Family

Ingin Anak Berhasil? Orang Tua Wajib Tahu 6 Ciri Berikut

Ingin Anak Berhasil?

Pada umumnya, kebanyakan orang tua saat telah mempunyai anak pasti hanya mengharapkan satu hal utama. Hal tersebut tidak lain yaitu agar bisa melihat anak berhasil di masa depan kelak. Saat telah menjadi orang tua, kesuksesan dan kebahagiaan anak tentu saja menjadi tujuan utama. Bahkan, terkadang hal seperti ini biasanya sudah disiapkan orang tua sejak mereka baru akan mempunyai anak.

Kebanyakan dari mereka biasanya sudah sadar dan menyiapkan segalanya sejak awal. Persiapan yang mereka lakukan yakni dengan meminta saran dan mencari tahu cara yang tepat dalam membesarkan seorang anak. Para ahli menuturkan bahwa keberhasilan seorang anak tergantung dari cara orang tua mereka mendidik mereka. Orang tua yang mampu membimbing anak mereka dengan baik pasti akan membuat anak mereka menjadi individu yang baik ketika dewasa kelak.

Seorang psikoterapis sekaligus penulis buku berjudul “How to Be a Couple and Still Be Free” pun ikut berspekulasi tentang hal ini. Tina B. Tessina, Ph.D menyadari bahwa memang tidak ada satu pun kriteria yang pas untuk mewujudkan hal tersebut. Tetapi, tentu saja terdapat beberapa ciri yang sebaiknya dimiliki orang tua agar kelak anaknya sukses. Oleh karena itu, yuk ketahui 6 ciri orang tua yang harus dimiliki orang tua agar kelak anaknya berhasil.

Agar Anak Berhasil, Orang Tua Wajib Mengajarkan tentang Komitmen

Komitmen sangat penting sebagai ajaran awal dalam kehidupan anak.
Komitmen sangat penting sebagai ajaran awal dalam kehidupan anak.

Meskipun anak kita masih kecil, tetapi dalam hal mengajarkan komitmen ke anak kita itu merupakan salah satu hal yang krusial. Seorang psikoterapis keluarga dan penulis buku berjudul “The Self-Aware Parent” juga menyebutkan khusus akan hal ini. Dr Fran Walfish mengungkapkan bahwasanya memberikan ilmu pengetahuan ke anak-anak tentang sesuatu yang berkesinambungan itu sangat penting.

Nah, dalam hal ini salah satu pedoman hidup yang perlu dimiliki dan disiapkan oleh anak sejak kecil salah satunya yaitu komitmen. Dengan mempunyai komitmen, seorang anak akan merasa wajib untuk melakukan sesuatu yang telah mereka buat sebelumnya.

Sebagai Orang Tua Sebaiknya Berilah Contoh yang Baik Pada Anak

Agar anak berhasil, berilah pengajaran terbaik kepada anak.
Berilah pengajaran terbaik kepada anak.

Saat menjadi orang tua, pasti kebanyakan dari kita akan memberikan perhatian lebih khusus ke anak kita. Biasanya, kebanyakan orang tua pasti hanya sekadar “menyuruh” saja tanpa mempraktekkan hal tersebut secara langsung. Sebagai orang tua, pasti kita menginginkan yang terbaik untuk anak kita, tetapi apakah cara seperti itu efektif?

Pada kenyataannya, hanya sekadar memberikan perintah dan larangan untuk melakukan sesuatu pada anak kurang efektif. Berdasarkan riset dari para ahli, kebanyakan anak tidak bisa mempraktekkan apa yang orang tua mereka ucapkan. Akan tetapi, mereka tidak akan pernah gagal untuk meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka.

Kita mungkin selalu berkata pada anak agar makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah. Selain itu, kita juga minta pasti pernah melarang anak untuk terlalu sering bermain gawai atau menonton televise. Namun, apakah cara seperti ini akan didengarkan dan dipraktekkan oleh si anak? Nyatanya cara seperti ini kurang efektif dan cenderung malah tidak digubris oleh anak.

