Entertainment

Tulus Rilis Album Manusia, Tandai 10 Tahun Berkarya di Industri Musik

Tulus Rilis Album Manusia, Tandai 10 Tahun Berkarya di Industri Musik

Solois Tulus rilis album Manusia. Album kelima ini dirilis bertepatan dengan perayaan satu dekade Tulus berkarya di dunia musik setelah digarap selama dua tahun.

Album Manusia yang resmi dirilis pada, Kamis (3/3/2022), berisi 10 lagu. Seperti judulnya, album ini mengisahkan tentang beragam dinamika rasa yang dialami oleh manusia. Lagu bertajuk Tujuh Belas jadi single pembuka yang telah dirilis pada, Rabu (23/2/2022) lalu.

Tulus rilis album Manusia karena terinspirasi dari aneka cerita yang pernah dialaminya dan interaksi dirinya dengan diri sendiri maupun orang lain.

"Inspirasi dari proses pembuatan album ini banyaknya dari interaksi dengan manusia. Jadi, di dalam album Manusia ini menceritakan dinamisnya ragam rasa yang kita rasakan sebagai manusia," ungkap Tulus dalam konferensi pers virtual, Jumat (4/3/2022).

Lihat Juga: Berhasil Raih Penghargaan Di MAMA 2020, Inilah 3 Musisi Indonesia Berprestasi

"Sehingga lagu yang ditulis di dalamnya juga banyak berdasar dari cerita yang saya alami, yang saya lihat, interaksi dengan orang lain dan saya sendiri," lanjutnya.

Tulus Rilis Album Manusia, Kosa Kata Unik jadi Daya Tarik

Penulisan lirik dengan bahasa Indonesia menggunakan kata-kata unik tetap jadi daya tarik dari album terbaru ini. Melalui album ini, Tulus juga merasakan perkembangan musikalitas, apalagi setelah ia sudah sepuluh tahun berkarya.

Salah satu perkembangan yang ia rasakan adalah di aransemen lagu yang menghadirkan warna baru. Tulus mengatakan, beberapa lagu di albumnya ini memakain instrument musik yang sebelumnya belum pernah ada di lagu-lagunya yang lain.

"Warna baru ini akan banyak teman-teman temukan ketika berjalan dengan lagu-lagu album ini. Banyak alat-alat musik yang sebelumnya mungkin belum pernah terdengar, di album ini ada," ungkapya.

Lihat Juga: Profil Vokalis Dewa 19 Terbaru, Marcello Tahitoe alias Ello

Penyanyi yang lahir di Bukittinggi itu juga mengajak sejumlah musisi lain untuk memproduksi album terbaru miliknya. Seperti Petra Sihombing, Dere, Ari Renaldi hingga komposer Erwin Gutawa. Menariknya, album ini juga menggandeng paduan suara sampai orkestrasi besar.

Orchestra Erwin Gutawa ikut mengisi beberapa lagu yang proses rekamannya dilakukan di Budapest Scoring Symphonic Orchestra, Hungaria. Ini adalah kerja sama kedua Tulus dengan Erwin Gutawa usai single Ingkar yang keluar pada Agustus 2021 lalu.

Dalam konferensi pers setelah Tulus rilis album Manusia, dia juga menyampaikan harapan dan pesannya untuk para penggemar yang dikenal dengan nama Teman Tulus. Ia mengharapkan agar sepuluh lagu di album Manusia itu dapat menjadi teman untuk keseharian para penggemarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top