Family

Mitos Terkait Hidup Sehat Bagi Anak

Mitos Terkait Hidup Sehat Bagi Anak

Orang tua akan selalu menginginkan anak-anaknya hidup sehat dan melatih mereka untuk memulainya secara mandiri dengan membiasakan melakukan kegiatan yang menyehatkan atau mengkonsumsi makanan sehat. Terkait dengan hal itu, Anda sebagai orang tua berusaha mencari tahu dari berbagai sumber mengenai metode parenting terbaik. Kadangkala banyak informasi membuat Anda menjadi bingung untuk menentukan sebenarnya mana yang benar dan harus diikuti atau mana yang tidak. Dibawah ini adalah beberapa mitos mengenai hidup sehat bagi anak-anak dan saran terkait hal tersebut

MITOS  : Makan Bayam Bisa Membuat Anak Menjadi Seperti Popeye

Meskipun bayam mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, namun bayam memiliki zat besi dan protein yang rendah. Zat besi dan protein berperan penting untuk pertumbuhan serta kekuatan otot dan tulang.

MITOS  : Vitamin C Bisa Membuat Anak Terhindar Dari Flu Dan Demam

Fungsi paling utama dari Vitamin C adalah untuk memberikan perlindungan terhadap kesehatan anak-anak terutama jika mereka kurang mengkonsumsi nutrisi. Vitamin C juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Meski demikian, bukan berarti Vitamin C dapat menjamin bahwa seorang anak tidak akan terserang deman atau flu.

MITOS  : Udara Segar Dapat Membuat Luka Cepat Sembuh

Sesungguhnya, menutup luka di tubuh membuatnya lebih cepat sembuh daripada membiarkannya terbuka. Ini berlaku untuk anak-anak maupun orang dewasa. Luka yang tertutup juga dapat mengurangi resiko meninggalkan bekas di kulit. Kelembaban alami dari jaringan alami dalam tubuh yang berfungsi melakukan reformasi kulit adalah unsur terbaik.

MITOS  : Anak Harus Mengikuti Program Diet Rendah Lemak

Anak-anak mampu membakar lemak lebih cepat karena mereka lebih aktif dan metabolisme mereka lebih cepat. Lemak sehat juga mereka butuhkan dalam masa pertumbuhan. Karena itu, konsumsi lemak sangat disarankan sepanjang itu adalah lemak sehat seperti minyak canola, ikan salmon, tuna, susu dan produk olahan susu.

MITOS  : Jus Buah Selalu Menjadi Pilihan Yang Lebih Baik

Jus buah segar memang baik dan jauh lebih baik daripada jus dalam bentuk instan atau kemasan, namun ia tetap memiliki kekurangan. Salah satunya adalah bahwa jus buah segar mengandung kadar gula yang tinggi sehingga dapat berpengaruh pada kadar gula dalam darah putra putri Anda.

MITOS  : Anak-anak Selalu Tidak Menyukai Sayuran

Sebenarnya, hal ini tergantung bagaimana cara orang tua memperkenalkan sayur mayur kepada anak-anak. Jika Anda memperkenalkan sayur seperti makanan yang nikmat dengan sajiannya yang menarik, maka anak akan mengikutinya. Jika Anda memperkenalkan sayur sebagai makanan yang wajib dimakan meskipun tidak enak dengan sajian masakan sayur yang membosankan, maka anak-anak akan terpaksa memakannya.

SARAN HIDUP SEHAT BAGI ANAK

Penerapan hidup sehat bagi anak-anak tidak selalu terkait dengan diet rendah lemak atau kewajiban mengkonsumsi sayuran. Bahkan sebaiknya dimulai bukan dari sekitar ruang makan. Hidup sehat juga terkait dengan kebersihan lingkungan tempat tinggal dan menjaga agar anak-anak Anda terhindar dari kuman serta tindakan pencegahan dari penyakit. Simak beberapa sarannya dibawah ini :

  1. Dapur dan Kamar Mandi : Kedua ruangan ini harus menjadi prioritas utama untuk Anda jaga kebersihannya setiap saat. Untuk dapur, di tempat inilah kebiasaan anak-anak memakan atau mencolek makanan, jangan sampai mereka menelan sesuatu yang mengandung kotoran atau kuman. Untuk kamar mandi, di tempat inilah kebanyakan kuman dan bakteri hidup dan berkembang
  2. Kamar Anak : Kamar tidur pada umumnya merupakan tempat yang seringkali mereka diami disaat mereka berada di rumah. Sebaiknya Anda pastikan sirkulasi udara di dalamnya terjaga sehingga udara yang mereka hirup setiap saat berada disana adalah udara yang bersih
  3. Ruang Keluarga : Jika kamar tidur adalah tempat pribadi mereka, maka ruang keluarga adalah tempat bersama. Tempat yang juga harus selalu dijaga kebersihannya
  4. Tempat mencuci piring dan baju : Mereka memang terbilang jarang berada di tempat ini, namun mengingat ini adalah area untuk membersihkan disarankan jika tempat ini harus dijaga kebersihaannya terutama karena Anda memiliki anak-anak. Anda tentunya tidak mau membersihkan tempat makan mereka misalnya dengan menggunakan spons yang kotor bukan?
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top