Entertainment

The King Eternal Monarch, Drama Korea Lee Min Hoo yang Dianggap Kurang Sukses

Drama The King Eternal Monarch Dianggap Dengan Drama Dengan Rating Terburuk

The King Eternal Monarch yang dianggap memiliki rating buruk. Bagi pecinta Drama Korea tentu sudah tidak asing lagi dengan Drama Korea terbaru berjudul The King Eternal Monarc.

Tayangan drama ini menunjuk Lee Min Ho berperan menjadi Kim Go Eun sebagai pemeran utamanya. Karya ini di produksi oleh Hwa & Dam Pictures serta perusahaan induknya Studio Dragon. Resmi disiarkan di SBS TV setiap hari  Jumat-Sabtu pukul 22:00 (WSK) mulai 17 April hingga 12 Juni 2020.

Kisah ini bercerita tentang seorang kaisar bernama Lee Gon yang diperankan oleh Lee Min Ho. Ia mencoba untuk menutup pintu kedunia paraler yang dibuka oleh para iblis. Iblis ini dilepaskan oleh seorang dewa ke dunia manusia. Ada juga seorang detektif yang berusaha melindungi orang-orang yang dia cintai. Detektif ini bernama Jung Tae Eul yang diperankan oleh Kim Go Eun. Ketika berusaha menutup pintu paraler Lee Gon tidak sengaja bertemu dengan detektif Jung Tae Eul.

Saat The King Eternal Monarch mulai tayang secara perdana, tiba-tiba muncul kontrofersi online saat masyarakat korea menyaksikan drama ini. Penduduk Korea memperhatikan bahwa arsitekur dunia fiksi tentang kekaisaran Korea yang digunakan sangatlah mirip dengan kuil jepang. Padahal saat itu hubungan Korea dan Jepang sedang tegang.

Tim produksi menyampaikan permintaan maaf nya kepada masyarakat dan berjanji untuk memperbaikinya di scene yang akan datang. Bukan hanya satu kontrofersi yang muncul sejak drama ini tayang. Ada beberapa adegan lain dalam drama yang menarik perhatian masyarakat dan memancing timbulnya kritik sosial. Hal ini berujung pada turun nya rating drama ini, Bahkan kabar yang sempat beredar bahwa The King Eternal Monarch ini menjadi drama dengan rating terburuk yang pernah diperankan oleh Lee Min Ho.

Masyarakat sangat menyayangkan hal ini dan merasa prihatin pada Lee Min Ho. Menurut mereka, Lee Min Ho tidak patut disalahkan dalam hal ini. Namun, meskipun banyak masyarakat yang kurang menyukai drama ini, mereka tetap berharap drama ini memperoleh rating yang layak. Hasil yang mengejutkan pun tiba, saat rating drama ini berada pada posisi bawah. Penonton mulai berspekulasi dan bertanya penyebab menurunnya rating drama ini.

Drama The King Eternal Monarch Dianggap Kurang Sukses
Lee Min Ho dan Kim Go Eun, Pemeran Utama Dalam Drama The King Eternal Monarch

Jika ditelaah dari banyaknya kontroversi yang muncul, maka menjadi hal yang wajar jika drama ini memiliki rating yang buruk. Untuk mengetahui kontrversi apa saja yang menyebabkan drama ini memiliki rating yang buruk, maka perhatikan penjelasan di bawah ini.

Kontrofersi Kapal Perang Laut

Setelah kontrofersi arsitektur kekaisaran korea yang dianggap mirip kuil jepang, kembali muncul kontrofersi mengenai kapal perang laut Jepang. Dalam adegan itu menceritakan ketika terjadi perang laut antara Korea dan Jepang. Namun penonton menemukan bahwa kapal perang Jepang memiliki desain kapal perang Korea saat ini. Tentu saja hal ini mengganggu masyarakat khsusunya Korea. Karena mereka merasa tidak terima ketika kapal perang negaranya disamakan dengan Negara lain. Produser mengakui bahwa tim produksi menggunakan sumber terbuka sebagai gambar referensi untuk armada Jepang. Hal ini terpaksa di  lakukan karena mereka dilarang melakukan syuting diluar negeri akibat covid-19. Tim produksi menyadari bahwa mereka seharusnya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan para ahli untuk meninjau materi ini agar tidak ada kesalahan seperti ini.

Biaya Produksi Tinggi

Setiap drama Korea yang tayang pasti melakukan proses syuting dengan biaya produksi yang tinggi. Total biaya yang dikeluarkan tim produksi kali ini adalah lebih dari US$25 juta untuk keseluruhan. Dengan rating yang menurun saat ini dipastikan tim produksi akan mengalami kerugian dan dipastikan tidak bisa menutupi modal yang telah dikeluarkan. Namun sekali lagi tim produksi optimis bahwa drama ini akan tetap menghasilkan keuntungan. Hal ini didasarkan pada jam tayang drama pada 2 stasiun TV yang berbeda, sehingga keuntungan besar bisa di raup.

Kontrofersi Penghapusan Peran Secara Sepihak

Menurut laporan yang diberitakan, Tim Produksi The King Eternal Monarch pernah gagal menjaga janjinya  kepada salah satu aktor. Tim Produksi pernah berjanji menggunakan aktor ini untuk diambil peran nya. Namun , tim produksi tidak melakukan itu. Sang Aktor merasa kecewa karena peran yang seharusnya dia mainkan dihilangkan secara tiba-tiba. Sang aktor juga merasa waktunya terbuang percuma untuk hal ini, terlebih tidak ada konfirmasi terlebih dahulu mengenai pengahpusan peran ini. Tentu saja ini membuat para netizen merasa geram dan menyayangkan sikap yang dilakukan oleh tim produksi.

Kim Go Eun Dihujat

Menurut sebagian netizen, salah satu alasan mengapa drama ini memiliki rating yang buruk adalah karena sang Aktris pemeran utama, yakni Kim Go Eun. Kim Go Eun dianggap gagal dan tidak cocok untuk memainkan peran bersama Lee Min Ho. Netizen menganggap Kim Go Eun tidak memiliki aura seorang aktris. Mereka menganggap drama Kim Go Eun yang sebelumnya bisa sukses karena ketenaran sang Aktor pria bukan karena Kim Go Eun. Beberapa netizen benar-benar menyayangkan akting Kim Go Eun yang terlihat tidak natural dan terlihat gugup. Tentu netizen merasa kasihan dengan Lee Min Ho karena telah mendapat pasangan main Kim Go Eun.

Latar Cerita Tak Sesuai Sejarah

Semua masyrakat juga tahu bahwa drama ini merupakan hasil fantasi. Namun , drama ini mengambil latar sejarah Korea Selatan yang diaplikasikan dalam dimensi paraler. Latar sejarah yang diceritakan dalam drama sangat berbeda jauh dari sejarah di dunia nyata. Mendapat fakta seperti ini tentu membuat masyarakat semakin geram. Karena sejarah korea merupakan hal yang penting dan sangat disayangkan ketika harus diubah. Salah satu kesalahan fatal yang dilakukan oleh tim produksi adalah set pakaian yang dipakai Lee Min Ho tidak sesuai dengan latar tempatnya.

Sederet kesalahan yang dilakukan oleh tim produksi membuat drama ini mengalami penurunan rating. Awalnya drama ini berhasil memperoleh rating 11,6%. Namun akibat terlalu banyak kritikan  dan kecaman drama ini mendapat rating 7,8%.

Berita Terkini

To Top