Family

Bingung Ketika Bayi Menangis? Praktekkan Hal Berikut

Bingung Ketika Bayi Menangis? Praktekkan Hal Berikut

Suatu anugerah ketika pasangan suami istri memiliki momongan. Kehadiran seorang bayi tidak hanya dinantikan oleh penganti baru saja. Namun, pihak keluarga baik orang tua maupun mertua juga mengharapkan kehadiran cucu. Suasana rumah akan terasa berbeda jika seorang bayi lahir. Pasangan pengantin baru juga menantikan bagaimana kesibukan mengurus bayi.

Jika seorang bayi lahir, tangis akan menjadi hal yang biasa untuk setiap harinya. Bagi pasangan pengantin baru, mungkin belum banyak mengetahui dalam hal ini. Bisa saja mereka dibantu oleh orang tua maupun mertua untuk mengurus bayi. Sebenarnya, untuk menghentikan tangis bayi sangat simpel. Lakukan hal-hal sederhana ini;

  1. Mengayun-ayun Bayi Secara Perlahan

Ketika bayi menangis, segeralah menggendongnya. Jika memang tidak sedang haus atau ngompol, maka Anda harus melakukan hal lain. Salah satunya yaitu dengan menggendong dan mengayun-ayun bayi secara perlahan. Mengayun bayi dipercaya dapat menenangkan bayi. Apabila bayi menangis semakin kencang, maka Anda juga harus mengayunnya sedikit kencang.

  1. Membuat suara “Ssshhh” Berulang dan Tidak Terlalu Keras

Suara “sshhh” memang dilakukan oleh kebanyakan ibu-ibu secara turun- menurun. Suara sederhana tersebut bisa menenangkan dan membuat bayi nyaman. Bahkan, bayi bisa tertidur ketika Anda mengucapkannya secara berulang dan perlahan. Lakukan hal tersebut ketika menggendongnya dan menimangnya agar tangis bayi mereda.

  1. Sentuhan Lembut

Selain puk-puk pada pantat bayi, sentuhan lembut juga bisa Anda lakukan untuk menenangkan tangis bayi. Sentuhan lembut pada kepala, kening bahkan punggung anak sangat membantu Anda untuk menghentikan tangis bayi. Praktekkan tips sederhana ini ketika anak menangis bukan karena haus ataupun ngompol. Anda juga harus memperhatikan suhu udara atau hal lain yang menyebabkan bayi menangis.

  1. Membuat Lelucon atau Menjadi Badut

Terakhir, jika Anda seorang Ayah dan kebingungan ketika mendengar bati menangis. Anda bisa membuat lelucon seperti cilukba atau main badut-badutan dsb. Tangis bayi akan berubah menjadi tawa jika apa yang Anda lakukan mampu menghibur. Semisal bersembunyi dibalik kain kemudian mengagetkannya.

Sedikit tips di atas semoga bisa membantu Anda dalam menenangkan bayi yang menangis. Sekali lagi, Anda juga harus memperhatikan hal lain yang membuat bayi menangis semisal haus, ngompol, kegerahan, digigit semut, dsb. Menjadi orang tua harus extra bersabar dan perhatian. Apalagi ketika mengurus bayi. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top