Family

8 Kegiatan untuk Mengajarkan Hal Sederhana Kepada Putri Anda

8 Kegiatan untuk Mengajarkan Hal Sederhana Kepada Putri Anda

Jika Anda seorang ibu yang memiliki anak perempuan, manfaatkanlah kesempatan untuk mengajarkan hal sederhana kepada putri Anda sebelum mereka beranjak dewasa dan Anda tak lagi memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bersama mereka.

  1. Membaca Buku Bersama Anak

Jangan berharap anak akan suka membaca buku jika orang tua tidak pernah mengajak mereka membaca bersama. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa seorang ibu yang sering membacakan buku untuk anak mareka maka kemungkinan sang anak tumbuh sebagai orang yang gemar membaca sangat besar. Lagipula banyak pelajaran dan pesan-pesan moral sederhana yang bisa Anda ajarkan lewat buku cerita kepada anak.

  1. Memasak Bersama Anak

Jadikan kegiatan di dapur menjadi kegiatan menyenangkan bersama anak. Ajak mereka untuk membuat cemilan kegemeran mereka sendiri. Lagipula banyak hal yang bisa diajarkan kepada anak ketika memasak tak hanya tentang-tentang bahan-bahan makanan seperti tepung dan gula tapi juga operasi hitungan sederhana seperti dua telur, tiga sendok, setengah cangkir dan banyak lagi.

  1. Menjagak Anak Menikmati Alam

Alam adalah tempat yang tepat untuk mengajarkan anak cara mencintai lingkungannya. Tak perlu pergi ke gunung atau taman kota, cukup dipekarangan rumah saja Anda bisa mengajarkan kepada anak tentang perbedaan bunga-bunga, bentuk daun, warna, hewan-hewan kecil dan hal-hal sederhana lainnya.

  1. Menikmati Karya Seni Bersama

Karya seni bisa sangat luas artinya dan ini penting dilakukan untuk mengajarkan kepada anak bahwa ada banyak keindahan di dunia ini baik dalam bentuk gambar ataupun suara dan dalam waktu yang bersamaan mengajarkan kepada anak tentang sebuah proses kreasi dan pentingnya menghargai.

  1. Menciptakan Sebuah Tradisi

Kebanyakan para ibu lupa bahwa seorang anak tak hanya ingin sekedar dekat dengan ibunya tapi mereka juga mengingkan sesuatu yang special dari sang ibu. Coba ciptakan tradisi yang bisa Anda lakukan bersama anak perempuan Anda setiap minggu, misalnya makan es krim hanya berdua saja atau sekedar ngobrol berdua di tempat tidur setiap malam minggu atau hal sederhana lainnya.

  1. Ajarkan Anak Pentingnya Bekerjasama

Mulai ajarkan pentingnya bekerjasama saat anak masih kecil karena hal ini tanpa mereka sadari akan menjadi kebiasaan baik ketika mereka dewasa. Jangan pernah menganggap anak kecil tidak mengerti apa-apa tapi selalu ikutkan dan libatkan mereka kedalam setiap kegiatan di rumah setiap hari misalnya bersama-sama membersihkan rumah.

  1. Bersama-sama Melakukan Kegiatan Yang Baru

Anak selalu memiliki sifat ingin tahu dan sebagai seorang ibu harus bisa menyalurkan dan memanfaatkan sifat ingin tahu anak Anda untuk sesuatu yang bermanfaat. Pilih kegiatan yang baru setiap minggu untuk dilakukan bersama anak Anda, misalnya minggu ini pergi berbelanja di pasar tradisional, minggu berikutnya pergi menonton acara musik dan banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan bersama anak.

  1. Menghabiskan Waktu Berdua Saja di Rumah

Kadang untuk memiliki high quality time bersama putri Anda tidak harus dilakukan di tempat-tempat mahal atau tidak biasa karena menghabiskan waktu berdua saja di rumah dengan sang putri tercinta sudah cukup membuat ikatan antara ibu dan anak menjadi lebih kuat.

Setiap ibu pasti mendambakan memiliki anak perempuan karena bukan berarti memiliki anak laki-laki tidak menyenangkan tapi sebagai seorang ibu dan seorang wanita, memiliki anak perempuan artinya mereka memiliki seorang legacy tempat seorang ibu menurunkan semua ilmunya, sesuatu yang sepertinya tidak selalu bisa dilakukan kepada anak laki-laki. Semoga bermanfaat untuk para ibu!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top