Family

6 Tips Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua

Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua

Saat menginjak dewasa, kamu akan menjalani pernikahan dan menjadi pasangan resmi. Harapan untuk bisa akur dan menjalin hubungan baik dengan mertua merupakan dambaan hampir semua menantu. Tentu saja, kita sebagai seseorang yang baru saja masuk ke dalam lingkungan keluarga baru mempunyai harapan bisa dianggap layaknya anak sendiri oleh mertua.

Akan tetapi, harapan tersebut biasanya tidak akan mudah langsung menjadi kenyataan. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan hal seperti ini bisa terjadi. Salah satunya mungkin bisa karena para mertua butuh waktu untuk beradaptasi dengan kita.

Padahal sebenarnya, saat kita menikahi seseorang, kita juga akan sekaligus “menikahi” keluarganya, ini bersifat mutlak. Hal ini disebabkan karena bagaimana pun sifat mertua kita, mereka tetaplah orang tua dari pasangan kita dan sekarang menjadi orang tua kita juga.

Sebagai seorang menantu, tidak ada salahnya kita juga berusaha agar lebih dekat dengan mertua. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, frekuensi kita bisa bertemu dengan mertua pun menjadi berkurang jika tidak tinggal satu rumah. Nah, agar hubungan baik dengan mertua tetap terjaga, yuk disimak 6 tips berikut ini!

1. Punya Pola Pikir Positif Saat Akan Berjumpa dengan Mertua

Punya Pola Pikir Positif Saat Akan Berjumpa dengan Mertua
Positive Thinking

Saat kita berencana untuk berjumpa dengan mertua, ciptakan terlebih dahulu aura positif ke dalam pola pikir kita. Misalkan saja dengan selalu tersenyum selama perjalanan atau bisa juga dengan memikirkan obrolan apa saja yang akan dibicarakan dengan mertua.

Setelah itu, ketika bertemu dengannya, tersenyumlah. Sapalah ia dengan sopan dan santun guna menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang. Dengan adanya aura positif tersebut, biasanya hati dan pikiran kita akan terasa lebih tenang.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Menghilangkan Berpikir Negatif

Hal ini kemudian bisa membuat kita lebih dekat dengan mertua dan tidak mudah tersinggung kalau-kalau mertua tidak sengaja melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

2. Berusaha Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua dengan Cara Memberi Perhatian

Punya Pola Pikir Positif Saat Akan Berjumpa dengan Mertua

Sama seperti manusia pada umumnya, mertua juga pasti senang jika diberi perhatian. Bentuk perhatian yang dibutuhkan mertua pastinya berbagai macam dan tidak bisa disamakan. Akan tetapi, beberapa hal umum yang kebanyakan dibutuhkan juga oleh mertua adalah kebutuhan dapur.

Apalagi di masa pandemik Covid-19 seperti saat ini, banyak klaster baru yang bermunculan di pasar, khususnya yang masih bersifat tradisional. Jika kita memenuhi kebutuhan dapur mertua kita, selain agar bisa lebih dekat, kita juga sekaligus menjaga kesehatan mertua dari bahaya lingkungan sekitar saat pandemi Covid-19 seperti saat ini

3. Melakukan Quality Time Bersama

quality time dengan mertua

Selanjutnya, agar kita bisa menjalin hubungan baik dengan mertua, kita bisa melakukan quality time bersamanya. Tidak harus meminta cuti kerja ataupun bepergian keluar rumah, kita bisa melakukan quality time di tengah-tengah kesibukan yang kita jalani sehari-hari.

Misalnya seperti ngobrol bersama tentang seputar kehidupan bagi pasangan yang baru menikah. Di sini kita juga bisa meminta tips untuk menjalani kehidupan rumah tangga dengan baik agar tidak salah jalan. Kita tidak perlu khawatir terkait wawasan baru yang diberikan mertua kita itu benar atau tidak.

Sebab, mertua kita sudah merasakan jatuh bangunnya rumah tangga semasa mereka baru menikah dahulu. Bahkan, kita juga bisa tanya-tanya seputar masalah dan cobaan yang cepat atau lambat pasti akan datang menghampiri dan bagaimana cara agar bisa mengatasinya.

4. Jangan Perhitungan dengan Mertua

Jangan Perhitungan dengan Mertua

Hampir semua mertua pasti menyukai menantu yang loyal padanya. Oleh karena itu, kita sebagai menantu harus selalu bersikap patuh dan tidak perhitungan pada mertua. Hal ini berlaku untuk menantu yang tinggal serumah ataupun beda rumah dengan mertuanya.

Jika kita tidak tinggal serumah dengan mertua, maka kita bisa menunjukkan sikap loyal dengan cara sering berkunjung ke rumahnya dan tidak lupa untuk membawa bingkisan untuk mertua. Sebaiknya juga berikan beberapa bahan pokok yang pastinya dibutuhkan oleh mertua kita.

5. Anggap Mertua Seperti Orang Tua Sendiri

Anggap Mertua Seperti Orang Tua Sendiri

Setelah resmi menjadi pasangan suami istri, mertua kita akan menempati kedudukan yang sama dengan orang tua kita. Oleh karena itu, berikan rasa cinta dan kasih sayang pada mertua sama seperti saat kita memberikannya pada orang tua.

Misalkan seperti saat mertua sedang sakit, siapkan obat dan kunjungi mereka dengan membawa beberapa makanan sehat dan bergizi agar mereka merasa diperhatikan. Hal ini juga bisa membuat mereka segera beradaptasi dan menganggap bahwa kita merupakan keluarga mereka.

Alih-alih seperti orang lain yang tak peduli, justru kita sebagai menantu ternyata sangat peduli padanya. Bukan hanya saat mereka sedang sakit saja, tetapi di situasi dan kondisi lain saat mertua sedang membutuhkan bantuan, kita sebagai menantu juga harus siap siaga untuk membantunya.

6. Bersikap Sopan dan Hargai Segala Hal yang Dilakukan Mertua

Mertua Seperti Orang Tua Sendiri

Sebagai “anggota baru” dalam keluarga pasangan kita, kita sebaiknya harus bersikap sopan di hadapan semua orang. Tak menutup kemungkinan mertua kita nantinya pasti akan tetap ikut andil dalam urusan rumah tangga kita nantinya.

Meskipun kita terkesan diganggu privasinya, tetapi kita tidak boleh bersikap kurang ajar pada mertua yang pastinya lebih tua dari kita. Kita sebagai menantu haruslah tetap bersikap santun kepada mereka.

Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan tetap menghargai segala sesuatu baik berupa saran ataupun kritik yang diberikan oleh mertua kita.

Jika mertua memberikan kritikan atau nasihat yang terkesan buruk terhadap kita, sebaiknya tetap ucapkan terima kasih dan berjanji akan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.

Dengan demikian, lama-kelamaan mertua kita akan sadar, bahwa menantunya ini ternyata sangat menghormati dirinya dan tidak pernah membantah atau bahkan sampai mengadu pada anak mereka.

To Top