Entertainment

Dikenal Sebagai Karakter Jahat, Thanos Punya Side Story yang Unik

Thanos

This post is also available in: English

Thanos adalah penjahat super yang ada pada buku komik dan kemudian dipublikasikan oleh Marvel Comics Amerika. Karakter ini dibuat oleh seorang artis dan penulis Jim Starlin dibantu dengan Mike Friedrich. Tokoh fiksi penjahat super ini pertama kali muncul pada The Invincible Iron Man #55 yang dicover pada Februari 1973.

Dikisahkan bahwa ia adalah penjahat paling kuat di Marvel Universe dan telah bentrok dengan banyak pahlawan Marvel seperti Avengers, The Guardians of The Galaxy, Fantastic Four, X-Men dan lainnya. Konon karakter ini memiliki tempat asal yaitu Titan dan dirinya memiliki sebutan lain yakni The Mad Titan.

Terkenal Sangat Kuat, Ini Kemampuan Istimewa Thanos

Karakter Thanos dibuat sebagai penjahat dengan kemampuan manusia super seperti kecepatan, kelincahan, daya tahan dan umur yang jauh lebih panjang. Selain itu ia juga memiliki psikologi super dari Eternals dengan kejeniusan dan mahir membuat taktik. Pertarungan adalah bidang keahliannya serta ia juga dilindungi oleh proyeksi energi plasma.

Pada saat muncul di Marvel Cinematic Universe ia digambarkan oleh Damion Poitier di The Avengers 2012. Kemudian digambar lagi oleh Josh Brolin pada Guardians of The Galaxy di tahun 2014, Avengers of Ultron 2015, Infinity War 2018 dan Avenger: End Game 2019 dengan pengambilan gambar beserta gerak dan suara. Tokoh jahat ini juga kerap muncul dalam adaptasi komik, serial televisi animasi, permainan video dan arcade.

Banyak yang Penasaran, Dari Mana Asal Usul Thanos?

Penulis sekaligus seniman Jim Starlin menceritakan pemikiran awalnya dalam menciptakan tokoh animasi ini. Ide tersebut muncul pertama kali pada saat kelas psikologi di sebuah perguruan tinggi. Ia menjelaskan bahwa kala itu ia tengah pergi ke perguruan tinggi seraya melakukan dinas militer AS dan bekerja untuk pembuatan komik, selain itu di sana juga ada kelas psikis.

Thanos
Thanos yang Identik dengan Kemarahan

Kemudian ia datang dan membawa ide Thanos of Titan dan Drax The Destroyer. Namun dirinya merasa kurang yakin agar plotnya menjadi cocok. Kemudian ia berpikir bahwa itu akan berhasil menjadi plot yang bagus jika dihadirkan dengan karakter kemarahan.

Setelah itu, Starlin mengunjungi editor Roy Thomas dan dirinya semakin yakin bahwa ini merupakan kesempatan baginya untuk melakukan suatu peranan karakter. Sebelumnya Starlin merasa bahkan karir yang sedang dimulainya tidak akan bertahan lama. Namun nyatanya hal itu berbalik dan justru kini tokoh jahat yang mampu menghidupkan film dengan konflik yang menggetarkan memperoleh posisi yang layak.

Sebelum menjadi sematang yang ditontonkan kepada publik Thanos adalah karakter yang sedikit lebih kurus. Hingga Roy sang editor menyarankannya untuk memperbaikinya agar kesan jahatnya lebih kuat. Starlin pun menambahkannya hingga ia menjadi lebih besar dan tampak kuat. Jim Starlin mengakui bahwa figur penjahat yang dibuatnya tak lepas dari pengaruh Jack Kirby’s Darkseid. Bahwa Kirby lah menyelesaikan New Gods yang menurut Starlin sangatlah hebat.

Sejarah Penampilan Thanos

Penampilan perdananya muncul dalam The Invincible Iron Man #55 tahun 1973 dengan alur cerita Jim Starlin dan ditulis bersama dengan Mike Friedrich. Skema cerita pada alur tersebut berlanjut pada kisah berikutnya di Captain Marvel #25-33 yang diluncurkan setiap dua bulanan. Dari tahun 1973-1974. Diantaranya adalah Marvel Feature, Daredevil dan Avengers.

Thanos
Thanos dan Kekuatan Supernya

Kemudian penjahat ini muncul kembali pada alur panjang yang berada pada Strange Tales, Warlock, Marvel Team Up, 1977 Annuals for Avengers dan Marvel Two-in-One. Namun karakter ini tidak muncul sampai akhir pada Warlock #9. Lalu ia juga kembali ditampilkan pada cadangan cerita pendek yaitu Logan’s Run #6 dan memiliki sedikit peran dalam novel grafis Death of Captain Marvel.

Dalam Silver Surfer vol. 3 #34, karakter ini kembali dihidupkan dan menjadi bintang tamu jahat sampai edisi #59. Sementara itu pada waktu yang sama muncul The Thanos Quest #1-2 dan The Infinity Gauntlet #1-6.

Setelah kemunculannya di Spiderman #17 ia mengambil perannya yang berulang pada Warlock and Infinity Watch #1-42. Diikuti pula dengan penampilan crossover dalam The Infinity War, Infinity Crusade, Silver Surfer, Warlock Chronicles, Namor The Sub-Mariner, Secret Defenders, Cosmic Powers dan Cosmic Powers Unlimited.

Karakter ini juga muncul pada alur cerita yang terhubung dengan Ka-Zar, Ka-Zar Annual, X-Man dan Hulk Annual sebelum tampil pada serial Thor. Tokoh tersebut kemudian juga dipakai pada Captain Marvel vol. 4.

Hingga di tahun 2014 ia mendapat gelar eponymous yang berlaku selama 12 isu. Ia juga sempat memainkan peran utama dalam The Thanos Imperative: Ignition dan The Thanos Imperative #1-6. Lalu kembali muncul dalam Avengers Assemble. Karakter ini telah diperluas dalam lima miniseri yang diterbitkan setiap bulan.

Biografi Thanos

Tokoh ini dibuat sebagai karakter yang lahir pada salah satu bulan Saturnus, Titan sebagai putra Eternal A’lars dan Sul San. Ia memiliki saudara bernama Eros. Ia terlahir dengan membawa gen Deviants dan memiliki tampilan fisik layaknya ras sepupu Eternals.

Thanos
Thanos dan Kehidupannya yang Penuh Intrik

Merasa takut jika kelak ia akan menjadi seseorang yang akan menghancurkan alam semesta maka Sul San berusaha membunuhnya namun dihalangi oleh A’lars. Selama sekolah ia menjadi seorang yang pasifis dan hanya bermain dengan Eros serta hewan peliharaannya.

Pada saat remaja, ia terpesona dengan nihilisme dan kematian hingga ia jatuh cinta pada Nyonya Kematian. Semakin dewasa kekuatannya pun semakin bertambah. Ia berusaha menciptakan kehidupan baru bagi dirinya dengan menjadi bapak banyak anak dan seorang bajak laut.

Merasa tak puas, akhirnya ia bertemu dengan Nyonya Kematian dan membuatnya memutuskan untuk membunuh keturunan dan kapten bajak lautnya.

To Top