Family

Ide Memasak Bersama Anak Saat Long Weekend

Pancake

Long weekend datang lagi, tentunya Anda mulai memikirkan kegiatan apa yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. Hanya saja, budget travelling bulan ini sudah habis untuk long weekend minggu lalu, jadi pilihannya adalah berkunjung ke tempat wisata yang letaknya tak jauh dari rumah sehingga hemat budget perjalanan atau cukup menghabiskan waktu di rumah saja bersama keluarga tercinta. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan menghabiskan waktu liburan di rumah bersama keluarga dengan catatan Anda sudah memiliki kegiatan menyenangkan dan tentunya mendidik untuk dilakukan bersama anak-anak. Bagaimana dengan acara memasak bersama anak saat weekend?

Kebanyakan orang tua pasti sudah mulai berfikir betapa merepotkannya kegiatan ini karena harus berbelanja, menyiapkan bahan, memilih menu masakan, dapur yang berantakan, panci yang gosong, lantai yang terkena tumpahan tepung atau saos dan banyak hal lainnya. Well, memasak tidak harus ribet dan dimulai dengan pemilihan menu yang tentunya disukai anak-anak tapi tidak sulit untuk dibuat.

Rekomendasi Menu Weekend Hits nan Praktis

  • Pancakes dengan aneka toping untuk makanan pembuka.
  • Pizza dengan aneka toping untuk makanan utama.
  • Silky pudding dengan aneka toping untuk dessert atau makanan penutup.

Ketiga jenis makanan di atas sangatlah mudah dibuat dan tentunya disukai oleh anak-anak dan yang terpenting lagi Anda bisa mengajak anak Anda untuk ikut berpartisipasi menciptakan makanan favorit mereka tanpa membuat panci-panci gosong atau dapur berantakan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah ajak anak-anak Anda berbelanja dan izinkan mereka memilih toping favorit mereka untuk ditambahkan ke pancakes, pizza dan silky pudding seperti keju, madu, sirup, buah-buahan, biskuit favorit, coklat untuk toping pancakes dan silky pudding, sementara untuk toping pizza ajak anak-anak memilih diantara sosis, daging ayam, daging sapi giling, daging ham, bakso, keju, sayuran dan banyak lagi. Sementara Anda hanya perlu membeli beberapa tepung pancake siap olah, roti pizza siap panggang dan tentunya susu cair untuk membuat silky pudding.

Silky Pudding:

Yang pertama kali harus dibuat adalah silky pudding, karena silky pudding perlu dimasukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu sebelum bisa dinikmati. Cara membuat silky pudding cukup mudah dengan bahan-bahan yang mudah untuk didapat.

  • Susu Cair Coklat 500 ml
  • Tepung maizena 2-3 sendok makan

Cara membuat silky pudding:

  • Campurkan susu cair dan susu coklat dan masak dengan api kecil sampai meletup-meletup.
  • Diamkan sejenak sampai suhunya turun baru kemudian pindahkan ke gelas-gelas kaca sehingga ketika dingin silky pudding siap diberi toping untuk langsung dinikmati.
  • Setelah itu masukkan ke dalam lemari es.

Menu Pancake:

Yang berikutnya perlu Anda siapkan adalah membuat pancake. Saat ini banyak sekali dijual adonan pancake yang siap pakai dimana Anda hanya perlu menambahkan air dan adonan pancake siap untuk dibuat. Buat beberapa lembar pancake sebelum Anda memanggil anak-anak Anda untuk sama-sama menghias pancake dengan topping favorit mereka yang juga sudah Anda siapkan.

  • Keju yang sudah diparut.
  • Buah-buahan yang sudah dipotong-potong.
  • Aneka toping cair seperti madu, sirup, susu kental manis dan lain sebagainya.

Biarkan anak Anda berkreasi dengan pancake mereka sesuka hati kemudian nikmati hasilnya bersama-sama.

Menu Pizza:

Setelah anak-anak cukup puas menyantap pancake mereka, saatnya melanjutkan acara memasak makanan utama yaitu pizza. Pilihlah roti pizza ukuran medium sehingga setiap anak bisa menghias pizza mereka masing-masing dengan topping pilihan yang juga sudah Anda sediakan.

  • Potongan daging ayam yang sudah direbus.
  • Daging cincang yang juga sudah dimasak sebelumnya.
  • Sosis yang sudah digoreng dan dipotong-potong.
  • Aneka sayuran seperti jagung, kacang polong, brokoli.
  • Tempatkan saus tomat dan saus sambal di wadah yang mudah diaplikasikan oleh anak-anak ke pizza mereka sehingga tidak mudah tumpah.

Kemudian setelah siap, segera panggang pizza-pizza tersebut dan sambil menunggu pizza-pizza tersebut matang, Anda dan anak-anak Anda bisa mulai mempersiapkan toping untuk silky pudding yang sebentar lagi siap untuk disantap.

Ternyata memasak bersama anak saat weekend tidak perlu ribet dan tentunya bisa sangat menyenangkan asalkan Anda tahu bagaimana triknya. Anak senang, perut kenyang dan Anda tidak perlu repot membersihkan dapur ketika semuanya asyik menonton tayangan kartun favorit mereka di televisi sambli menyantap silky pudding karya mereka.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top