Family

Cara Efektif Atasi Bayi Sering Terjaga di Malam Hari

Waktu tidur bagi bayi sangatlah penting karena pada masa itulah pertumbuhannya terpacu. Ketika bayi masih berumur kurang dari 1 bulan, seorang ibu pasti tak terlalu kewalahan karena sepertinya sang bayi mungil cenderung menghabiskan waktunya untuk tidur, namun semakin bertambahnya usia bayi makin semakin berkurang juga waktu tidur yang dibutuhkan. Disinilah masalah dimulai dimana waktu tidur mulai tidak teratur, tidur di pagi atau siang hari kemudian bayi sering terjaga di malam hari. Kondisi ini selain tak baik untuk bayi juga dapat meningkatkan kadar stress orang tua, terutama orang tua pekerja. Setelah lelah bekerja sepanjang hari masih harus ikut bergadang dengan sang buah hati di malam hari.

Penyebab Bayi Sering Terjaga di Malam Hari

Perlu diketahui bahwa penyebab bayi sering terjaga di malam hari bukan hanya dikarenakan pola tidur bayi yang salah, tapi ternyata juga terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi.

  • Ketika bayi cukup tidur di siang hari maka bayi juga memiliki banyak energi di malam hari.
  • Waktu tidur bayi yang nanggung, dimana bayi sering tertidur di sore hari dan terbangun di awal malam sehingga bayi menjadi lebih aktif di malam hari karena baru saja terbangun dari tidur.
  • Tak jarang juga bayi ingin menghabiskan waktu bersama orang tuanya yang jarang di rumah ketika pagi atau siang hari, sehingga bayi terlalu senang melihat kedua orang tuanya di malam hari sampai-sampai tak ingin tidur.

Cara Efektif Mengatasi Bayi yang Sering Terjaga di Malam Hari

Kondisi ini tak boleh dibiarkan terlalu lama, harus segera dicarikan solusinya. Hal ini dikarenakan bayi harus memiliki cukup waktu tidur dengan suasanya yang tenang agar pertumbuhannya maksimal dan malam hari adalah waktu yang paling baik untuk bayi beristirahat. Orang tuapun sangat memerlukan waktu tersebut untuk istirahat agar dapat beraktifitas sebagaimana mestinya.

  1. Jangan Biarkan Bayi Tidur Terus Menerus

Ketika bayi tidur di siang hari maka waktu itu justru digunakan oleh sang ibu untuk berberes-beres rumah dan akhirnya lupa untuk membangunkan bayi. Bayi yang tidur terus bukan berarti dia kenyang. Bayi harus dibangunkan setidaknya dua jam sampai satu jam sekali untuk disusui. Hal ini juga dapat membuat bayi tidur lebih lama di malam hari karena waktu tidur di pagi dan siang harinya banyak digunakan untuk menyusui.

  1. Ajak Bayi Beraktifitas di Siang Hari

. Pada siang hari, ajak bayi beraktifitas, bermain atau sekederan digendong untuk ikut sang ibu beraktiftas seperti memasak atau melakukan hal-hal lain di rumah. Tapi jangan mengajak bayi beraktifitas terlalu berlebihan di siang hari, ketika bayi terlalu lelah di siang hari, juga dapat membuat bayi stress dan rewel di malam hari.

  1. Buatlah Jadwal Yang Membedakan Siang dan Malam

Mulailah perkenalkan pada bayi perbedaan antara siang dan malam. Ketika bayi bangun di pagi hari, ajak dia keluar dari kamar dan melakukan aktifitas seperti bermain dan lain sebagainya. Ketika waktu malam hari tiba, ajak bayi untuk masuk ke dalam kamar bacakan dia dongeng-dongeng, walaupun bayi belum mengerti tapi kebiasaan baik ini harus dimulai sejak dini. Redupkan lampu dan perkenalkan bayi bahwa ketika hari gelap saatnya untuk tidur. Maka bayi lama-lama akan dapat membedakan kapan waktu bermain dan kapan waktu untuk tidur.

Walaupun tiga cara di atas sudah terbukti cukup efektif tapi bukan berarti mudah untuk dilakukan. Kuncinya, kedua orang tua harus kompak dan konsisten. Hari pertama dan kedua memang yang terberat tapi biasanya setelah satu minggu bayi mulai paham konsep siang dan malam sehingga masalah seperti bayi sering terjaga di malam hari dapat diatasi dengan efektif.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top