Oleh karena itu, saat kita berperan sebagai orang tua, seharusnya kita tidak hanya memberikan perintah, tetapi lebih dari itu. Kita harus bisa memberi contoh yang baik secara langsung pada mereka. Tidak mungkin pernah ada istilah orang tua tidak ingin anaknya berhasil. Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak mereka.

Tidak Pernah Takut kalau Berbuat Hal yang Kurang Benar

Hampir semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan, tak terkecuali juga orang tua. Akan tetapi, berdasarkan pengalaman, tidak takut untuk berbuat hal yang kurang benar merupakan salah satu ciri orang tua yang kelak anaknya berhasil. Respons dan etika kita saat melakukan suatu kesalahan dan anak melihatnya pasti akan sangat berpengaruh pada mindset mereka.

Namun, perlu diingat juga bahwa kesalahan yang kita lakukan itu tidak boleh dibiarkan saja. Kita harus menunjukkan pada mereka bahwa kita bisa memperbaikinya sebagaimana yang semestinya. Hal ini pastinya bisa menjadi pelajaran hidup yang sangat berharga bagi sang anak. Oleh karena itu, perlu diingat bahwa saat kita merasa melakukan kesalahan, alangkah baiknya kita bertanggung jawab akan hal itu.

Memberikan Pengajaran untuk Menghargai Uang Sejak Usia Dini

Memang, kebanyakan anak pada umumnya pasti menyukai yang namanya hadiah atau hal-hal lain yang berhubungan dengan uang. Nah, kita sebagai orang tua pastinya merasakan bahwa saat itu menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan rasa cinta yang kita miliki pada anak. Padahal, sebenarnya kita tidak harus melakukan hal seperti ini.

Kita sebagai orang tua mereka memang tidak salah kalau ingin memberikan hadiah atau semacamanya agar anak kita merasa senang. Namun, ada kalanya kita pun harusnya bisa menahan diri untuk tidak melakukannya dulu. Daripada membuat mindset anak merasa bahwa untuk mendapatkan sesuatu itu mudah, mereka hanya tinggal memintanya.

Alangkah baiknya kalau kita mengajarkan pada anak untuk menabung terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Awalnya pasti memang tidak mudah karena biasanya anak akan merasa bahwa mereka tidak dipedulikan oleh orang tua mereka. Pada akhirnya mereka akan marah dan cuek dengan kita. Akan tetapi, sebaiknya kita tetap bertahan dan berusaha untuk menasehati mereka. Hal-hal seperti ini pastinya akan bermanfaat dan akhirnya membuat anak jadi bisa belajar untuk lebih menghargai uang.

Tidak Pernah Main-Main Saat Membesarkan Anak

Saat telah menjadi orang tua, kita pastinya akan mengemban tugas baru yang tidak mudah. Sudah menjadi rahasia umum kalau membesarkan dan mendidik anak adalah tugas dan kewajiban orang tua. Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa saat proses itu berlangsung, kita benar-benar harus serius dalam melakukannya.

Hal ini disebabkan karena kita sedang membesarkan seorang anak yang tergolong makhluk hidup. Sedikit saja kita main-main, maka nyawa yang akan menjadi akibatnya. Selain itu, kita juga perlu belajar bagaimana cara memahami sang anak, cara agar bisa menjadi orang tua yang hampir sempurna, dan lain-lain.

Orang Tua Tahu agar Anak Berhasil, Mereka haruslah Memberi Cinta dan Dukungan

Selain lima hal di atas, terdapat juga kunci lain dalam membesarkan anak yang kelak akan berhasil. Kunci tersebut yaitu dengan memberikan mereka banyak cinta, dukungan, dan kasih sayang. Anak kita pastinya akan merasa dihargai saat kita turut merayakan prestasi yang berhasil mereka raih. Nah, pastinya hal ini bisa membantu anak kita dalam prosesnya untuk berjuang meraih impiannya kelak.

To Top