Entertainment

Tidak Pernah Hadir Di Acara MAMA Lagi, Inilah Perlakuan Buruk Mnet Terhadap EXO!

EXO MAMA

Pada tanggal 6 Desember 2020, Mnet Asia Music Award atau yang lebih dikenal dengan MAMA 2020 telah selesai digelar dimana dalam ajang tersebut terselip tiga musisi Indonesia yang berhasil meraih penghargaan di MAMA 2020. Mengenai acara tersebut membuat kita teringat dengan kejadian kelam yang dialami EXO di acara MAMA pada tahun 2017.

Saat acara tersebut diketahui bahwa EXO menerima banyak perlakuan tidak adil bahkan terkesan kurang ajar dari pihak Mnet. Hal itulah membuat para EXO-L menyerukan aksi protes. Mereka tidak terima idol mereka diperlakukan dengan sangat buruk. Bahkan sejak tahun 2018, EXO-L yang merupakan nama fans dari EXO memboikot dan menyerukan bahwa mereka tidak akan memberikan vote untuk acara tersebut.

Perlakuan kurang ajar Mnet terhadap EXO

MAMA 2017 merupakan tahun terakhir EXO menjadi bintang tamu di acara yang diadakan oleh Mnet itu. Buktinya setelah tiga tahun, Exo yang kerap menjadi pemenang di acara MAMA tidak pernah lagi menghadiri acara tersebut. Hal itu dikarenakan perlakuan-perlakuan buruk yang diterima EXO dari Mnet. Bahkan para EXO-L sampai mengumpulkan semua bukti perlakuan buruk Mnet terhadap EXO yang dinilai tidak adil dan kurang ajar. Berikut ini perlakuan-perlakuan yang diterima EXO oleh Mnet yang membuat geram para fans-nya.

1. Music video EXO yang berjudul “Love Me Right” sengaja dihapus Mnet

Bulan Juni 2015 merupakan awal mulai pertikaian EXO dan EXO-L melawan Mnet. Hal itu dimulai dari penghapusan music video EXO yang berjudul Love Me Right secara tiba-tiba. Saat itu, video yang sudah memiliki 700 ribu penonton tersebut tiba-tiba dihapus dengan alasan yang tidak masuk akal yaitu untuk memperbaiki kualitas dari video.

Tindakan penghapusan tersebut berpengaruh pada penonton video. Semua jumlah penonton yang berhasil dikumpulkan tentunya juga ikut menghilang setelah video dihapus. Hal itu membuat EXO-L khawatir karena bisa saja ini akan mempengaruhi kemenangan EXO yang saat itu masuk ke dalam nominasi.  

Tindakan inilah yang membuat EXO-L geram karena Mnet hanya melakukan ini pada EXO. Sedangkan pada grup lain, Mnet tidak melakukannya.

2. MAMA 2017 adalah puncak terkelam EXO

Tahun 2017 sendiri adalah tahun terakhir EXO menghadiri MAMA. Bukannya membahagiakan, tetapi malam memberikan kesedihan bagi EXO dan EXO-L. Pasalnya semua vote yang dikumpulkan EXO-L demi memenangkan EXO seakan hilang begitu saja tanpa hasil. EXO yang seharusnya menjadi pemenang di beberapa kategori malah berbalik ke boyband lain. Berikut beberapa kategori dalam penghargaan MAMA dimana seharusnya EXO menjadi pemenang meliputi:

  • Kategori “Best Music Video” yang seharusnya dimenangkan oleh EXO malah BTS yang keluar sebagai pemenang. Padahal jumlah voting yang didapatkan EXO di lagu “Power”unggul hingga 48,3% dari pada BTS dengan lagu berjudul Spring Day.
  • Dalam voting online, Kategori “Best OST” dimenangkan oleh Chanyeol dan Punch dengan “Stay With Me” dengan unggul hingga 55,9% namun di MAMA yang keluar sebagai pemenang untuk kategori tersebut adalah Ailee dengan “I Will Go to You Like The First Snow”
  • Kategori “Best Male Group” tiba-tiba dimenangkan oleh Wanna One. Padahal banyak yang memprediksi bahwa kategori ini akan dimenangkan antara EXO atau BTS.
  • Kategori “Daesang” di MAMA 2017 dimenangkan oleh dua boyband terkenal Korea yaitu EXO dan BTS
  • Kategori “Artist of The Year” dimenangkan oleh BTS padahal voting secara online, kategori tersebut dimenangkan oleh EXO.  Untuk EXO memenangkan penghargaan untuk kategori “Album of the Year” di album The War.
    Jika kategori “Album of the Year” dimenangkan oleh idol lain, maka yang paling sakit hati adalah Chanyeol, Chen, dan Baekhyun. Pasalnya mereka bertiga sangat bekerja keras dalam pembuatan album “The War” mulai dari menulis lirik lagu, pembuatan music video, dan sebagainya. Bahkan Chanyeol selaku yang memproduseri album tentunya menganggap kerja kerasnya akan sia-sia apabila kategori tersebut tidak dimenangkan EXO.

