Entertainment

Baru Memulai Debut, X1 Mesti Rela Dibubarkan

X1 member

Baru saja memulai debut, X1 harus menghadapi kenyataan pahit. Belum genap 5 bulan boyband ini terbentuk, manajemen memutuskan untuk membubarkannya. Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Ungkapan ini rasanya cocok dengan keadaan boyband satu ini, mengingat usianya yang cukup singkat. Lantas, bagaimana sepak terjang X1 di dunia hiburan Korea Selatan?

Pemilihan Member X1 dari Kompetisi

Terbentuk pada 19 Juli 2019 melalui kompetisi Produce 101, X1 sempat menarik perhatian publik. Pasalnya, sebagian besar member yang terpilih telah lebih dahulu mengembangkan karirnya. Beberapa diantaranya telah memulai debut dan bergabung dengan boyband lain. Meskipun demikian, antusiasme penggemar rupanya tak surut sama sekali.

Kompetisi Produce 101 yang digelar dari bulan Mei hingga Juli 2019 lalu itu melahirkan 11 talenta berbakat. Mereka adalah Kim Yo-Han, Cho Seung-Youn, Lee Eun-Sang, Kim Woo-Seok, Nam Do-Hyon, Han Seung-Woo, Kang Min-Hee, Lee Han-Gyul, Song Hyeung-Jun, Cha Jun-Ho, dan Son Dong-Pyo. Sebelas pria tampan ini dipilih berdasarkan hasil seleksi dan voting pemirsa sepanjang acara.

X1
Member X1 dengan Gaya Manly yang Digandrungi Para Fans

Hasil kompetisi diumumkan langsung pada 19 Juli 2019 secara live. Produce 101 diikuti sekitar 101 partisipan yang siap memulai debut. Dari 101 orang tersebut menyisakan 20 orang di babak akhir. Mengingat formasi X1 yang hanya 11 orang, juri memilih 10 dari 20 orang tersisa. Posisi X atau terakhir ditentukan oleh perolehan poling tertinggi dari awal hingga akhir acara.

Dengan sistem penilaian ini, tentu saja terjadi pro dan kontra. Tak berselang lama dari pengumuman debut di bulan Agustus, sang produser Produce 101 dinyatakan bersalah. Hal tersebut disebabkan oleh dugaan adanya manipulasi hasil voting pada acara Produce 101. Ahn Joon-Young mengakui tuduhan tersebut dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Penangkapan sang produser membuka tabir yang selama ini tertutup. Rupanya, para member telah terlebih dahulu ditentukan sebelum acara berakhir. Sontak, pihak agensi pribadi maupun grup melakukan langkah tegas. Di bulan Januari, agensi grup memutuskan untuk membubarkan X1 secara boyband. Para member tentu kembali ke agensi masing-masing dan melanjutkan karir mereka.

Keputusan ini tentu mengejutkan banyak pihak, terutama para penggemar. One It, sebutan untuk penggemar X1 mengaku sangat menyesal. Mereka berharap X1 bisa kembali bersama. Tak harus dengan formasi lengkap, setidaknya beberapa member yang terlibat. Sayangnya, tak ada tanda-tanda harapan tersebut akan terwujud dalam waktu dekat.

Prestasi Gemilang X1 dalam 5 Bulan

Walaupun karir X1 terhitung singkat, boyband satu ini telah menorehkan prestasi cukup gemilang. Salah satunya merilis mini album pada Agustus 2019 silam. Album debut bertajuk Emergency: Quantum Leap ini mendapat sambutan luar biasa. Angka penjualannya pun sangat fantastis, yakni mencapai 500.000 kopi fisik hanya dalam 1 minggu pertama.

X1
Performance X1 yang Fenomenal

Pencapaian ini mengalahkan penjualan mini album debut yang sempat dirilis oleh Kang Daniel. Tak berhenti sampai disini, debut X1 pun langsung menembus Billboard Chart dalam kategori Social 50 and Emerging Artist. Melihat torehan prestasi yang diraihnya, boyband satu ini sebenarnya memiliki peluang besar untuk sukses bersaing di industri hiburan Korea Selatan.

Tak cuma penjualan album yang tinggi, X1 pun sempat memenangkan 11 penghargaan lewat lagu debut berjudul Flash. Kemenangan pertama diraih X1 pada acara The Show yang disiarkan oleh SBS TV. Pada September 2019, kemenangan kesebelas diterima dari M Countdown. Ini menjadi penutup dari rangkaian penghargaan yang pernah didapat.

Namun langkah yang salah sedari awal menghambat langkah para membernya untuk terus berada di X1. Mimpi serta harapan para fans terhadap X1 pun harus kandas di tengah jalan. Padahal pemilihan nama One It sebagai nama fandom mereka jelas mengandung arti mendalam. Dijelaskan dalam salah satu sesi wawancara, One It bermakna dua arah, baik bagi fans maupun X1 sendiri.

Bagi X1, One It berarti harapan besar para member untuk mencapai tujuan mereka. Di sisi lain, One It bisa pula merujuk pada keberadaan para fans. Untuk semua member, kehadiran fans sangat berarti bagi keberlangsungan karir dan hidup mereka. Sayangnya, semua cita-cita dan kenangan manis tersebut harus berhenti begitu saja.

