Family

Hal-Hal yang Membuat Suami Merasa Dihargai

Hal-Hal yang Membuat Suami Merasa Dihargai

Baik suami ataupun istri, memiliki peran dan kewajiban masing-masing dalam berumah tangga dan berkeluarga. Mengikuti budaya di sekitar kita, biasanya istri berkewajiban berperan mengurus rumah dan keluarga, sementara suami pergi bekerja mencari nafkah. Setiap hari melakukan kewajiban, tentu membuat kita ingin dihargai. Jika Anda adalah seorang istri dan ingin membuat suami Anda merasa dihargai, simak artikel berikut. Sebab, kunci sukses rumah tangga adalah adanya rasa saling menghargai peran masing-masing.

Buat Betah di Rumah

Rumah adalah tempat pulang. Sepulang bekerja, rumah adalah tempat paling nyaman untuk beristirahat dari rutinitas pekerjaan yang rentan bermasalah. Berikanlah suasana rumah yang nyaman untuk suamimu. Bayangkan jika, selepas pulang kerja, suamimu membawa lelah di pundaknya, belum lagi jalanan yang macet, namun begitu sampai rumah malah disambut oleh rumah yang berantakan dan anak-anak yang rewel.

Jika ada masalah, pastikan suami beristirahat dulu barulah membahasnya. Jangan mudah marah ketika ia telat pulang, tanyakan lebih dulu apa alasannya pulang telat. Ajari anak-anak Anda untuk tidak merengek ketika suami baru pulang bekerja.

Membuatkan Makanan Kesukaannya

Suami tentu punya makanan favoritnya sendiri. Makanan yang dulu sering dimasakkan oleh ibunya dan sekarang ia merindukan cita rasa khas dari makanan tersebut. Sekalipun Anda tidak bisa memasak, cobalah untuk membuat makanan kesukaan suami. Bukankah banyak resep dari berbagai sumber yang bisa Anda coba? Atau belajarlah memasaknya dari ibu mertua Anda. Dengan mengetahui Anda berusaha memasak makanan kesukaannya saja, suami sudah senang dan merasa diperhatikan.

Menemani Hobinya

Sesekali cobalah meluangkan waktu untuk menemani suami melakukan hobinya. Bersepeda bersama atau menemaninya menonton siaran pertandingan sepak bola favoritnya saat tengah malam. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk ikut menyukai hobinya tersebut, cukup menemaninya saja agar ia senang. Bukankah seru melakukan aktivitas bersama-sama? Momen kebersamaan seperti itu juga bisa Anda manfaatkan untuk berduaan dengan suami.

Berhias Untuknya

Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengurus rumah dan keluarga, jangan sampai membuat Anda lupa merawat diri sendiri. Sediakan me time khusus untuk Anda melakukan perawatan tubuh. Anda bisa mencoba melakukan perawatan sendiri di rumah yang tidak memakan banyak waktu dan biaya. Berhiaslah ketika suami Anda di rumah, bukan ketika akan pergi keluar rumah saja. Tidak perlu menor dan berlebihan, berdandan secukupnya, memakai wewangian dan memakai pakaian yang layak. Pun, sering-seringlah tersenyum. Senyum adalah makeup terbaik wanita, bukan?

Hal yang Membuat Suami Merasa Dihargai

Layani Sebaik Mungkin

Jangan tunggu diminta baru Anda mengambilkan minum saat ia pulang kerja. Peka terhadap apa-apa yang dibutuhkan suami kemudian layanilah kebutuhannya tersebut. Jika bukan Anda, siapa lagi yang akan memperhatikannya? Pun untuk urusan penampilan, pria cenderung kesulitan merawat dirinya sendiri. Berdua melakukan perawatan tubuh saat akhir pekan seperti seru, ya?

Baik Pada Orang-Orang Terdekatnya

Jika Anda tidak menyukai seseorang, misal, anggota keluarganya atau teman suami, maka cukuplah ketidaksukaan itu disimpan di dalam hati. Tetap perlakukan seseorang tersebut dengan baik, apalagi saat ia bertandang ke rumah Anda. Sekalipun Anda merasa perlu mengungkapkan rasa tidak suka Anda, katakan hal itu pada suami secara baik-baik dan berpikiran terbuka. Tidak perlu menunjukkan langsung kepada orang yang Anda tidak sukai itu. Pastikan Anda memberikan alasan logis mengapa Anda tidak menyukai orang tersebut dan bukan berdasarkan keegoisan Anda saja. Dengan memperlakukan orang terdekatnya sebaik mungkin, suami akan merasa dihargai keberadaannya.

Percaya Padanya

Wajar sebagai istri, apabila mempunyai rasa curiga dan cemburu terhadap suami. Jika suami pernah membuat kesalahan, rasa curiga dan cemburu itu mungkin akan bertambah jelas. Namun, jika suami memang ingin berubah, maka hargailah niat baiknya itu dengan mencoba percaya padanya. Jangan memperkeruh suasana dengan curiga dan cemburu tanpa alasan. Jangan mencurigainya berlebihan karena bisa jadi ketidakpercayaan Anda padanya merusak niat baiknya untuk berubah.

Mengucapkan Terima Kasih

Meski Anda cukup mensyukuri segala apa yang telah suami lakukan untuk Anda dan anak-anak, namun, mengucapkan terima kasih tetap perlu dilakukan. Buat suami tahu, bahwa Anda sangat menghargai apa yang telah ia perjuangkan selama ini. Kalau perlu, berilah ia hadiah. Anda bisa menyisihkan sedikit uang demi membelikan sesuatu untuknya. Ajaklah anak-anak ikut berterima kasih pada suami Anda. Dengan begitu, suami akan merasa dihargai kemudian akan lebih semangat melakukan apapun untuk keluarga kecilnya.

Demikian beberapa tips yang bisa kami sarankan untuk Anda agar Anda dapat lebih mudah menghargai peran suami dalam rumah tangga dan keluarga. Seperti pepatah yang mengatakan, jika Anda ingin dihargai maka hargailah orang lain terlebih dahulu, maka tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan tips-tips di atas. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top