Yoo Yeon Seok – Kdrama Reply 1994 (2013) & Mr. Sunshine (2018)

Berperan sebagai seorang atlet baseball kebanggaan seluruh mahasiswa dan juga indekos Sinchon, Chilbong (Yoo Yeon Seok) harus rela melepas cintanya kepada Na Jung (Go Ara) yang menaruh hati pada “kakak”nya, Sseureki. Walaupun secara terang-terangan sudah mengetahui isi hati Na Jung yang sayangnya bukan kepada dirinya, Chilbong tetap dengan setia selalu berada di sisi Na Jung dan tak pernah putus harapan pada perasaannya yang tulis untuk Na Jung.

Seolah tak ingin melepaskan gelar “second lead” yang mengenaskan, lima tahun kemudian Yoo Yeon Seok kembali memerankan karakter Goo Dong Mae yang cintanya kembali tak terbalas dalam serial Mr. Sunshine karena latar belakang antara dirinya dengan pemeran utama wanita. Seolah tak cukup menyedihkan, ketika akhirnya ia membuka hati untuk wanita lain, Kudo Hina (Kim Min Jung), penonton kembali dibuat bersimpati dengan karakter Goo Dong Mae karena harus menyaksikan wanita yang ia cintai meninggal nahas di gedongannya.

Ryu Jun Yeol – Kdrama Reply 1988 (2015)

Karakter Kim Jung Hwan dari seri Reply 1988 (diperankan oleh Ryu Jun Yeol) tampaknya dapat dikatakan sebagai ikon second male lead sepanjang masa. Dari awal kita sudah dapat melihat bagaimana ia jatuh hati dengan teman masa kecil yang juga tetangganya, Sung Deok Seon (diperankan oleh Lee Hyeri) namun ia tak pernah memiliki keberanian untuk mengutarakan perasaanya. Pahitnya perjalanan cinta Jung Hwan tak sampai di situ saja, pada akhirnya ia memutuskan untuk mundur ketika ia menyadari bahwa teman masa kecilnya yang lain, Choi Taek (diperankan oleh Park Bo Gum) menaruh hati pada Deok Seon. Walaupun digambarkan sebagai sosok pengecut yang selalu tak berani mengutarakan perasaanya pada Deok Seon, kisah cintanya yang tidak egois berhasil menyentuh hati para  penonton.

Jung Hae In (Han Woo Tak) –  Kdrama While You Were Sleeping

Drama ini dimainkan oleh Jung Hae In (Han Woo Tak) merupakan seorang polisi yang terkena second lead syndrome. Dia memendam perasaan pada Nam Hong Joo (Bae Suzy). Jung Hae In mendapat banyak pujian karena cocok memerankan polisi tampan Han Woo Tak. Drama ‘While You Were Sleeping’ menceritakan tentang seorang wanita muda Nam Hong Joo (Bae Suzy) yang bisa merasakan firasat buruk hanya dari mimpi. Lalu dia bertemu dengan Jung Jae Chan (Lee Jong Suk), seorang jaksa muda yang juga punya kemampuan sama dengan Hong Joo dan polisi Han Woo Tak (Jung Hae In).

Jadi, kamu lebih suka pada main character atau justru malah terkena second lead syndrome?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top