Family

5 Resep Bekal Praktis untuk Si Kecil ke Sekolah

resep bekal sekolah

Mama, sedang cari resep bekal praktis untuk Si Kecil? Mama berada di halaman yang tepat! Loper mengerti, betapa besar keinginan Mama membawakan makanan kesukaan agar Si Kecil semangat belajar di Sekolah. Selain itu, membawa bekal sendiri juga akan membantu berhemat dan tentunya kebersihan dan gizi yang dibutuhkan anak pun lebih terjamin.

Namun, waktu pagi yang terbatas jangan sampai membuat Mama kerepotan, ya. Di bawah ini setidaknya ada 5 resep bekal praktis yang bisa Mama siapkan dalam waktu sesingkat mungkin. Cekidot ya, Mama!

1. Nasi Gulung Sosis

Nasi memang menjadi karbohidrat pokok yang sebaiknya tetap ada pada bekal si kecil. Nah, salah satu cara mengkreasikan bekal yang mengenyangkan ini adalah dengan membuat nasi gulung sosis.

Nasi Gulung Sosis

Bahan:

Nasi secukupnya, sebaiknya yang pulen dan baru

2 butir telur untuk mendadar

4 buah sosis ayam / sapi

Garam

Penyedap rasa

Cara membuat :

– Goreng atau panggang sosis. Jangan lupa lepaskan plastik pembungkus sosis. Goreng sosis hingga matang, sisihkan

 – Kocok lepas telur bersama garam dan penyedap rasa. Dadar di atas wajan anti lengket, buat yang lebar namun tidak terlalu tipis

– Setelah dadar ditiriskan, tata telur dadar  tersebut di atas talenan

– Tata nasi pulen di atasnya

– Tata sosis lalu gulung dadar beserta isinya

– Potong-potong nasi gulung tersebut sesuai ukuran yang diinginkan

– Nasi gulung sosis siap disajikan

Tips: Bisa menggunakan nasi goreng atau nasi yang telah dicampur bersama sayuran seperti wortel dan daun bawang.

2. Roti Goreng Kornet

Jika anak-anak mengeluh bosan makan nasi, bagaimana kalau roti? Nggak melulu manis, Mama juga bisa banget nih, membawakan si kecil bekal roti yang gurih dan menggugah selera seperti roti goreng kornet ini.

Roti Goreng Kornet

Bahan:

2 lembar roti tawar tanpa kulit

Kornet sapi

Bawang bombay secukupnya (jika suka)

1 sdm mentega untuk menumis

1 butir telur

Tepung roti

Minyak goreng

Cara Membuat:

– Buat dulu isi. Tumis irisan bawang bombay bersama mentega, kemudian masukkan kornet. Tumis hingga harum lalu sisihkan

– Siapkan roti tawar, taruh kornet di atasnya

– Lipat roti tawar menjadi bentuk segitiga

– Panaskan wajan berisi minyak untuk menggoreng. Selagi menunggu, celupkan roti yang sudah diisi ke dalam kocokan telur, gulingkan ke atas tepung roti

– Goreng dalam api sedang hingga kecoklatan

– Roti goreng kornet siap disajikan.

Tips: Masukkan saus dan mayones sachet ke dalam kotak makan anak untuk dimakan bersama roti goreng kornet ini. Boleh tambahkan keju cheddar atau mozarella ke dalam isian agar lebih nikmat.

3. Pizza Roti

Salah satu makanan favorit anak-anak: pizza! Dengan aneka macam topping, dijamin mampu menggugah selera makan anak. Praktis dan mengenyangkan!  Agar lebih praktis dan simpel, Mama bisa coba membuat adonan pizza menggunakan roti tawar. Nggak perlu ribet bikin adonan sendiri!

Pizza Roti

Bahan:

2-4 lembar roti tawar tanpa kulit

Mentega

Saus tomat / cabai

Sosis, potong-potong

Daging cincang

Keju parut

Bawang bombay iris

Cara Membuat:

– Oleskan mentega dan saus ke atas roti

– Tata sosis, daging cincang, irisan bawang bombay dan keju parut sebagai topping

–  Oven hingga kecoklatan

– Pizza roti favorit anak siap disajikan

Tips: Boleh menggunakan saus bolognese instan agar lebih praktis, jadi tidak perlu lagi menggunakan daging cincang. Agar tampilan lebih menarik, potong lebih dulu roti tawar menjadi bentuk lingkaran menggunakan bibir gelas. Opsi lain, gunakan wajan teflon untuk memanggang jika tidak ada oven atau microwave.