Memang awalnya semua member dari EXO terlihat sangat menikmati acara tersebut, namun ketika pembacaan nominasi yang mana seharusnya penghargaan tersebut dimenangkan oleh EXO justru jatuh ke tangan idol lain, ekspresi mereka berubah 100%. EXO sangat shock mendengar bahwa penghargaan mereka jatuh ke tangan idol lain.

3. Mnet yang sepertinya sengaja ingin merusak penampilan EXO

Selain hal yang disebutkan di atas, di acara MAMA 2017, penampilan EXO dipanggung seperti dibuat mainan oleh Mnet. Saat EXO tampil tiba-tiba iringan musik putus dan sound system yang tidak mendukung. Tindakan tersebut sepertinya disengaja oleh Mnet untuk membuat penampilan EXO gagal.

4. Pernyataan Mnet yang tidak sesuai dengan kenyataan

Saat acara MAMA 2017, tangisan EXO di atas panggung dianggap sebagai tangisan kebahagiaan oleh Mnet. Bahkan Mnet mengunggah foto Chanyeol yang sedang menangis dengan caption “Tangisan Kebahagiaan”. Padahal, tangisan itu sebagai bentuk kesedihan saat EXO-L diperlakukan kasar dan perlakuan dari Mnet yang diterima EXO.

5. EXO-L diperlakukan kasar di MAMA 2017

Di acara MAMA 2017, EXO-L mendapatkan perlakuan kasar oleh para petugas keamanan dari Mnet. Saat itu, EXO-L didorong ke pagar pembatas dan lighstick mereka sengaja dirampas agar saat EXO tampil, bangku penonton EXO-L akan mengalami “black ocean” atau keadaan mematikan lighstick yang memang disengaja sehingga seluruh bangku penonton gelap.

Perlakuan tersebut seolah-olah pihak Mnet benci dengan kehadiran EXO-L yang kerap kali mendominasi daripada fans idol lain ketika EXO menghadiri suatu acara.  Karena perlakuan kasar yang diterima EXO-L inilah menjadi penyebab mengapa member EXO terutama Chanyeol dan Suho menangis di panggung.

Chanyeol EXO menangis di acara MAMA 2017

6. Mnet memberi tanda “X” pada potongan lagu EXO “Mama”

Mnet menayangkan sebuah video promosi dengan durasi 15 detik dimana video tersebut dianggap EXO-L menghina EXO. Dalam video tersebut, Mnet memakai potongan lagu EXO “Mama” namun di tengah-tengah video, Mnet memberikan tanda silang yang berukuran besar.

Apa yang dilakukan oleh Mnet tersebut membuat EXO-L melakukan aksi protes melalui Twitter. Bahkan mereka membuat tagar #MamaApologizetoEXO yang kemudian menjadi trending topic dunia kala itu.

7. Salah memberikan judul pada music video EXO

Saat menampilkan nominasi untuk kategori “Best Dance Performance Male Grup”, Mnet tampaknya salah dalam memberikan judul. Mnet seharusnya menggunakan video EXO berjudul Love Shot, namun yang ditampilkan adalah lagu EXO yang berjudul “Tempo”

8. Exo tampil terlebih dahulu dibandingkan junior

Dalam dunia hiburan musik di Korea, sudah menjadi tradisi bahwa idol rookie akan tampil duluan dibandingkan dengan idol yang sudah debut lama. Hal itu tidak berlaku pada MAMA 2017. Pasalnya, di acara tersebut EXO yang sudah debut 5 tahun tampil terlebih dahulu dibandingkan Wanna One yang baru debut 4 bulan. Hal itu tentunya dianggap tindakan yang mempermalukan EXO.

Nah itulah beberapa perlakuan buruk Mnet kepada EXO yang dinilai tidak adil dan membuat para fans geram. Hal itu juga yang membuat mengapa EXO tidak pernah terihat di acara MAMA. Sebenarnya ada dua pemikiran mengenai hal tersebut yaitu EXO yang diundang namun memilih tidak hadir atau EXO yang memang sengaja tidak diundang untuk menghadiri MAMA di tahun-tahun berikutnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top