Family

Ide Kegiatan Selama Liburan Puasa untuk Anak

Tidak mudah memang mengajarkan puasa kepada anak-anak apalagi ketika sudah memasuki liburan sekolah. Sebenarnya ketika di sekolah anak-anak justru semakin termotivasi untuk berpuasa karena selain banyak kegiatan yang mereka lakukan di sekolah sehingga waktu berlalu begitu saja, mereka juga akan gengsi dan malu ketika teman-temannya yang lain berpuasa sementara dia tidak. Yang menjadi tantangan sesungguhnya adalah ketika sudah memasuki musim liburan menjelang Idul Fitri dimana anak-anak akan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan orang tua harus cukup kreatif untuk membuat anak tetap memiliki aktifitas tapi tetap tidak mengganggu kegiatan puasa mereka mengingat anak-anak lebih cepat rewel ketika merasa haus atau lapar dan tugas orang tualah untuk mengalihkan perhatian mereka dari kedua hal tersebut dan berikut adalah beberapa ide kegiatan selama liburan puasa untuk anak-anak.

  1. Berkunjung ke Perpustakaan

Kebiasaan membaca memang harus sudah diperkenalkan kepada anak sedini mungkin. Ajak anak sesering mungkin ke perpustakaan untuk membaca buku dan jika sudah terbiasa, kegiatan ini bisa Anda masukkan ke dalam daftar kegiatan selama liburan Ramadan. Sambil menunggu waktu berbuka, ajak anak ke perpustakaan untuk membaca buku bersama-sama.

  1. Mengajak Anak Melakukan Kegiatan Sosial

Tidak perlu muluk-muluk tapi setidaknya Anda sudah mengajarkan kepada anak tentang pentingnya berbagi. Jika tidak sanggup memberi makan para saudara yang membutuhkan, cukup dengan menyiapkan minuman berbuka di masjid atau surau dekat rumah sudah cukup.

  1. Membuat Kue atau Menyiapkan Menu Berbuka Bersama-sama

Jika tidak punya rencana kemana-mana Anda bisa juga mengajak anak Anda untuk membuat kue atau menyiapkan menu berbuka bersama-sama. Biarkan anak memilih menu untuk berbuka dan kemudian bersama-sama membuatnya.

  1. Menonton Film

Menonton film bisa dilakukan di rumah ataupun di bioskop, tergantung kondisi juga. Menonton film bisa menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengalihkan perhatian anak-anak, apalagi jika itu adalah film favorit mereka, tak terasa waktu dua jam berlalu begitu saja tanpa mereka sadari.

  1. Ajak Anak Mengikuti Kegiatan TPA

TPA atau Taman Pendidikan Al-Quran bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan untuk anak-anak pada liburan sekolah sambil menunggu waktu berbuka. Di TPA, anak-anak Anda akan bertemu dengan teman-teman sebayanya jadi mereka bisa belajar Al Quran sambil bermain sehingga tidak terasa waktu pun berlalu.

  1. Mengikuti Pesantren Kilat

Pada bulan Ramadan biasanya banyak sekolah mengadakan pesantren kilat tapi ketika liburan tiba, coba cari tahu tentang kegiatan pesantren kilat di lingkungan Anda, entah itu di masjid atau di surau. Di Pesantren Kilat anak-anak tak hanya belajar tentang agama tapi juga bertemu dengan teman-teman sebaya mereka. Ilmu agama dapat, pahala dapat dan anak Anda pun bisa mendapatkan teman baru.

  1. Bersepeda Santai Menjelang Berbuka Puasa

Dari pada duduk melangu tanpa melakukan apapun sambil menunggu waktu berbuka, coba ajak anak Anda bersepeda santai keliling komplek rumah sambil menunggu waktu berbuka puasa. Tidak perlu lama-lama sehingga tidak akan menyebabkan haus, tapi coba paskan waktunya sehingga ketika sampai rumah, tak lama waktu berbukapun tiba.

Tujuh kegiatan di atas biasa Anda terapkan kepada anak Anda karena musim liburan sekolah dan menyambut Idul Fitri sudah hampir tiba. Tidak mudah memang mengajak Anda melakukan kegiatan selama bulan Ramadan, apalagi ketika mereka sedang berpuasa, tapi tentunya sebagai orang tua Anda juga harus mengajarkan bahwa bahkan saat berpuasapun mereka tidak boleh malas dan tetap bersemangat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top