Family

Dampak OrangTua Banyak Menuntut Kepada Anak

Dampak Orang Tua Banyak Menuntut Kepada Anak

Maksud menuntut di sini adalah memaksa anak untuk dapat melakukan sesuatu yang diinginkan orangtua tanpa melihat bakat, minat, dan kemampuan anak tersebut.

Selain itu orangtua juga tidak memberikan dukungan dan bimbingan terhadap apa yang dituntutkannya tersebut kepada anak.

Kita ambil contoh dari pertanyaan pak Iwan, misalnya, orangtua menuntut anak supaya ia lebih giat belajar sehingga ia dapat ranking I di kelas atau di sekolahnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Manja

Padahal orangtua tersebut tidak pernah membimbing anaknya belajar, tidak pernah ikut membantu anak belajar menyelesaikan pekerjaan rumahnya, tidak membimbing anak dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian, tidak mengantarkan anak untuk ikut serta dalam program bimbingan belajar dan bahkan orangtua tidak pernah mau tahu bagaimana kondisi anak tersebut di sekolahnya (tidak pernah meluangkan waktu menanyakan tentang anaknya kepada wali kelasnya). Hal seperti inilah yang seringkali terjadi pada para orangtua di lingkungan kita ini.

Perlu kita ketahui, pada dasarnya semua anak lebih suka bermain daripada belajar.

Oleh sebab itu, sebagai orangtua sebaiknya kita tidak hanya menuntut anak supaya ia lebih giat belajar sehingga ia dapat meraih ranking 1 di sekolah. Kita sebagai orangtua juga dituntut supaya dapat lebih fokus dan menyediakan waktu untuk anak.

Orang tua banyak mau

Orangtua sebaiknya turun tangan untuk membimbing dan mengarahkan anak supaya anak semangat dalam belajar. Misalnya, dengan cara membuat suasana rumah menjadi nyaman untuk anak belajar, orangtua membantu anak belajar dan mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Tuntutan orangtua terhadap anak mungkin dapat berdampak postif jika ada kecocokan dengan bakat, minat, dan kemampuan anak tersebut. Tetapi sebaliknya, jika tidak cocok dan orangtua tetap menuntut anak, hal tersebut akan  membebani pengembangan dirinya.

Hal yang lebih buruk mungkin terjadi dari tuntutan orangtua tersebut adalah membuat anak menjadi berontak, melawan orangtua atau bahkan mungkin membuat anak melakukan tindakan nekat yang tidak baik.

Baca Juga : Apa yang dapat dipelajari dari Situs Parenting 

Oleh karena itu, ketika orangtua menginginkan anaknya dapat melakukan sesuatu atau meraih sesuatu sesuai dengan yang diharapkan, orangtua tersebut perlu memperhatikan dan mempertimbangkan kemampuan, minat dan bakat anak tersebut.

Selain itu, orangtua juga perlu memberikan dukungan, bimbingan dan arahan kepada anak dengan cara turun tangan melakukannya atau membantu anak melakukan hal tersebut dengan konsisten, sabar dan ikhlas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top