Family

Calon Orang Tua Wajib Tahu! Ini Inspirasi Memilih Nama Bayi Perempuan

Nama Bayi Perempuan

Nama bayi perempuan menjadi hal yang sangat penting diperhatikan dalam pemilihannya. Dipercaya untuk dapat menimang bayi perempuan merupakan satu anugerah luar biasa dalam hidup sepasang orang tua.

Segala persiapan dan hal yang diperlukannya kelak pun diupayakan sebaik mungkin bahkan dengan semua yang terbaik. Termasuk dalam memilihkan untuknya sebuah nama yang indah. Anda memutuskan nama yang terbaik. Berikut adalah inspirasi dalam memilih nama bayi perempuan

1. Mencatat Beberapa Ide

Disampinhg mencari sumber referensi nama dari media maupun buku, Anda juga bisa memanfaatkan ide yang muncul dengan mencatatnya terlebih dahulu. Simpan dan coba pertimbangkan di lain waktu atau sementara menunggu tambahan lain untuk menyempurnakan nama tersebut.

Ingatlah bahwa anak perempuan seyogyanya memiliki nama yang anggun, bermakna lembut atau sesuatu indah. Oleh sebab itu, catatlah gagasan Anda yang mungkin dapat diterjemahkan dalam bahasa asing atau lainnya hingga membentuk nama. Berbagai ide nama dapat Anda temukan misalnya dari sebuah film, nama tokoh, panggilan sayang, singkatan nama ayah dan ibu serta lain sebagainya.

2. Memilih Nama Berdasarkan Nama Bunga

Bunga dilambangkam sebagai ciri khas wanita karena bentuknya yang indah, harum dan mempesona. Nama-nama bunga tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan nama yang akan disematkan pada si anak perempuan kelak.

Nama Bayi Perempuan
Nama Bayi Perempuan yang Penuh makna

Bunga seperti mawar dan melati juga sering diterjemahkan ke dalam bahasa inggris atau arab untuk kemudian menjadi nama seorang perempuan. Selain itu pemilihan nama bunga juga bisa digunakan untuk menambahkan nama belakang lain dengan makna misalnya mekar dengan indah, berharga  dan lain sebagainya.

Contoh nama dengan makna bunga adalah Sekar, Mawar, Yasmine, Jacinta, Lily dan lain sebagainya.

3. Mengubah Sebagian atau Beberapa Huruf Tanpa Mengubah Maknanya

Dengan mengutip suatu sumber, banyak orang tak langsung memakainya secara mentah atau utuh melainkan telah sedikit mengubahnya. Adapun pengubahan yang dimaksud adalah beberapa huruf dengan tujuan sebagai ciri khas dan tidak menyerupai banyak orang.

Hal ini sah-sah saja dilakukan asalkan pengubahan huruf tersebut tidak menyebabkan timbulnya makna baru yang berlainan atau membuat namanya terlepas dari makna sesungguhnya. Bagi nama bayi perempuan pun demikian huruf atau ejaan yang Anda gunakan harus tetap membuatnya terikat dengan makna kebaikan yang sebenarnya.

Jangan sampai huruf yang dihilangkan atau dirubah membuat namanya menjadi kosakata dengan arti negatif. Nama yang sedikit diubah hurufnya namun tetap menjaga maknanya adalah Rosa, Laily, Camelia, Firda dan lain sebagainya.

4. Memberi Nama dengan Makna Kecantikan dan Kemuliaan

Berilah untuk buah hati perempuan Anda yaitu sebuah nama yang mengandung makna kecantikan  dan kemuliaan. Kecantikan disini dapat diartikan sebagai dua hal yakni kecantikan lahiriyah dan kecantikan hati atau perilaku. Sementara kemuliaan adalah suatu sifat yang semestinya ada pada wanita sebagai harga dirinya.

Nama Bayi Perempuan
Doa dan Harapan dalam Nama Bayi Perempuan

Dua sifat ini sangat cocok dijadikan nama dan diharapkan mampu menguatkan karakter pada anak dan kehidupannya kelak. Selain itu, cantik dan mulia merupakan hal yang tentu diharapkan oleh semua orang tua untuk putri tercintanya. Nama yang relevan dengan makna di atas adalah Abigail, Ayana, Aliqa, Bella, Belinda dan lain-lain.

