Family

5 Manfaat Musik untuk Tumbuh Kembang Anak

5 Manfaat Musik untuk Tumbuh Kembang Anak

Musik merupakan salah satu metode yang saat ini populer digunakan untuk menstimulasi perkembangan optimal pada anak. Istilah Mozart Effect memang sempat populer beberapa waktu lalu dimana musik klasik dipercaya mampu membuat janin dalam kandungan nantinya akan terlahir dengan otak yang lebih cerdas. Walaupun saat ini banyak studi yang membantah pendapat tersebut tapi tetap saja ternyata musik memiliki efek yang positif terhadap tumbuh kembang anak terutama perkembangan otak.

Apakah Musik Bisa Mengoptimalisasi Pertumbuhan Anak?
Banyak studi telah menunjukkan bahwa musik memang memiliki dampak yang positif terhadap perkembangan otak tapi hal ini tergantung pada jenis musiknya. Jenis musik yang baik untuk perkembangan otak anak adalah jenis-jenis musik klasik yang memiliki ritme standar dan cenderung teratur sementara jenis musik rock dengan ritme yang turun naik dan kadang kacau balau justru tidak baik untuk perkembangan otak. Berikut adalah beberapa manfaat musik dalam tumbuh kembang anak.

5 Manfaat Musik untuk Tumbuh Kembang Anak

  1. Musik Membantu Anak Hiperaktif Menjadi Lebih Tenang

Menjadi hiperaktif merupakan salah satu bagian pertumbuhan yang penting bagi Anda karena saat itu anak akan belajar mengeksplorasi dan mencari tahu tentang hal-hal baru. Namun jika tidak dikendalikan anak akan lebih cenderung melakukan hal-hal yang tidak penting sementara energinya menjadi terkuras. Musik membantu anak hiperaktif menjadi lebih tenang jadi tidak heran jika kebanyakan orang menganggap musik klasik membuat mengantuk karena salah satu fungsi musik memang untuk membantu otak menjadi relaks.

  1. Musik Membantu Anak Lebih Fokus Belajar

Banyak penelitian sudah membuktikan bahwa anak yang mendengarkan musik tepat sebelum melakukan ujian memiliki kemampuan mengingat lebih baik dari anak yang tidak mendengar musik. Namun beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa hal ini tidak permanen namun karena pada dasarnya musik membantu otak menjadi relaks, tidak ada salahnya mendengarkan musik ketika belajar jika dapat membantu anak menjadi lebih fokus belajar.

  1. Musik Membantu Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Jika Anda berfikir bahwa untuk tembah kembang anak yang dibutuhkan hanyalah makanan bergizi maka Anda salah besar. Kemampuan kognitif anak tak hanya tergantung pada seberapa kuat pertumbuhan tulangnya tapi juga seberapa sehat fungsi otak anak. Musik merupakan salah satu makanan sehat untuk otak sehingga dapat menstimulasi perkembangan optimal pada otak.

  1. Musik Membantu Membangun Kecerdasan Emosional

Saat ini tak hanya IQ saja yang penting tapi kecerdasan emosional juga penting. Beberapa penelitian menujukkan bahwa musik dapat membantu anak belajar tentang empati yang merupakan salah satu kunci dari perkembangan kecerdasan emosional.

  1. Musik Membantu Anak Mengatasi Stress

Anda kira hanya orang dewasa saja yang stress? Anak-anak juga bisa merasa stress atau tertekan. Entah itu karena PR yang menumpuk, teman-teman yang tak bersahabat, kesulitan dalam memahami pelajaran dan masih banyak lagi. Musik dapat membantu anak mengatasi stressnya dengan lebih baik sehingga dapat fokus untuk menyelesaikan masalah yang mereka miliki.

Banyak yang mengatakan bahwa memperdengarkan janin yang belum memiliki kemampuan mendengar yang sempurna adalah hal yang sia-sia. Well, walaupun ketika masih di dalam kandungan bayi sudah mampu mendengar namun terbatas. Memang benar memperdengarkan musik saat itu tidak akan memberikan efek yang signifikan tapi bukan berarti tidak berefek sama sekali. Jika bahkan sejak di dalam kandungan bayi sudah sering mendengarkan musik maka ketika di masa pertumbuhannya akan lebih mudah memperkenalkan musik kepadanya. Usia terbaik bagi anak untuk belajar tentang musik adalah antara 4 – 5 tahun dimana saat itu merupakan masa terbaik untuk perkembangan kemampuan mendengar anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top