Family

3 Kegiatan Yang Bikin Anak Betah di Rumah Saat Weekend

Tidak sedikit anak-anak yang menganggap bahwa weekend atau akhir pekan adalah waktunya untuk jalan-jalan bersama keluarga. Padahal bagi kebanyakan orang tua, akhir pekan adalah saatnya menikmati waktu bersantai di rumah dan bukannya bermacet-macetan di jalan. Tidak ada salahnya sekali-sekali pergi jalan-jalan di akhir pekan tapi ketika tidak pergi jalan-jalan orang tua harus kreatif menemukan kegiatan yang membuat anak-anak betah tinggal di rumah. Berikut adalah tiga kegiatan yang bikin anak betah di rumah saat weekend.

  1. Memasak

Jangan mengira bahwa memasak hanya untuk anak perempuan tapi anak laki-laki juga harus tahu betapa menyenangkannya bermain di dapur. Sebelum akhir pekan rencanakan dengan anak-anak Anda mengenai menu atau resep makanan atau kue yang akan dibuat. Ketika anak-anak sedang di sekolah manfaatkan waktu tersebut untuk berbelanja perlengkapan yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menyiapkan atribut-atribut memasak seperti apron atau celemek khusus memasak dan topi koki untuk anak-anak agar acara masak memasakan menjadi semakin menyenangkan. Dalam proses memasak nanti libatkan anak-anak dalam segala prosesnya, jangan khawatir dengan dapur yang akan menjadi sangat kotor akibat tumpahan tepung atau mentega selama hal itu tidak membahayakan ruang gerak anak maka biarkan saja. Kegiatan ini tak hanya mengajarkan kepada anak tentang kreatifitas tapi juga kerja sama serta hal-hal kecil tentang operasi hitung misalnya dua butir telur, setengah cangkir susu dan lain sebagainya.

  1. Berkebun

Minggu berikutnya Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk bermain di luar rumah. Tidak perlu jauh-jauh cukup di sekitar halaman rumah saja untuk belajar berkebun. Siapkan segala jenis media tanam dan sebaiknya pilih jenis tanaman yang berbuah tapi tidak memerlukan waktu lama untuk tumbuh. Ketika tanaman itu berbuah biarkan anak-anak yang memeting hasil panennya dan menikmati buahnya. Dan bagi Anda yang kurang beruntung dan tidak memiliki halaman bisa gunakan teknik hidroponik yang saat ini sudah banyak dikembangkan. Sekali lagi jangan takut anak kotor bermain tanah karena justru hal inilah yang membuat mereka semakin bersemangat mengenal lingkungan sekitar mereka. Selain itu berkebun juga dapat mengajarkan kepada mereka tentang bagaimana menghargai alam dan tidak membuang bahan makanan karena ternyata menumbuhkan satu pohon tomat juga memerlukan waktu dan tenaga. Intinya apa yang ada di meja makan tidak serta merta berada di sana ada proses panjang yang harus dilewati.

  1. Proyek Seni

Anda tidak perlu paham seni untuk menciptakan satu proyek seni di rumah bersama anak-anak Anda. Yang Anda perlukan hanya satu bagian dinding kosong di rumah Anda dan siapkan segala macam jenis cat air yang bisa anak-anak Anda gunakan untuk berkreasi. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir bahwa anak-anak Anda yang kelewat kreatif akan mencoret-coret dinding-dinding cantik rumah Anda karena Anda sudah menyiapakan satu bagian dinding khusus untuk anak-anak bermain-main dengan cat air dan menggambar sesuka hati mereka. Hal ini mengajarkan kepada anak tentang lebih banyak warna dan betapa menyenangkannya mencapur beberapa jenis warna dan menciptakan warna baru.

Tiga kegiatan yang bikin anak betah di rumah saat weekend di atas hanyalah beberapa rekomendasi saja dan jika Anda melihat ada potensi-potensi tersembunyi dalam diri anak Anda, misalnya suka bermain musik atau olah raga tertentu Anda bisa menciptakan ruang kreatif yang sesuai dengan minat-minat anak Anda masing-masing di rumah sehingga tidak perlu keluar rumah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top