4. Roti Maryam Nutella

Roti lagi! Jenis bahan makanan satu ini memang tiada habisnya untuk dikreasikan. Nah, selain roti tawar, Mama juga bisa banget nih memanfaatkan roti maryam untuk bekal si kecil ke sekolah. Bahan-bahan roti maryam yang tidak menggunakan ragi pun cocok untuk si kecil yang alergi terhadap makanan-makanan hasil fermentasi.

Roti maryam sebenarnya sudah sangat lezat disajikan hangat-hangat bersama taburan atau cocolan gula pasir. Namun, agar si kecil makin berselera, yuk kita buat roti maryam Nutella yang endeus!

Roti Maryam Nutella

Bahan:

2 lembar roti maryam

Nutella secukupnya

Keju parut

Cara membuat:

– Panaskan roti maryam terlebih dulu. Mama bisa memanggangnya sebentar di di atas wajan anti lengket baik menggunakan mentega maupun tidak.

– Angkat roti maryam, lalu oleskan Nutella

– Taburkan keju parut

– Roti maryam nutella siap disajikan

Tips: Mama bisa mengganti Nutella dengan mentega dan meises atau lelehan cokelat. Menggunakan aneka macam selai seperti selai kacang atau buah-buahan juga merupakan ide bagus lho, Mama!

5. Lumpia Nugget Keju

Saatnya gorengan nih, Mama! Jika biasanya Mama sering membuat bakwan atau tahu isi, kini saatnya lumpia goreng! Karena merupakan resep bekal praktis untuk disantap pada jam istirahat, Mama bisa menambahkan potongan nugget agar lebih mengenyangkan. Perut kenyang, belajar jadi lebih berkonsentrasi.

Isian nugget dan keju pada lumpia juga sebagai alternatif jika Mama kerepotan membuat isian dari orak-arik tahu. Bahan isi yang kering seperti nugget pun lebih memudahkan Mama saat membungkus kulit lumpia karena kemungkinan kulit akan bocor menjadi lebih kecil.

Lumpia Nugget Keju

Bahan:

3-5 lembar kulit lumpia

Nugget secukupnya

Keju, potong dadu

Cara Membuat:

– Goreng nugget lebih dulu. Mama bisa menggorengnya setengah matang karena nanti jika sudah dibalut kulit lumpia akan digoreng lagi.

– Potong-potong nugget menjadi bentuk dadu

– Siapkan kulit lumpia.

– Taruh nugget dan keju di atas kulit lumpia

– Mama bisa menggulungnya atau membentuknya menjadi persegi

– Goreng hingga berwarna kuning keemasan

– Sajikan lumpia nugget keju bersama mayones dan saos tomat sachet

Tips: Untuk merekatkan kulit lumpia, Mama bisa membuat lem dari campuran air dan terigu atau olesan telur. Sebaiknya gunakan keju mozarella untuk mendapatkan lelehan keju yang lezat. Opsi lain, Mama bisa menggunakan saos tomat dan mayones untuk isian atau saus telur asin jika si kecil menyukainya.

Mama suka resep bekal praktis yang mana, nih? Jangan lupa untuk menambahkan susu dan potongan buah ke dalam kotak makan si kecil agar kebutuhan nutrisi dan gizi si kecil selalu terjaga. Jika Mama memutuskan untuk tidak menggunakan sendok atau garpu, pastikan tisu makan selalu tersedia ya, Mama! Agar Si Kecil tidak kerepotan saat ingin menyantapnya.

Baca Juga : Kreasi Bekal Praktis untuk Traveling

Nah, akhirnya sampai di sini dulu resep bekal praktis untuk si kecil ke sekolah, pilihan Loper untuk Mama. Semoga kali ini Mama tidak kehabisan ide untuk memastikan si kecil tetap kenyang selama di sekolah. Selamat memasak anti ribet, Mama!

To Top