Family

Ini Alasannya Mengapa Bayi Dilarang Minum Air Putih

Kapan Bayi Boleh Meminum Air Putih

Ini Alasannya Mengapa Bayi Dilarang Minum Air Putih. Hal ini berdasarkan pendapat beberapa ahli menyarankan bayi tidak boleh minum air putih. Apalagi, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, tidak membutuhkan air sebab dapat membahayakan si kecil. Mengapa demikian?

ASI merupakan jawaban dari seluruh nutrisi yang dibutuhkan bayi. ASI memiliki fungsi yang sama dengan air putih. Jadi, ibu tidak perlu takut si kecil dehidrasi jika ia sudah minum ASI. Apa akibatnya jika bayi tetap diberikan air putih? Kelebihan air di perutnya akan menyebabkan bayi kehilangan nutrisi penting dari ASI. Kondisi ini juga menyebabkan bayi lebih cepat kenyang dan minum ASI lebih sedikit.

Mikroorganisme, mineral dan zat lain juga dapat merusak sistem pencernaan bayi. Selain itu, zat ini juga dapat merusak bakteri baik dari sistem pencernaannya. Jika air putih diberikan berlebihan, bayi sangat mungkin mengalami ketidakseimbangan elektrolit dan membuat bayi menjadi sakit.

American Academy of Pediatrics mengungkapkan, bayi harus mendapatkan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama kehidupannya.

Kondisi ini disebabkan, karena pencernaan bayi yang baru bisa menerima makanan padat pada usia sekitar 6 bulan. Namun, susu formula juga bisa direkomendasikan jika ada masalah dengan produksi ASI atau kondisi lainnya.

Kapan Bayi Boleh Meminum Air Putih?

Kondisi berikut membolehkan bayi untuk minum air.

  • Ketika cuaca panas, Bunda boleh memberikan tambahan air saat menyeduh susu formula untuk bayi yang memang mengonsumsi susu formula.
  • Jika bayi mengalami flu perut atau gastroenteritis, dokter biasanya menyarankan untuk memberikan minuman elektrolit pada bayi. Tujuannya membantu mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Setelah bayi berusia enam bulan, bayi boleh diberi air putih saat haus, namun jangan berlebihan.
  • Setelah berusia satu tahun, ketika dia sudah mengonsumsi makanan padat, dia boleh diberi air putih sebanyak yang dia suka.

Tidak semua minuman cocok untuk bayi dan anak-anak, terutama yang berusia di bawah 6 bulan. Selain air putih, teh, baik manis atau tidak, serta kopi juga tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi. Teh dan kopi dapat mengurangi penyerapan zat besi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top