Family

5 Rekomendasi Board Game Seru untuk Seluruh Keluarga

Mungkin anak-anak jaman now sudah tak lagi familiar dengan istilah board game dan kalaupun mereka pernah mendengar tapi justru dari aplikasi-aplikasi game yang tersebar di Play Store secara gratis. Jika berbicara soal anak jaman now versi anak jaman wow mungkin ada benarnya juga bahwa anak jaman sekarang sama sekali berbeda dengan anak-anak jaman dulu dan salah satunya adalah dari pilihan permainan mereka.

Komunitas Pencita Boardgame.id

Boardgame.id merupakan salah satu komunitas pecinta board game yang sampai saat ini giat untuk memperkenalkan kembali keasikan bermain board game. Jika kemarin Anda berkunjung ke Indonesia Comic Con 2017 yang diadakan di Jakarta Convention Center tentunya Anda tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi booth milik Boardgame.id dimana Anda bisa mencoba berbagai macam jenis board game yang mereka tawarkan.

Board Game Seru untuk Seluruh Keluarga

Well, jika Anda juga ingin kembali memperkenalkan keseruan masa kecil Anda ketika bermain board game dengan anak-anak Anda saat ini tidak ada salahnya memperkenalkan beberapa jenis board game seru untuk seluruh keluarga karena memang dibandingkan dengan permainan berbasis aplikasi, board game tak hanya seru tapi memberikan kedekatan emosional kepada para pemainnya karena harus dimainkan secara face to face. Berikut adalah beberapa rekomendasi board game seru yang bisa Anda mainkan bersama keluarga.

  1. Monopoli

Monopoli merupakan salah satu permainan klasik masyarakat Indonesia dan seru dimainkan bersama-sama keluarga. Walaupun sekarang ada versi aplikasinya namun tetap saja permainan ini paling seru jika dimainkan secara langsung. Adapun manfaat dari permainan ini untuk anak adalah anak menjadi mengenal cara menghitung uang, sistem jual beli bahkan mengenal sistem investasi. Selain itu monopoly juga mengajarkan anak tentang nama-nama tempat, kota ataupun negara.

  1. Ular Tangga

Ular tangga bisa dibilang permainan yang seru tanpa perlu banyak berfikir dan mutlak sebuah keberuntungan ketika dadu dilempar. Namun sebagai salah satu permainan yang mudah dimainkan, ular tangga juga dapat mengajarkan kepada anak tentang bagaimana bersikap ketika menerima kekalahan dan bagaimana ketika mengalami kemenangan. Jika anak Anda baru belajar berhitung, mendapat tugas menghitung dadu juga bisa menjadi mengasikan bagi mereka.

 

  1. Conglak

Conglak adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang tidak seharusnya punah. Permainan ini sangat seru dimainkan bersama keluarga walaupun permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang dalam satu babak. Tapi bisa dimainkan secara bergiliran.

  1. Scrabbles

Jika Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang Anda ajarkan kepada anak maka Scrabbles adalah salah satu board game  yang wajib Anda miliki, selain mengajarkan cara berkompetisi secara sportif, scrabbles juga mengajarkan kata-kata dalam bahasa Inggris sehingga mereka termotivasi untuk mencari kata-kata baru supaya tidak kalah dalam permainan. Ditambah lagi mereka juga harus belajar menghitung kemenangan mereka sendiri.

  1. Uno

Satu lagi jenis permainan yang seru untuk dimainkan beramai-ramai yaitu Uno. Uno bukan termasuk board game tapi termasuk dalam card game namun sepertinya tidak lengkap jika membahas permainan untuk keluarga tapi tidak membahas Uno. Yang unik dari game ini adalah ketika kartu tinggal satu pemiliknya wajib berteriak Uno kalau tidak dia akan tetap dianggap kalah. Permainan ini memang agak kompleks untuk anak-anak tapi jika sudah paham, anak bisa belajar tentang mencocokkan bentuk, warna dan angka sekaligus.

Nah, sekarang tunggu apa lagi coba perkenalkan aneka board game seru kepada seluruh keluarga Anda dan jadikan akhir pekan ini hari yang seru untuk dihabiskan di rumah bersama keluarga bahkan bebas tanpa gadget.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top