Family

Lakukan ini agar Penampilan Suami Tetap Keren

Lakukan ini agar Penampilan Suami Tetap Keren

Kegiatan suami yang lebih sering berada di luar rumah bisa membuat kulitnya kusam terpapar polusi, menghitam akibat sinar matahari atau bahkan rambutnya lepek dan berminyak. Kesibukan pekerjaan membuatnya kerepotan merawat tubuhnya sendiri. Tak perlu repot pergi ke salon, sebenarnya. Sebab meluangkan sejenak waktu selepas pulang kerja atau saat akhir pekan juga bisa digunakan untuk merawat penampilannya. Biayanya pun murah, cukup membuat sendiri bahan-bahan alami seperti di bawah ini.

madu

Creambath.

Penggunaan minyak rambut setiap hari mudah membuat rambut kaku, berminyak bahkan berketombe. Jangan biarkan masalah ini membuat pekerjaan suami terganggu. Lakukan creambath sendiri di rumah. Buatlah conditioner untuk melembutkan rambut. Caranya, siapkan 1 sdt baby oil, 1 butir kuning telur dan segelas air. Kocok kuning telur hingga berbusa, tambahkan baby oil. Terakhir, masukkan segelas air. Oleskan ke seluruh kepala hingga ujung rambut, pijat-pijat agar ramuan meresap sempurna. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Bila takut rambut berbau amis, cobalah ramuan lain menggunakan madu untuk melembutkan dan juga mengatasi kerontokan. Buatlah hairmask. Caranya, campur 1 sdt madu, 1 sdt bubuk kayu manis dan 1 sdt minyak zaitun. Oleskan pada seluruh rambut, diamkan 5 – 15 menit kemudian bilas hingga bersih. Untuk rambut berketombe, gunakan ramuan lidah buaya. Ambil 2 pelepah lidah buaya, kupas lalu cuci hingga hilang getahnya. Oleskan daging lidah buaya tersebut ke kulit kepala hingga ujung rambut. Bungkus rambut dengan handuk hangat selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan rutin seminggu sekali.

Masker pencerah wajah.

Polusi serta paparan sinar matahari yang membuat kulit kusam kadang tidak bisa hanya dibersihkan dengan facial wash. Yakin ingin berlama-lama membiarkan wajah  suami semakin lama semakin kusam karena aktivitas luar ruangan? Buatlah masker pencerah wajah. Caranya, lumatkan satu buah stoberi hingga halus, tambahkan sedikit putih telur dan air mawar, aduk sampai rata. Usapkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat atau dingin.

kunyit-untuk-kecantikan

Untuk mengatasi wajah berjerawat dan bernoda hitam buatlah ramuan mangir. Mangir adalah campuran dari bubuk kunyit, rimpang temu giring, cendana bubuk dan akar wangi. Bubuk ramuan mangir ini bisa disimpan dalam waktu lama, maka agar lebih praktis, buat ramuan mangir ini dalam jumlah banyak sekaligus. Gunakan sebagai perawatan wajah seminggu sekali.

Lulur wangi anti kusam.

Debu dan polusi yang ‘menemani’ suami dalam perjalanan pulang-pergi bekerja berpotensi membuat kulit kusam bahkan menghitam. Macet saat udara panas pun bisa menimbulkan bau badan akibat keringat berlebih. Gunakan ramuan mangir sebagai lulur. Bubuk kunyit mengandung antioksidan yang bisa mencegah kerusakan kulit dan mengenyahkan sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan kulit kusam. Selain itu, akar wangi juga bisa digunakan sebagai pengharum dan mencegah bau badan secara alami. Sediakan juga lotion alami yang bisa dipakai setiap kali suami merasa kulitnya kering saat seharian bekerja. Caranya, siapkan 50 gram almond, 25 gram madu dan 1 liter air. Kupas kulit almond lalu tumbuk sampai benar-benar halus. Campur madu dan air, masukkan almond yang sudah dihaluskan tadi dan aduk sampai merata. Diamkan selama dua jam, saring lalu simpan dalam lemari es. Kemas dalam botol, usapkan sehari dua kali atau tiap kali kulit terasa kering. Wangi, halus dan anti kusam!

Bahan alami lebih aman dan terjangkau. Sebagai tanda terima kasih karena ia telah lelah seharian bekerja, coba lakukan perawatan padanya malam ini juga ya, Bunda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top