Entertainment

Zaskia Mecca Trending Gara-gara Kritik Cara Bangunkan Sahur

Zaskia Mecca Trending Gara-gara Kritik Cara Bangunkan Sahur

Sahur merupakan bagian yang dilakukan oleh umat Muslim sebelum mulai berpuasa. Apalagi saat bulan Ramadhan, tak sedikit masjid yang membantu mengingatkan orang untuk sahur melalui pengeras suara pada dini hari. Namun ternyata, cara membangunkan sahur tersebut dinilai Zaskia Mecca mengganggu dan tidak etis.

“Hanya ingin tanya ini bangunin model gini sedang HITS katanya?! Terus etis gak sih pakai toa masjid bangunin model begini? Tanya Zaskia Adya Mecca pada keterangan di unggahan instangram-nya, Kamis (22/4/2021).

“Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya juga beragam. Apakah iya dengan gini jadi tak mengganggu yang lain yang tak menjalankan sahur?! Tulisnya.

Dalam video unggahannya, Zaskia Mecca merekam momen saat seseorang membangunkan sahur menggunakan pengeras suara di masjid. Orang tersebut membangunkan orang lain untuk sahur dengan berteriak yang kemudian disebut Zaskia mengganggu.

“Saya yang asing, ataukah situasi yang makin asing ya.. untukku kok gak lucu, gak etis, gak menghargai orang lain..” tulisnya dalam keterangan video.

Lebih lanjut, dia merasa bingung kenapa orang tersebut bisa berteriak begitu saja dengan pengeras suara masjid.

“Buat kamu gimana?! Apakah saya yang terlalu serius?” tanya istri Hanung Bramantyo mengakhiri tulisannya.

Lihat Juga: 5 Rekomendasi Takjil Buka Puasa Paling Gampang

Sontak unggahannya itu pun mendapat banyak dukungan, banyak netizen maupun rekan selebritis yang mengaku terganggu dengan cara membangunkan sahur yang teriak-teriak seperti itu.

“Nyebelin banget. GW aja yang sahur gak mau dibangunin begini,” tulis Senandung Nacita pada kolom komentar.

Menteri Agama Anggap Protes Zaskia Mecca Hal Wajar

Protes Zaskia Adya Mecca soal cara membangunkan sahur tersebut turut ditanggapi oleh Yaqut Cholil Woumas. Menteri Agama RI tersebut menganggap sikap Zaskia wajar karena terganggu. Ia lantas menyinggung soal bacaan sholat yang dilarang bersuara keras agar tidak membuat orang lain tertanggu.

“Kalau Zaskia merasa terganggu, ya ajar aja,” tutur Gus Yaqut, seperti dikutip dari detikcom, Jumat (23/4/2021).

“Orang yang sholat aja dilarang mengeraskan bacaan sholatnya yang dapat mengganggu orang lain yang tengah sholat. Apalagi orang yang berteriak-teriak membangunkan orang lain seperti itu. Bagaimana kalau yang di dekatnya itu sedang menjalankan sholat? Apa tak tertanggu?” sambungnya.

Lihat Juga: Ramadan Tiba, ini 6 Inspirasi Menu Sahur Sederhana dan Praktis!

Gus Yaqut menuturkan lebih baik jika takmir masjid dan warga bermusyawarah untuk memutuskan cara membangunkan sahur di lingkungan sekitar. Karena, tidak semua masyarakat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Selain itu, ia meminta agar ibadah bertoleransi.

Lebih jauh, Menag RI itu juga menyebut adanya persyaratan penggunaan pengeras suara di masjid yang tertulis dalam instruksi Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam. Di antaranya yaitu orang yang terampil dan bersuara fasih atau pun tidak sumbang.

“Sebetulnya terdapat instruksi Direktur Bimbingan Masyarakat Islam No 101 Thn 1978 terkait ‘Tuntunan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid & Mushola’. Ada persyaratan penggunaan pengeras suara, salah satunya ‘pengguna merupakan orang yang terampil dan tidak sedang coba-coba ataupun masih belajar, pengguna hendaknya mempunyai suara fasih dan tak sumbang,” terangnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top