Family

Manfaat Permainan Bagi Anak

Masa emas pada perkembangan anak yaitu pada usia balita. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai golden age period, dimana seorang anak mengalami perkembangan otak hingga mencapai 80%. Perkembangan tersebut hanya terjadi sekali dalam seumur hidup.

Sebagai seorang tua, sudah semestinya mampu untuk memahami kemampuan dari anaknya yang bisa dikembangkan. Selain itu orang tua juga harus pandai membina perkembangan anak baik secara emosional, intelektual, mental, sosial dan moral. Masa-masa balita tersebut merupakan masa dimana anak-anak gemar dengan permainan. Jangan salah, melalui permainan anak dapat belajar berbagai hal, selain membantu perkembangan kognitif ada beberapa manfaat permaian bagi anak sebagai berikut;

• Mampu membantu perkembangan otak kanan. Denga bermain seorang anak akan merasakan kesenangan. Hal tersebut akan membuka kesempatan anak untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Otak kanan yang tidak terasah di sekolah akan mengalami perkembangan melalui permainan yang sesuai dengan pilihan dan usiannya.

• Membantu anak dalam memecahkan permasalahan di lingkungan sekitar. Secara tidak langsung permainan mengajarkan kepada anak untuk memecahkan suatu permasalahan, seperti permainan puzzle dan lego, dalam permainan tersebut mereka dituntut mencapai tujuan tertentu dengan menyusun puzzle atau lego. Analisis dan pemahaman permainan yang dilakukan anak merupakan suatu pelatihan diri untuk memecahkan masalah.

• Meningkatkan kreativitas. Dengan bermain anak lebih kreatif menyiptakan suatu hal sesuai dengan keinginan tanpa ada batasan. Selain itu, anak juga terhindar dari rasa bosan dan stress karena terlalu lama bermain dengan teman sebayanya. Melalui permainan anak bisa lebih santai melakukan aktivitasnya sehingga mencegah bosan dan stress.

• Membantu mengembangkan sosialisasi pada anak. Permainan kelompok yang dilakukan dengan teman sebaya, membantu mereka bagaimana cara menghargai teman dan memperlakukan teman. Anak cenderung memiliki ego yang tinggi, merasa bisa dibandingkan dengan teman lainnya, atau merasa takut dihadapan teman bahkan takut menerima sebuah penolakan. Orang tua hendaknya mengawasi anak ketika anak berada pada lingkungan teman sebaya, agar proses sosialisasi mereka menumbuhkan sikap sosial yang baik.

• Menumbuhkan kepercayaan diri pada anak. Permainan yang notabenya untuk sebuah kesenangan ternyata memiliki suatu titik penyelesaian yang membantu anak untuk menumbuhkan kepercayaan diri melalui pengembangan fisik, sosial, keterampilan dan intelektual. Kepercayaan diri anak akan nampak ketika mereka mampu berinteraksi dan bernegoisasi dengan teman sebaya maupun orang tua.

• Permainan menjadi suatu standar moral. Ketika anak bermain baik di seokalah maupun di rumah, secara tidak langsung mereka akan belajar banyak hal mengenai moral. Bagaimana anak memperlakukan temannya, menanggapi sikap temannya terhadap dirinya atau tanggapan yang diharapkan anak dari orang lain.

• Membantu anak menentukan jati dirinya. Krtika ia memilih suatu permainan ia belajar menentukan pilihan untuk dirinya sendiri, dengan siapa ia bermain dan dimana ia akan memainkan permainan tersebut. Hal tersebut akan membantu anak dalam mengendalikan dirinya semisal melalui permainan serta pembelajaran mewarnai alam yang harus menentukan warna sesuai dengan realitanya.

• Melatih aspek tubuh dan mental. Gerakan tubuh anak ketika bermain akan meltih otot-ototnya menjadi kuat dan membuat anak tumbuh dengan sehat. Selain itu, juga melatih mental anak, ketika menyampaikan suatu imajinasi ataupun ide. Ekspresi atau ide yang ia sampaikan akan menambah pengetahuannya melalui permainan tersebut.

• Selanjutnya yaitu melatih perkembangan motoric halus dan motoric kasar, yang anak ciptakan melalui koordinasi mata, tangan dan kaki. Permainan merupakan salah satu untuk melepas ketegangan sehingga anak akan merasakan tenang ketika bermain.

Itulah beberapa manfaat permainan bagi anak. Sesibuk apapun orang tua tetap harus menjaga dan mendampingi anak dalam perkembangannya. Hal demikian akan membantu menumbuhkan karakter anak dan mengembangkan bakat-bakat yang dimiliki.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top