Entertainment

Wheesung, Solois Kenamaan Korea Selatan Resmi Didakwa Atas Kasus Penggunaan Propofol Ilegal

Profil Singkat Wheesung

This post is also available in: English

Solois Wheesung digugat oleh jaksa penuntut atas kasus penggunaan obat terlarang pada Agustus 2020 lalu. Ia menjalani sidang pertama di Pengadilan Distrik Daegu Cabang Andon pada 19 Januari 2021.

Didalam persidangan tersebut, rekan-rekannya mengakui semua perbuatan mereka, sehingga membuat Wheesung tidak dapat berdalih atas tuduhan. Pria yang berprofesi sebagai penyanyi

ini resmi didakwa atas penggunaan propofol ilegal. Hukuman dijadwalkan pada 9 Maret 2021 mendatang.

Skandal yang Menimpa Wheesung

Awal tahun 2020, Wheesung dikabarkan menjalani pemeriksaan kepolisiaan atas dugaan penggunaan propofol secara berulang-ulang. Menurut beberapa sumber, penyanyi sekaligus produser musik ini terlibat dalam kasus penyalahgunaan obat terlarang setelah memeriksa salah satu pengedar ilegal.

Berdasarkan pengakuan pengedar ilegal tersebut, Wheesung terlibat pembelian obat anastesi jenis propofol dalam jumlah banyak. Obat yang digunakan untuk bius sebelum operasi bedah ini tidak digunakan secara bebas tanpa pengawasan dokter.

Polisi segera melayangkan surat penangkapan terhadap dirinya, Wheesung diperiksa pihak berwajib pada 26 Maret 2020.

Masih dalam pengawasan polisi, ia ditemukan pingsan di kamar mandi sebuah bangunan yang terletak di Distrik Songpa, Seoul pada 31 Maret 2020. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Wheesung positif menggunakan narkoba. Lalu, ia dipulangkan karena bius yang digunakan tidak termasuk dalam obat-obatan terlarang.

Salah satu media pemberitaan, MBN News menunjukkan remakan CCTV yang memperlihatkan Wheesung bertemu dengan pria yang memberinya tas hitam. Diduga, ia sedang melakukan transaksi dengan pengedar ilegal.

Menurut laporan, Wheesung keluar dari taksi dan mengeluarkan handphone. Beberapa saat kemudian, ia bertemu dengan pria yang diduga penjual obat-obatan. Mereka berbicara selama beberapa menit.

Setelah menerima tas hitam, Wheesung masuk ke dalam sebuah gedung. Sekitar 30 menit kemudian, ia ditemukan pingsan di kamar mandi dengan barang bukti tas, beberapa jarum suntik, dan botol berisi cairan.

Penggunaan obat-obatan terlarang ini bukan pertama kalinya, Wheesung dituduh menggunakan propofol secara ilegal sejak 2011. Akan tetapi, kasus tersebut ditutup tanpa dakwaan.

Profil Singkat Wheesung

Wheesung

Seoarang penyanyi asal Korea Selatan ini lahir pada 5 Februari 1982 dengan nama Choi Hwi Soeng. Ia mengawali karis sebagai anggota boy group A4 pada tahun 1999. Tidak lama kemudian, ia memutuskan hengkang.

Wheesung kembali muncul sebagai anggota band rock MAME, menempati posisi vokalis. Ia juga pernah berpartisipasi dalam acara MBC Collage Festival 2000.

Namanya mulai dikenal secara luas sejak menandatangi kontrak dengan YG Entertainment sebagai solois. Album perdana bertajuk “Like a Move” dirilis pada tahun 2002.

Tidak menyia-nyiakan kepopulerannya, ia kembali merilis album ke dua berjudul “It’s Real” pada tahun 2003. Album ini berhasil membuat dirinya menjadi solois paling laris di Korea Selatan pada saat itu.

Setelahnya, ia rajin mengeluarkan karya setiap tahun. Sepanjang karirnya, Wheesung telah mengeluarkan 6 album studio dan 5 mini album. Serta, single yang masih populer hingga saat ini diantaranya “Can’t We” (2002), “With Me” (2003), “Night and Day” (2014), dan masih banyak lagi.

Setelah kontrak dengan YG Entertainment berakhir pada tahun 2006, Wheesung sempat berpindah-pindah agensi seperti Orange Shock (2006 – 2009), Pop/Up Entertainment (2009 – 2001), dan YMC Entertainment (2012 – 2016). Di tahun 2017, ia mendirikan perusahaan sendiri bernama Realslow Company.

Selain aktif sebagai penyanyi, Wheesung kerap tampil sebagai pemain teater musikal seperti Zorro as Zorro (2014) dan All Shook Up as Elvis (2016 – 2018).

Prestasi

Prestasi Wheesung Selama Berkarir di Industri Musik

Melabeli diri sebagai musisi, tentu menimbulkan ide untuk selalu mengeluarkan karya. Hal ini tentu dirasakan oleh sebagain besar seseorang yang terjun di dunia industri musik, tidak terkecuali Wheesung.

Dikenal sebagai seorang penyanyi dengan karya yang hampir semua populer, Wheesung juga dikenal sebagai pencipta lagu handal. Bukan untuk hanya dirinya sendiri, ia juga membuat lirik untuk penyanyi dan idol group kenamaan Korea Selatan.

Salah satu lagu populer ciptaannya adalah Dance the Night Away yang dinyanyikan oleh Twice. Bukan hanya itu, ia menciptakan lagu untuk Gummy, Ailee, NC.A, Lizzy, Jessi, BTOB, Shinee, dan masih banyak lagi.

Wheesung merupakan solois yang cukup sukses terbukti dari konser yang selalu laris manis. Selain itu, ia kerap mendapatkan penghargaan musik seperti SBS MTV Best of the Best 2014: Best Male Solo, Seoul Success Awards 2014: Singer Grand Prize, Soribada Best K-Music Awards: 2018: Voice Award, dan Korean Arts and Culture Awards 2019: Music Producer Award.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top