Family

5 Cara Agar Anak Cukup Tidur Selama Pandemi

5 Cara Agar Anak Cukup Tidur Selama Pandemi

Bukan saja orang dewasa, anak-anak juga mengalami gangguan atau kesulitan tidur saat pandemi Covid-19. Orangtua dapat melakukan beberapa cara agar anak cukup tidur selama pandemi,  karena tidur yang cukup adalah kunci untuk tumbuh kembang si kecil.

Kurangnya waktu tidur pada si kecil dikaitkan dengan gangguan kecemasan, emosi dan kognisi. Kurang tidur juga menyebabkan si kecil lebih berisiko mengalami penyakit lain seperti diabetes hingga jantung. Orangtua berperan penting dalam membuat anak cukup waktu tidur selama pandemi Covid-19.

Anak berusia 3 hingga 5 tahun direkomendasikan tidur 10-13 jam setiap hari. Lalu untuk anak usia 5 sampai 12 tahun tidur 9-12 jam, dan usia 13 sampai 18 tahun 8-10 jam setiap hari. Berikut ini cara supaya waktu tidur anak terpenuhi selama pandemi.

Tidur Pada Waktu Yang Sama

Anda bisa membuat rutinitas agar si buah hati selalu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, tak terkecuali saat akhir pekan. Karena dengan tidur di waktu yang sama akan membuat tubuh si anak lebih terbiasa.

Lakukan Aktivitas Ringan Sebelum Tidur

Lakukan aktivitas ringan satu jam sebelum tidur, seperti peregangan atau relaksasi. Anda juga bisa mengajak anak untuk membaca atau bercerita. Sedangkan untuk anak usia remaja bisa diajarkan untuk mulai menulis diari.

Jauhkan Layar Untuk Membuat Anak Cukup Tidur

Satu jam sebelum tidur jauhkan penggunaan layar, baik televisi, laptop atau tablet maupun smartphone. Seperti mengutip dari CNN, cahaya yang dipancarkan oleh layar bisa menyebabkan sulit tidur.

Buat Kamar Tidur Senyaman Mungkin

Buatlah suasana kamar yang nyaman dan sesuai kebutuhan agar buah hati anda bisa tidur dengan lelap. Anda bisa meletakkan mainan favorit si kecil di tempat tidur, matikan juga lampu supaya suhu di kamar tidak terlalu panas.

Hindari Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur bisa membuat perut anak merasa tidak nyaman. Selain itu, berbaring setelah makan juga meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan. Karena itulah, jangan berikan makanan tiga jam sebelum tidur.

Lihat Juga: Saran Terburuk dalam Dunia Parenting yang Pernah Ada

Selain lima cara agar si kecil cukup tidur di atas, orangtua juga harus memberi contoh agar si kecil bisa lebih mudah menirunya. Orangtua juga harus lebih peka terhadap masalah tidur anak, jika ada gangguan tidur secara terus menerus, maka tidak ada salahnya untuk membawa buah hati anda berkonsultasi kepada dokter.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top