Family

Anak Asia Lebih Unggul? Benarkah?

Parenting ala Asia

Di Amerika anak-anak Asia atau keturunan Asia distereotyping sebagai kutu buku dan anak pintar. Tidak hanya itu anak Asia lebih unggul di Amerika dan juga terkenal sebagai tipe yang peduli akan pencapaian sehingga tidak heran ketika Olimpiade Matematika Dunia yang diadakan di Thailand tahun 2015 yang lalu Amerika berhasil menyabet gelar juara untuk pertama kalinya sejak tahun 1994, hanya saja yang menjadi perhatian adalah 60% dari pelajar yang mengikuti kompetisi tersebut justru merupakan keturunan Asia.

Apa yang Membuat Anak Asia Lebih Unggul?

Hal ini mulai menjadi seperti momok untuk orang Amerika mengapa justru anak Asia yang notabene adalah imigran justru bisa melampaui anak-anak Amerika asli. Hal ini dalam jangka pendek mungkin memiliki kontribusi yang positif terhadap Amerika tapi tidak dalam jangka panjang. Orang Amerika mulai bertanya-tanya mengapa anak Asia cenderung menjadi ‘achiever’ sementara anak Amerika lebih suka dengan label ’kebebasan’ mereka.

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa alasan mengapa anak-anak Asia lebih unggul dalam masalah pencapaian adalah karena adanya pengaruh dari cara mendidik para orang tua dan berikut adalah tiga kunci utama yang dilakukan oleh orang tua keturunan Asia dalam mendidik anak-anak mereka:

Disiplin

Semua orang tahu bahwa orang Asia terkenal dengan kedisiplinan mereka walaupun tidak semua tentu saja, namun yang paling dikenal adalah kedisiplinan orang Jepang. Dari mereka kita bisa belajar bahwa disiplin itu penting dan anak-anak Asia lebih cenderung menurut dengan orang tua mereka. Menurut dalam arti menghormati dan mau melakukan segala yang diperintahkan oleh orang tua mereka. Hal ini sangat berbeda dengan kebanyakan orang Amerika mendidik anak mereka dimana kebebasan berpendapat cenderung membuat anak kurang menghargai orang tua. Menerapkan disiplin kepada anak tidaklah sulit asalkan disiplin sudah menjadi kebiasaan orang tua maka anak akan otomatis mengikuti.

Terbuka

Orang tua bukanlah malaikat dan orang tua juga memiliki kekurangan. Keterbukaan sangat penting antara orang tua dan anak sesuatu yang saat ini sulit diterapkan pada anak yang didik ala Amerika dimana anak memiliki hak penuh untuk memutuskan dan orang tua juga cenderung tidak terlalu perduli. Orang Asia cenderung menekankan adanya saling percaya antara orang tua dan anak sehingga komunikasi terus terjalin dan keterbukaan juga tidak dilakukan searah namun dua arah, jika orang tua tidak mampu, tidak segan orang tua juga meminta pendapat dan bantuan dari anak.

Ibu yang Selalu Mendampingi

Saat ini seorang ibu yang bekerja sangatlah banyak namun tetap saja seorang ibu pasti akan mencari waktu untuk mendampingi anak-anak mereka. Ini jugalah yang menjadi kunci kesuksesan anak Asia karena selalu ada seorang ibu yang mendampingi mereka. Di Jepang, kebanyakan ibu memilih untuk tidak bekerja dan mendampingi anak mereka setiap saat dan mengajak mereka melakukan aktifitas sehari-hari bersama-sama. Dari sanalah anak-anak Jepang belajar tentang kedisplinan sejak kecil yaitu dari langsung dari keseharian aktifitas ibu mereka.

Ibu Selalu Mendampingi

Sebagai orang Asia tentu saja hal tersebut bukanlah hal baru namun memang ketika bicara teori selalu mudah tapi tidak ketika penerapannya. Hanya saja sebagai orang tua tentu saja kita harus melakukan yang terbaik untuk sang buah hati. Orang Amerika saja mau mulai belajar tips mendidik anak ala orang Asia mengapa kita yang orang Asia tidak melakukan hal yang sama? Happy Parenting!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top