Family

Ibu Pintar, Ibu Kreatif

Bisa kita amati, di era modern ini tidak jarang kita lihat orang tua yang menjejali anaknya dengan kecanggihan teknologi. Mengikuti perkembangan memang tidak ada salahnya. Akan tetapi, perlu diperhatikan lagi mengenai manfaat yang akan didapat dengan membiarkan anaknya bermain ponsel dalam waktu yang lama. Sebagian orang tua memang membiarkan anaknya belajar aktif, belajar kreatif dengan cara masing-masing. Namun, jika anak dibiarkan bermain ponsel tanpa pengawasan akan berdampak buruk. Jangan khawatir, banyak hal yang bisa dilakukan ibu pintar untuk mengajari anaknya kreatif. Kenapa ibu? Karena anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama ibunya dibandingkan dengan ayahnya. Ibu bisa mengasah kreativitas dan kecerdasan anak dengan hal sederhana dan ekonomis. Tidak perlu mainan mahal dan ngetrend, namun yang sederhana juga memberikan nilai seni dan kreatif tersendiri. Simak ulasannya sebagai berikut;

Membuat Mainan dari Barang Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas – Botol Plastik Bekas

Ibu pintar bisa memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai di sekitar kita. Misalnya, botol bekas, kaling bekas, kardus, tutup botol, sedotan dsb. Membuat kreasi dari barang bekas dari kardus bisa dijadikan pigura untuk menaruh foto, memanfaatkan botol untuk tempat pensil atau vas bunga atau mungkin membuat mobil-mobilan dari kardus dan menggunakan tutup botol sebagai ban. Selain itu, masih banyak lagi mainan atau kreasi yang bisa dihasilkan dari barang yang tidak terpakai. Hal tersebut sesuai dengan daya kreativitas ibunya.

Berkreasi dengan Kain Flanel

kreasi flanel- blogspot

Jika ibu kesulitan mengkreasikan barang bekas, ibu juga bisa menggunakan kain flanel sebagai media mengasah kreativitas anak. Kain flanel bisa ibu dapatkan di toko pernak pernik kerajinan tangan. Media kain flanel, bisa menghasilkan banyak sekali benda seni seperti, kotak pensil, tempat tisu, boneka, Bungan dsb. Hal tersebut mengajarkan kreativitas untuk menghasilkan benda yang fungsional.

Belajar Bentuk Menggunakan Malam Pet

Kreasi Malam Pet

Selain media kain, ibu juga bisa mengajarkan kreativitas dengan malam pet. Benda tersebut memiliki banyak warna dan memiliki tekstur yang lentur dan kenyal. Dengan malam pet anak bisa belajar membuat sesuatu misalnya bunga, boneka ataupun benda lain yang anak senangi dengan membentuknya. Anak juga bisa belajar warna dari benda tersebut.

Seni Lipat Kertas menjadi Mainan Menarik

origami seni melipat kertas jepang

Jika ibu pandai dalam seni melipat kertas, hal tersebut bisa menjadi pilihan untuk bermain dengan anak. Hanya menggunakan kertas tidak terpakai ataupun origami, anak bisa belajar kreatif dan bersenang-senang. Anak bisa membuat burung bangau, pesawat terbang, kapal, lobster, bunga, gajas dsb. dari kertas. Selain itu, ibu juga bisa mengajari anak membuat laying-layang dengan bahan kertas. Cukup menarik bukan!

Ulasan di atas bukan hanya mengasah kreativitas pada anak, akan tetapi nilai ekonomis bisa menguntungkan para ibu untuk mengatur pengeluaran. Ibu yang pintar tidak harus menyuguhkan hal-hal modern sesuai dengan trend, akan tetapi mengasah kreativitas dengan hal-hal yang sederhana dan bermanfaat juga bisa menjadi pilihan. Ajarkan hal-hal modern, seperti kecanggihan teknologi sesuai dengan porsinya. Perhatian dan pengawasan sangat penting supaya perkembangan anak bisa maksimal. Selain itu, memberikan makanan yang bergizi untuk anak juga menjadi penunjang dalam perkembangan anak. Mejadi seoarang ibu adalah suatu kebahagiaan apalagi bisa mendidik anaknya dengan baik, hal tersebut menjadi nilai plus untuk ibu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top