Family

Liburan Eduktif untuk Buah Hati

Liburan? Siapa yang tidak membutuhkan liburan untuk mengisi waktu luangnya. Setiap orang membutuhkan liburan untuk merilekskan diri dari kesibukan bekerja. Yang dibutuhkan ketika liburan yang paling awal yaitu rencana. Rencana liburan pasti berkaitan degan tempat dan keuangan. Kali ini, loper akan membahas liburan untuk keluarga yang memiliki buah hati. Ibu-ibu muda maupun bunda-bunda yang hits harus pandai memilih tempat berlibur untuk buah hatinya. Menghabiskan libur bersama buah hati bukan hanya sekedar mengunjungi tempat dan mencari kesenangan. Akan tetapi, bunda maupun mama-mama muda harus bisa menentukan tempat berlibur yang juga memiliki edukasi. Ada beberapa pilihan tempat berlibur yang bisa kalian kunjungi, simak ulasannya di bawah berikut;

Kebun Binatang

Kebun binatang menjadi pilihan pertama sebagai tempat wisata yang bernilai edukasi. Selain mendapatkan kesenangan, mengunjungi kebun binatang bersama buah hati bisa memberikannya sebuah pengetahuan. Macam-macam binatang yang ada di kebun binatang bisa menjadi objek pengetahuan bagi anak. Mereka bisa mengenal nama binatang, melihat bentuknya secara langsung, mengetahui warnanya, membedakan jenis makanannya hingga melatih mereka untuk menyayangi makhluk hidup.

Museum

Selain kebun binatang, orang tua juga bisa mengajak anaknya mengunjungi museum. Museum menyimpan benda bersejarah, terdapat pula museum yang menyimpan fosil hewan purbakala. Tempat ini cocok untuk dikunjungi anak sekolah. Rasa ingin tahu mereka tinggi, sehingga tepat jika mengunjungi museum. Mereka akan mengamati dan mempelajari benda yang terdapat dalam museum tersebut.

Keraton

Mengajak libur anak-anak bukan hanya ke mall, akan tetapi orang tua juga bisa mengajak anaknya mengunjungi keraton. Mengunjungi Keraton juga bisa menambah wawasan bagi anak. Berkunjung ke Keraton sama juga mempelajari sejarah maupun budaya tradisional. Biasanya di Keraton juga terdapat museum yang penyimpan benda peninggalan sejak zaman kerajaan dahulu. Bukan hanya museum dan cerita sejarah yang dapat dipelajari jika kalian berkunjung ke Keraton, akan tetapi seperti di Keraton Yogyakarta dan Surakarta ada pertunjukan tari tradisional pada hari-hari tertentu. Selamat berlibur mengunjungi keraton.

Suaka Margasatwa

Selanjutnya, tempat ini masih berhubungan dengan pemeliharaan hewan yaitu suaka margasatwa. Jika di kebun binatang hewan-hewan dikurung dengan habitat buatan, lain halnya dengan suaka margasatwa. Suaka margasatwa sebagai tempat penangkar hewan, namun hewan tersebut juga dilestarikan sesuai dengan habitatnya. Seperti suaka margasatwa ujung kulon yang melindungi bada bercula satu.

Cagar Alam

Kemudian, selain belajar mengenai macam-macam hewan, anak-anak juga bisa belajar mengenai tumbuhan. Orang tua bisa mengajak anaknya mengunjungi cagar alam. Cagar alam sebagai tempat untuk melestarikan dan melindungi tumbuhan yang memiliki khas tersendiri, seperti bunga Raflesia.

Taman Pintar Yogyakarta

Sepertinya, ini tempat yang paling menarik dan banyak dikunjungi. Beberapa sekolah juga mengadakan study tour ke tempat wisata edukasi tersebut. Taman Pintar di Yogyakarta menyediakan banyak fasilitas yang mampu memberikan pengetahuan bagi anak-anak. Terdapat wahana edukasi gedung kotak, gedung oval, taman paud dan kampug kerajinan yang masing-masing menyuguhkan edukasi tersendiri. Anak-anak bisa mempeljari materi yang ada di buku pelajaran secara visual dan lebih menarik sebagai contoh; belajar tata surya, belajar cuaca dan iklim, belajar mengenai zaman prasejarah dsb.

Beberapa tempat di atas bisa menjadi tujuan liburan yang menyenangkan dan mendidik. Mungkin di kota tertentu terdapat tempat wisata yang mendidik lainnya agro wisata, galeri seni dsb. Para orang tua bisa memilih tempat tersebut sebagai tujuan untuk berlibur. Menghabiskan libur bersama keluarga menambah keakraban dan kebahagiaan tersendiri. Selain itu, mengunjungi tempat wisata edukasi akan memberikan pengetahuan kepada anak. Berlibur sambil belajar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top