Entertainment

Wanna One: Profil Member, Album dan Penghargaan yang Diraihnya

Wanna One

This post is also available in: English

Wanna One adalah grup penyanyi dan koreo dengan sebelas anggota. Grup besutan Swing Entertainment dan CJ E&M ini dibentuk 7 Agustus 2017. Seleksi pembentukan grup ini dilakukan oleh CJ E&M melalui program kompetisi survival Produce 101 Season 2 tahun 2017.

Diantara nama-nama anggota tersebut adalah Kang Daniel, Lee Dae-hwi, Park Ji-hoon, Kim Jae-hwan, Park Woo-jin, Ong Seong-wu, Lai Kuan-Lin, Yoon Ji-sung, Bae Jin-young, Hwang Min-hyun dan Ha Sung-woon. Namun kontrak mereka berakhir pada 18 Desember 2018. Meski demikian aktivitas terakhir mereka dilakukan pada tanggal 24-27 Januari 2019. Grup idola asal Korea Selatan ini mempunyai aliran genre Kpop, R&B, EDM dan Hip Hop.

Profil Member Wanna One

Berikut adalah ulasan tentang kesebelas anggota grup memiliki profil dan latar belakang masing-masing hingga kemudian dapat bersatu membentuk boyband. Berikut adalah profil dari masing-masing member Wanna One.

1. Yoon Ji-sung

Ia merupakan seorang penyanyi kelahiran Korea Selatan pada tanggal 8 Maret 1991. Pada tanggal 11 Desember, YMC Entertainment mengumumkan kepada publik diterima pada pendidikan Sekolah Pascasarjana Seni Rupa dan Seni Pertunjukkan Universitas Dongguk.

2. Ha Sung-woon

Ha Sung-woon lahir pada tanggal 22 Maret 1994 di Gyeonggi, Korea Selatan. Ia merupakan penyanyi yang pernah memulai debutnya dengan Hotshot pada tahun 2014. Ia juga memiliki riwayat pendidikan di Dong-Ah Institute of Media and Arts – Kpop Performance.

3. Hwang Min-hyun

Hwang Min-hyun adalah seorang penyanyi kelahiran Busan, Korea Selatan pada tanggal 9 Agustus 1995. Ia lebih dikenal dengan nama Minhyun dan selain sebagai penyanyi ia juga merupakan aktor dan penulis lagu.

Wanna One
Wanna One dengan Formasi Lengkap Saat Pemotretan

Debutnya dimulai pertama kali pada tahun 2012 sebagai vokalis NU’EST.  Kemudian berada di urutan kesembilan dalam serial Produce 101 Season 2 yang membuatnya menjadi anggota Wanna One.

4. Ong Seong-wu

Ong Seong-wu lahir pada tanggal 24 Agustus 1995 di Incheon, Korea Selatan. Selain sebagai penyanyi ia juga merupakan aktor yang memiliki kemampuan instrumen vokal dan drum. Seong-wu juga masuk dalam grup boyband ini melalui program survival Produce 101 dan memiliki riwayat pendidikan di Hanlim Multi Arts School – Departemen Tarian Praktik dan Dong Seoul University – Departemen Seni Peran.

5. Kim Jae-hwan

Kim Jae-hwan lahir di Gangwon, Korea Selatan pada tanggal 27 Mei 1996. Mantan anggota grup musik ini pernah mengenyam pendidikan di Universitas Howon – Practical Music and Vocal Studies dan saat ini tengah fokus pada solo karir. Ia juga pernah tampil dalam beberapa program televisi dan video musik seperti Yang Song E dengan judul Smiling Goodbye tahun 2014 dan Momoland dengan judul Freeze tahun 2017.

6. Kang Daniel

Kang Daniel merupakan penyanyi asal Korea Selatan yang lahir pada tanggal 10 Desember 1996 dan mulai dikenal sejak muncul dalam acara Produce 101 Season 2. Ia berhasil menduduki peringkat pertama sebagai trainee dalam acara tersebut dan secara otomatis menjadi penyanyi utama dalam grup idol Wanna One. Saat ini ia tengah menyiapkan debutnya untuk solo karir dan membangun perusahaan sendiri bernama Konnect Entertainment.

7. Park Ji-hoon

Park Ji-hoon lahir pada tanggal 29 Mei 1999 di Masan, Korea Selatan. Ia merupakan penyanyi dan telah mengenal seni peran sejak usianya masih kecil sebagai aktor cilik. Kemudian namanya semakin bersinar saat ia menduduki posisi kedua dalam acara Produce 101 Season 2. Saat ini ia tengah mendalami peran sebagai aktor dan melakukan debut solo karirnya.

8. Park Woo-jin

Park Woo-jin lahir pada tanggal 2 November 1999 di Busan, Korea Selatan. Ia merupakan penyanyi dan penyanyi rap yang kini tengah yang kini tengah berkutat dalam anggota grup idol AB6IX. Woo-jin memiliki riwayat pendidikan di Jeonpo Elementary School, Busan Dong Middle School dan Korean Arts High School.

9. Bae Jin-young

Wanna One
Pose Aegyeo Wanna One

Bae Jin-young adalah seorang penyanyi kelahiran Seoul, Korea Selatan pada tanggal 10 Mei 2000. Ia pernah berpartisipasi dalam empat single di tahun 2017 dan mengikuti program Produce 101 Season 2. Jin-young memiliki riwayat pendidikan di Seoul Cheonggu Elementary School, Daekyung Middle School dan Lila Art High School.

10. Lee Dae-hwe

Ia merupakan seorang penyanyi, penulis lagu dan presenter asal Korea Selatan yang lahir pada tanggal 29 Januari 2001. Dalam acara Produce 101 ia menempati posisi ketiga dari keseluruhan anggota Wanna One lainnya. Ia juga merilis single bersama Park Woo-jin dan mencapai urutan ke 60 dalam Gaon Single Chart.

11. Lai Kuan-Lin

Lai Kuan-Lin lahir pada tanggal 23 September 2001 di Taipei Taiwan. Ia merupakan seorang penyanyi sekaligus rapper dan aktor. Ia bermusik dengan genre Kpop dan Cpop. Sementara dalam acara yang sama dengan rekan lainnya, ia menempati posisi ketujuh. Lai Kuan-Lin juga pernah tinggal di Los Angeles Amerika Serikat selama lima tahun sebelum kembali ke Taiwan.

Album Wanna One

Selama debutnya grup idol ini telah merilis beberapa album diantaranya adalah To Be One 2017, Nothing Without You 2017, I Promise You 2018, Undivided 2018 dan Power Of Destiny 2018.

Penghargaan yang Diraih Wanna One

Wanna One
Wanna One dengan Prestasi Beragam Sejak Debut

Grup idol pria ini meraih Rookie Grand Slam pada tahun 2018 dan memenangkan beberapa penghargaan diantaranya pada acara Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards, Seoul Music Awards, Melon Music Awards dan Gaon Chart Music Awards serta menjadi artis Kpop Baru Terbaik tahun 2017.

To Top