Entertainment

Zaskia Gotik Hina Indonesia dan Terancam 5 Tahun Penjara

Portal Berita

Siapa yang tak kenal dengan Zaskia Gotik? Ya, dia adalah salah satu penyanyi dangdut wanita terbaik yang ada di Indonesia. Penyanyi yang terkenal dengan goyang itiknya ini ternyata sedang mengalami masalah. Dirinya terancam 5 tahun penjara. Mengapa?

Masalah yang menimpanya terjadi pada hari Selasa (15/3). Dirinya dituding telah menghina Indonesia dalam salah satu acara musik yang tayang pagi. Acara tersebut pun ditayangkan di salah satu stasiun televisi nasional.

Pada acara tersebut, Zaskia Gotik memang terlihat berusaha maksimal memberikan penampilan yang lucu. Namun siapa sangka, saat melontarkan lawakan, dirinya malah menghina Indonesia.

Hinaannya terhadap Indonesia berawal ketika dirinya ditanya mengenai hari proklamasi. Zaskia dengan santai dan tertawa, menyebutkan bahwa proklamasi adalah tanggal “32 Agustus”. Ia pun berharap jawabannya tersebut lucu, namun hal tersebut sama sekali tidak lucu.

Hal ini tentu saja disebabkan oleh proklamasi yang merupakan momentum berharga bagi bangsa Indonesia diperingati pada 17 Agustus. Anehnya, Zaskia Gotik malah menjadikan hal tersebut sebagai guyonan. Parahnya lagi, pembawa acara lainnya malah menanggapi ucapan Zaskia sebagai lawakan “garing”.

Tidak hanya hari proklamasi, Zaskia Gotik pun menghina Pancasila yang merupakan ideologi bangsa Indonesia. Ia menyebutkan bahwa sila kelima yang berlambang padi dan kapas adalah lambang bebek nungging. Entah apa yang mendasarinya untuk turut menghina lambang negara.

Disadari atau tidak, semua yang dikatakan oleh Zaskia Gotik sebenarnya dapat berurusan dengan hukum. Negara telah mengatur larangan untuk menghina negara dan lambangnya dalam Pasal 24 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Dalam Pasal 57 a jo Pasal 68 pun tertulis bahwa, “Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak lambang negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta.

Berdasarkan hal tersebut, Zaskia pun bisa saja mendapatkan hukuman yang setimpal. Namun, sampai saat ini belum ada kelanjutan mengenai apa yang telah dikatakannya tersebut.

Meskipun demikian, para netizen langsung melontarkan kritikan di media sosial. Mereka pun menyebut komentar Zaskia Gotik sangatlah tidak pantas. Lalu apa tanggapanmu?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top