Sebelum diputuskan bubar, manajemen sebenarnya sempat mempertimbangkan dengan seksama. Setidaknya, ada peluang X1 untuk tetap berkarir kalau beberapa agensi menyetujuinya. Berdasarkan voting yang diadakan, 4 agensi memilih tidak melanjutkan X1. Mini album yang sempat direkam untuk musim dingin pun tak jadi dirilis ke pasaran.

Deretan Member X1 yang Sangat Berbakat

X1
Member X1 yang Punya Karakteristik Unik

Pembubaran X1 tak membuat para fans surut mendukung member boyband ini. Dalam setiap kali kesempatan live maupun postingan yang diunggah para member, fans selalu saja mengerubungi. Bahkan tagar dukungan terhadap X1 pun sempat mengalir kencang di media sosial. Bagi pencinta K-Pop tentu menarik mengetahui siapa saja kesebelas member yang sempat tergabung di X1 bukan? yuk simak biodata X1 diibawah ini:

1.     Kim Yo-Han X1

Yo-Han menempati posisi pertama pada kompetisi Produce 101. Hasil voting tersebut menjadikannya center, lead rapper, serta vocalist. Pria kelahiran Jungnang-Gu, 22 September 1999 ini memiliki kepribadian yang riang sekaligus polos. Ayah Yo-Han merupakan master taekwondo, bahkan Yo-Han sendiri sempat menjadi atlet taekwondo.

2.     Kim Woo-Seok X1

Lahir pada 27 Oktober 1996 di Daejeon, Woo-Seok merupakan anak semata wayang. Pada 2015, Woo-Seok memulai debut pertamanya dengan UP10TION. Menggunakan nama panggung Wooshin, pria ini memilih hiatus untuk mengatasi kesehatan mentalnya.

3.     Han Seung-Woo

Leader dan main vocalist X1 ini berasal dari Busan. Ia lahir pada 24 Desember 1994. Seung-Woo diketahui sangat mengidolakan Beast. Sama seperti Woo-Seok, Seung Woo telah terlebih dahulu debut bersama VICTON di tahun 2016.

4.     Song Hyeong-Jun

Member X1 yang lahir pada 2002 silam di Tongyeong ini hanya memerlukan 3 bulan training sebelum debut. Walaupun begitu, kemampuan menarinya tak perlu diragukan lagi. Hyeong-Jun sendiri telah dipercaya sebagai lead dancer, vocalist, sekaligus rapper.

5.     Cho Seung-Youn

Tergabung dalam grup Uniq, Seung-Youn memilih Luizy sebagai nama panggungnya. Bahkan ia sempat menggunakan nama WOODZ saat memproduseri beberapa proyek. Member kelahiran 5 Agustus 1996 ini menempati posisi sebagai lead rapper dan main vocalist.

6.     Son Dong-Pyo

Sebelum bergabung dengan X1, Dong-Pyo kerap mengcover beberapa tarian dari grup K-Pop ternama. Remaja kelahiran 9 September 2002 ini pun mengambil jurusan akting di SMA. Pantas saja kalau ia dipilih sebagai lead dancer sekaligus vocalist.

7.     Lee Han-Gyul

Han-Gyul diketahui besar dengan keluarga adopsi akibat ditelantarkan keluarga kandungnya. Keputusannya terjun ke dunia hiburan semata-mata untuk membahagiakan keluarga dan teman-temannya. Pria kelahiran 7 Desember 1999 ini dikenal memiliki hati dan kepribadian yang sangat manis.

8.     Nam Do-Hyon

Maknae X1 yang lahir pada 10 November 2004 ini memiliki kemampuan beatbox yang sangat mumpuni. Bahkan ia sempat bergabung dengan Under Nineteen dan menggunakan nama Weird Kid. Setelah berpisah dengan member lainnya, Do-Hyon dan Han-Gyul memutuskan membentuk grup duo pada bulan April lalu.

9.     Cha Jun-Ho

Di awal debut, Jun-Ho sempat mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan tari. Beberapa komentar menunjukkan betapa kaku gerakan yang ditunjukkan pria satu ini. Untungnya, Yo-Han bersedia mengajari Jun-Ho untuk menari. Sebelum mengikuti kompetisi, Jun-Ho memerlukan waktu 1 tahun 3 bulan untuk training. Perjuangan pria kelahiran 9 Juli 2002 ini tak sia-sia, sebab ia lolos hingga tahap akhir.

10.     Kang Min-Hee

Menghabiskan 2 tahun lebih sebagai trainee kian memantapkan niat MIn-Hee untuk berkarir di industri hiburan. Berasal dari keluarga dengan latar belakang pendidikan medis tak menjadikan Min-Hee minder. Ia justru menunjukkan bakat dan tekadnya dalam bernyanyi. Min-Hee sendiri lahir di Jeolla Selatan pada 17 September 2002.

11.     Lee Eun-Sang

Tak hanya pintar bernyanyi, Eun-Sang ternyata sangat fasih berbahasa Inggris. Eun-Sang sendiri menempati posisi sebagai vocalist sekaligus member peringkat X. Ia tergabung ke X1 atas pilihan pemirsa melalui polling.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top