Family

Ketika Pasangan Selingkuh Apa yang Harus Kita Lakukan?

Ketika Pasangan Selingkuh Apa yang Harus Kita Lakukan?

Di dalam suatu hubungan, banyak hal yang bisa terjadi. Mulai dari ketidakcocokkan, pertengkaran hingga pengkhianatan seperti sebuah perselingkuhan. Tidak ada seorang pun yang ingin seseorang yang dicintai selingkuh. Sayangnya, tidak ada tahu hingga kapan seseorang akan menetap pada kesetiaan, tidak ada yang tahu kapan hati seseorang akan melemah hingga akhirnya tergoda untuk berselingkuh.

Maka, walaupun hubungan Anda sekarang tampaknya baik-baik saja, Anda tetap harus tahu apa yang sebaiknya dilakukan saat tahu bahwa pasangan kita selingkuh dan tidak setia lagi. Berikut, beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Pergi Atau Tinggal

Baiklah, ini keputusan yang berat. Pisah dari seseorang yang kita cinta tidak mudah, tapi memberi kesempatan kedua pun cukup berat dilakukan. Sebelum memutuskan untuk pergi berpisah atau tinggal dan memberi kesempatan kedua, ada baiknya Anda mencerna, mencari tahu dan mengintropeksi hubungan Anda selama ini.

Cari penyebab dia selingkuh. Apakah karena sikap Anda juga? Setelah menyadari kondisi, apakah hubungan Anda selama ini cukup baik atau buruk, barulah Anda bisa memutuskan.

Bila dia adalah seseorang yang sangat menyesali perbuatannya dan bersungguh-sungguh minta maaf, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk memberikan kesempatan kedua.

Namun bila perselingkuhan kali ini bukanlah yang pertama dia lakukan, Anda sebaiknya bersikap tegas. Hingga berapa kali lagi Anda harus tersakiti?

Bicarakan Baik-Baik

Duduk berdua bersama dia yang telah melukai Anda, mungkin sedikit berat. Anda perlu mengatur emosi, mengesampingkan semua kekecewaan dan cobalah berpikir jernih. Beri dia kesempatan untuk membicarakan tentang perbuatannya walaupun itu sepertinya akan menyakitkan untuk Anda dengar.

Anda juga berhak untuk bicara, menceritakan tentang perasaan Anda. Ingat, tahan emosi. Jangan biarkan semua semakin runyam. Mengobrol dari hati ke hati di tempat tenang, suasana tenang, bicarakan semuanya secara baik-baik.

Bila Perlu, Dengarkan Saran Profesional

Dalam situasi seperti ini, Anda akan lebih banyak ingin didengar. Rasanya Anda butuh ada yang mendengar semua keluh kesah dan juga membutuhkan dibantu mencari jalan keluar. Tapi ingat, walaupun cerita pada orang terdekat, Anda tetap harus hati-hati.

Sebaiknya mencari seseorang yang tidak akan memihak siapapun baik Anda ataupun dia, seperti seorang terapis hubungan. Jangan malu, bila perlu ajak pula si dia untuk ikut berkonsultasi.

Selain melegakan perasaan, saran dari seorang terapis hubungan yang telah ahli bisa membantu Anda dan si dia menemukan solusi terbaik.

Maafkan Dan Move On

Jika akhirnya Anda memutuskan untuk memberi kesempatan kedua, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memaafkan dan mencoba untuk melupakan semua hal yang menyebabkan Anda sakit hati. Pastikan Anda telah benar-benar memaafkan barulah beri dia kesempatan untuk datang lagi dan meneruskan segala yang tertunda.

Move on, Anda benar-benar harus rela. Jangan sampai perselingkuhan itu menjadi momok menakutkan untuk kembali diingat dan diungkit-ungkit. Ketika Anda memberi kesempatan kedua, ketika itulah Anda berdua dengannya harus terus menatap ke depan, membenahi apa yang pernah salah.

Lepaskan Bila Terasa Sulit

Berbeda halnya bila Anda memutuskan untuk mengakhiri segalanya dan berat untuk memberi kesempatan lagi. Lepaskanlah bila Anda telah berusaha keras untuk memperbaiki segalanya namun Anda tetap merasa sulit untuk keluar dari keadaan yang membuat Anda sakit hati ini.

Jangan dipaksakan, tanyakan pada diri Anda sendiri apakah dia akan menjadi orang yang tepat untuk menemani Anda hidup di masa depan. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top