Family

Long Weekend Idea: Memperkenalkan Alam Kepada Anak

8 Kegiatan untuk Mengajarkan Hal Sederhana Kepada Putri Anda

Weekend merupakan waktu untuk keluarga dan long weekend lagi-lagi kembali datang berarti lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga di rumah. Kebanyakan orang tua menghabiskan long weekend untuk mengajak keluarga dan anak-anak mereka keluar kota dengan tujuan berbelanja atau sekedar mengunjungi kerabat. Namun tentunya Anda juga sudah paham bahwa menghabiskan long weekend di luar kota kadang juga tidak praktis apalagi jika Anda bepergian dengan mobil maka kemungkinan waktu yang dihabiskan dijalan lebih banyak dari pada waktu yang dihabiskan di tempat tujuan. Adapun alternatif terbaik untuk menghabiskan long weekend adalah memperkenalkan alam kepada anak lewat kegiatan-kegiatan mendidik yang menyenangkan tanpa harus meninggalkan lingkungan atau pekarangan rumah Anda.

Pentingnya Memperkenalkan Alam Kepada Anak

Kadang orang tua sudah keduluan panik ketika disarankan untuk mengenalkan alam kepada anak-anak mereka, fikiran seperti bagimana kalau jatuh, bagaimana dengan cacing, bagaimana dengan kuman dan lain sebagainya. Well, coba tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda tidak pernah menjadi anak kecil? Tak perlu jauh-jauh, mulailah dengan memperkenalkan lingkungan tempat anak-anak tinggal selama ini, yaitu pekarangan rumah atau lingkungan sekitar tempat tinggal dengan pengawasan Anda tentu saja. Karena lingkungan sekitar adalah tempat yang paling akrab untuk anak-anak sehingga mereka bisa menyerap pengetahuan tanpa adanya tekanan sehingga proses belajarpun terasa tidak seperti belajar karena anak-anak justru menikmatinya. Menurut seorang profesor dari Universitas Chicago, Dr. Benjamin S. Bloom, anak-anak yang menikmati proses belajar akan tumbuh berbeda dari anak-anak yang proses pembelajarannya dihambat oleh lingkungan.

Cara Memperkenalkan Alam Kepada Anak

Tentunya sebagai orang tua akan bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya memperkenalkan kepada anak, apakah anak-anak akan tertarik. Percayalah, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, melihat semut yang jalan beriringan saja bisa membuat mereka penasaran dan melonjak kegirangan, selain itu alam adalah tempat terbaik untuk mengajarkan mereka tentang kehidupan sekitar mereka. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba perkenalkan kepada anak:

  1. Ajak anak-anak Anda untuk memperhatikan tanaman-tanaman yang ada di pekarangan Anda, bunga-bunga, daun-daun dan pohon-pohon. Tunjukkan bagian-bagian yang lebih spesifik seperti kelopak bunga, bentuk-bentuk daun yang berbeda-beda begitu juga ukuran pohon-pohon yang tidak sama.
  2. Ajak anak untuk belajar menanam. Pilih jenis-jenis tanaman yang mudah dirawat dan cepat tumbuh seperti umbi-umbian yang tidak memerlukan perawatan khusus hanya perlu disiram secara teratur. Bisa dilakukan di tanah atau bisa juga di dalam pot agar lebih mudah mengontrol dipindah-pindahkan.
  3. Berilah anak kesempatan untuk memelihara hewan seperti kucing atau ikan. Kemudian jika anak sudah cukup besar bisa mulai dengan memelihara sepasang ayam kecil di pekarangan belakang rumah.
  4. Kenalkan juga kepada anak setiap hewan yang mereka temui ketika berkeliling di lingkungan sekitar rumah, termasuk hewan-hewan kecil seperti semut, kupu-kupu, burung peliharaan tetangga dan masih banyak lagi sambil menceritakan tentang fakta-fakta unik hewan-hewan tersebut seperti apa yang mereka makan, dimana mereka berasal dan lain sebagainya.
  5. Agar petualangan menjadi lebih mengaksyikan, untuk anak-anak yang sudah agak besar Anda bisa meminjamkan kamera pocket agar anak-anak bisa memotret atau mengambil gambar hal-hal yang menurut mereka menarik. Anda akan terkejut betapa menariknya cara pandang anak-anak dari gambar-gambar yang mereka ambil. Print gambar tersebut untuk ditempel di dinding kamar mereka sebagai pengingat pengalaman menyenangkan yang mereka alami.

Ternyata memperkenalkan alam kepada anak tidaklah sulit tapi tentunya peran aktif orang tua juga penting. Perkaya pengetahuan Anda sehingga ketika anak bertanya Anda harus bisa menjawabnya, atau setidaknya tahu bagaimana menjawab pertanyaan sang anak. Happy long weekend!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top