Family

Ide Habiskan Liburan Natal dan Tahun Baru di Rumah

Liburan Natal sudah hampir tiba dan biasanya anak-anak mulai bersemangat untuk menghabiskan liburan mereka jauh dari PR atau urusan sekolah lainnya. Kebanyakan anak-anak jaman sekarang akan berfikir bahwa mereka akan memiliki banyak waktu untuk bermain game, browsing di Youtube ataupun kegiatan yang berhubungan dengan gadget lainnya, kecuali jika orang tua membawa mereka jalan-jalan. Well, sebenarnya ada beberapa ide seru yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak untuk menghabiskan liburan Natal dan tahun baru tanpa gadget dan tanpa jalan-jalan.

  1. Berkebun

Berkebun tak hanya dapat mengajarkan hal-hal baru kepada anak tapi juga mengajarkan hal-hal yang benar-benar berbeda. Selama berkebun jangan pernah takut kotor tapi justru sebaliknya manfaatkan saat itu untuk berkotor-kotor ria dan biarkan anak-anak menanam pohon mereka sendiri dan bertanggung jawab merawatnya. Mereka akan takjub dan belajar untuk benar-benar menghargai alam jika mereka tahu bahwa buah dan sayuran yang tersedia di atas meja tidak serta merta tersedia begitu saja.

  1. Mengecat Ulang Rumah

Mungkin beberapa orang menganggap bahwa Anda adalah orang tua yang kejam karena memanfaatkan anak-anak Anda untuk mengerjakan pekerjaan berat. Well, sebenarnya mengecat ulang rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus mengasah kreatifitas anak-anak Anda. Berapa banyak orang tua yang mengeluh bahwa dinding mereka selalu kotor oleh coretan anak-anak, nah saatnya bagi Anda untuk memberikan kesempatan pada anak melakukan segala hal yang mereka inginkan dengan dinding rumah. Mencampur aneka cat untuk menghasilkan warna-warna baru juga dapat merangsang kreatifitas anak. Walaupun pada akhirnya mungkin Anda perlu untuk membayar painter professional untuk melakukannya.

  1. Mendekorasi Ulang Rumah

Ajak anak-anak Anda untuk berbelanja aneka dekorasi rumah dan biarkan mereka memilih barang-barang yang nantinya akan menjadi bagian dari dekorasi rumah. Anda mungkin akan terkejut ketika menemukan barang-barang unik apa saja yang dimasukkan ke dalam keranjang belanja Anda.

  1. Berkemah Sambil Mengenal Lingkungan Sekitar

Liburan tidak perlu jauh-jauh tapi bisa juga dilakukan di halaman belakang rumah dengan membuat kemah. Dengan catatan cuaca cukup cerah untuk bisa melihat bintang atau bulan di malam hari. Acara berkemah bisa ditambah dengan acara bakar-bakar jagung, sosis ataupun bakso yang bisa menjadi sangat seru apalagi jika jagung, sosis atau bakso adalah makanan favorit anak-anak Anda.

  1. Memasak atau Membuat Kue Bersama

Setiap ibu pasti menganggap bahwa dapur adalah tempat yang sakral dan biasanya mereka tidak suka melihat dapur dikotori. Jika Anda adalah seorang ibu seperti itu cobalah sedikit lebih longgar kali ini dan ajak anak-anak Anda untuk memasak atau membuat kue bersama di dapur Anda yang berharga. Ajari mereka bahwa proses memasak atau membuat kue itu tidak mudah. Selain mereka juga bisa bersenang-senang, mereka juga menjadi  tahu bahwa sangat tidak mudah untuk menjadi seorang ibu, dengan begitu mereka akan lebih menghargai usaha Anda ketika memasak untuk mereka, jadi tidak ada lagi deh acara maksa-maksa untuk menghabiskan makanan karena mereka sudah mengalaminya sendiri bahwa tidak mudah memasak dan menyediakan makanan untuk keluarga setiap hari.

Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah saat liburan dan tidak perlu bepergian. Jika Anda suka bermain board game coba perkenalkan beberapa jenis board game yang bisa dimainkan bersama keluarga keluarga seperti Monopoli, ular tangga dan masih banyak lagi. Selama berlibur!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top