5. Memberi Nama dengan Makna Hati yang Bersih atau Senyum yang Tulus

Pribadi yang baik juga bisa datang dari cerminan nama yang bermakna positif. Seperti halnya dengan memberi nama untuk anak perempuan berupa hati yang bersih dan lembut serta senyum yang tulus. Makna ini sangat sesuai dengan fitrah wanita sebagai seorang pendidik bagi anak-anaknya kelak sehingga perlu adanya hati yang lembut.

Atau dalam menjalani peran kehidupan apapun yang tentu membutuhkan seseorang yang berhati bersih agar dapat terbentuk sifat amanah dan jujur. Selain itu, wanita juga identik dengan senyumnya yang teduh dan menenangkan. Hal ini berlaku untuk siapapun bahkan tak perlu untuk menjadi cantik agar dapat tersenyum tulus, sehingga hal ini akan memancarkan kebaikan dalam hati si anak. Contoh nama yang dapat dipilih adalah Amidha, Candie, Deldamia, Erlina dan lain-lain.

6. Memberi Nama dengan Makna Intan atau Mutiara

Nama bayi perempuan juga dapat diambil dari kata intan dan mutiara yang diterjemahkan dalam bahasa lain. Intan, permata dan mutiara merupakan kekayaan berharga yang memiliki kilauan memukau. Kemilau inilah yang diibaratkan sebagai sosok wanita yang begitu berharga. Contoh nama dengan makna tersebut adalah Asti, Almya, Berliana, Emeralda, Fayra dan lain sebagainya.

7. Memberi Nama dengan Makna Kesucian atau Bidadari

Nama dengan makna kesucian bagi anak perempuan sangat dominan digunakan karena kesucian ini mengandung pengertian yang luas. Bisa diartikan sebagai kesucian hati dan jiwa serta condong pada kehidupan yang bersih dari keburukan.

Sedangkan makna atau kata bidadari tentu melambangkan seorang wanita yang cantik dan mulia. Anda juga dapat menggabungkan nama tersebut dengan kata-kata lain yang sesuai sehingga pengertiannya menjadi kalimat yang indah. Nama yang sesuai dengan makna bidadari adalah Apsarini, Keysha, Angelica, Arkadewi, Btari dan lain-lain.

8. Memberi Nama dengan Penyayang

Nama bayi perempuan yang baik dan dapat Anda jadikan pilihan adalah nama dengan makna penyayang. Hal ini menggambarkan sosok wanita yang lembut dan penuh kasih sayang, sehingga diharapkan dapat menjadi figur yang hadir dan memberikan kasih sayang terhadap orang-orang di sekitarnya seperti keluarga dan anak-anaknya.

Nama Bayi Perempuan
Nama Bayi Perempuan yang Indah

Wanita dengan sifat penyayang cenderung akan selalu disukai dan membuat orang lain gembira. Contoh nama dengan makna penyayang adalah Aashna, Aathifa, Adinda, Aima, Betty, Caira dan lain-lain.

9. Memberi Nama dengan Makna Ceria dan Periang

Perempuan yang menyenangkan adalah mereka yang selalu ceria dan memiliki sifat periang. Pribadi demikian seringkali tak melulu menunjukkan kesedihan dan lukanya melainkan selalu berusaha untuk tetap tersenyum di hadapan orang lain. Mereka juga cenderung memiliki hati yang tangguh dan mental yang kuat. Contoh nama yang relevan adalah Beatrice, Blythe, Caia, Delisha, Eca dan lain sebagainya.

10.Memberi Nama dengan Makna Kedamaian

Nama bayi perempuan dengan makna kedamaian diharapkan mampu membuat anak kelak menjadi pribadi yang membawa kedamaian bagi banyak orang. Pengertian ini bisa diartikan dalam banyak hal seperti kedamaian dalam hidup, kedamaian yang dirasakan bersama orang tersayang dan lainnya. Pilihan nama yang sesuai dengan makna ini adalah Afra, Ailin, Alana, Arienta, Fredericha dan lain-lain.

To Top