Family

Ajari Anak Menabung sejak Dini

Menabung merupakan kegiatan yang menyenagkan. Namun, sebagian orang susah untuk melakukannya. Selain menyenangkan, menabung juga memiliki banyak manfaat.Tidak semua orang bisa menabung. Hal tersebut bukan hanya disebabkan oleh kondisi ekonomi saja. Bahkan, ada orang yang berpenghasilan tinggi yang tidak bisa menyisihkan sebagian uangnya. Kondisi itu dipengaruhi oleh banyak hal. Mengapa kita harus menabung? Kapan kita bisa mulai menabung? Untuk membentuk seseorang menjadi pengatur keuangan yang baik, sebaiknya orng tua perlu mengajari anaknya untuk menyisihkan uang sejak dini. Mengajarkan anak menabung sejak dini memiliki banyak sekali manfaat sebagai berikut;

Membentuk Sikap Mandiri

Menabung identik dengan kemandirian. Kenapa demikian? Hal utama yang didapatkan dari menabung adalah hasilnya. Anak bisa menggunakan hasil dari ushanya menabung tersebut untuk membeli barang yang ia inginkan, atau mungkin untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya kelak. Sikap mandiri yang terbentuk lainnya yaitu ketika anak bisa mengatur keuangannya sendriri. Ketika anak menabung dari hasil uang saku yang ia sisihkan, berarti ia mengatur berapa uang yang akan ia gunakan untuk jajan dan sebagian untuk ditabung. Dengan demikian anak mulai terlatih mandiri dalam segi pengaturan keuangan. Hal simpel namun memberikan banyak manfaat.

Membuat Anak Tahu Apa itu Berhemat

Selanjutnya, menabung tidak hanya mengajarkan suatu kemandirian akan tetapi juga membuat anak mengetahui apa itu berhemat. Hasil dari menyisihkan uang tersebut juga sebuah pengorbanan untuk berhemat. Anak bisa belajar menahan diri untuk tidak menghabiskan uang sakunya agar ia bisa menyisihkan uangnya untuk ditabung. Mereka akan paham arti hemat dan manfaat dari berhemat tersebut.

Melatih Anak untuk Tekun dalam Berusaha

Nah, menabung juga memuat anak tekun dalam berusaha. Jika anak menginginkan sesuatu dan orangtua menganjurkan anak menabung untuk membeli barang yang ia inginkan sama juga melatih kemandirian dan ketekunan anak. Membeli barang dari hasil tabungan akan membuat anak begitu sayang dengan barang tersebut, sehingga mereka juga akan merawat barang yang ia beli dari hasil tabungannya.

Anak Bisa Mewujudkan Keinginannya

Hasil menabung adalah manfaat utama dari menabung. Inilah yang akan membuat anak semakin semangat untuk terus menyisihkan sebagian uangnya. Mereka tahu apa yang mereka lakukan akan membuahkan hasil, seperti mewujudkan keinginannya untuk membeli sesuatu misalnya sepatu. Dengan demikian, anak akan terbiasa menabung agar apa yang ia inginkan bisa terwujudkan.

Mendidik Anak Berempati Terhadap Jerih Payah Orang Tua

Anak yang terbiasa menabung dan membelanjakan uang tabungannya untuk keperluan yang baik merupakan suatu sikap empati terhadap orang tua. Mungkin mereka tidak menyadari bahwa manfaat menabung juga dirasakan oleh orang tuanya. Demi membeli memenuhi keinginan dan tak ingin orang tua kerepotan, kemudian seorang anak menyisihkan uang sakunya termasuk suatu sikap empati. Anak yang beranjak remaja hingga dewasa biasanya memiliki suatu sikap empati tersebut. Mereka sudah bisa mengetahui bahwa mencari uang itu susah dan banyak pengorbanan, sehingga mereka juga tidak menggunakan uang dengan seenaknya.

Masih banyak manfaat yang dihasilkan dari menabung. Bukan hanya anak kecil saja yang bisa menabung namun orang dewasa juga bisa. Seharusnya orang tua atau orang dewasa juga bisa membiasakan diri untuk menyisihkan uang, karena kebutuhan mereka lebih banyak. Apalagi jika ada keperluan yang mendadak. Nah, itulah beberapa manfaat positif dari menabung. Jangan lupa menasehati bahwa menabung bukan berarti pelit. Menabung lebih bertujuan untuk menyiapkan diri dari segi ekonomi untuk keperluan tertentu. Keep Saving!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top