Family

Pentingnya Orangtua Menjaga Mulut Saat Berbicara Dekat Anak

Pentingnya Orangtua Menjaga Mulut Saat Berbicara Dekat Anak

Menjaga perkataan atau berhati-hati dalam berbicara adalah tindakan yang sangat bijak dan penting untuk dilakukan. Seperti dalam pepatah mengatakan, mulutmu adalah harimaumu adalah benar sekali, jika kita tidak menjaga mulut, artinya selalu berbicara tanpa difikir terlebih dahulu, akibatnya selain akan melukai perasaan orang lain, juga akan menimbulkan masalah pada diri kita sendiri.

Berhati-hatilah dalam berbicara terutama jika di sekitar kita ada anak. Ia dapat meniru dan merekam apa yang ia lihat dan dengar dengan sangat baik.

Baca Juga : Tips Parenting: Fixed vs Growth Mindset Pada Anak

Walaupun anak tidak mengerti apa yang sebenarnya orangtua maksudkan, tetapi tidak menutup kemungkinan suatu saat ia akan mengulangi perkataan yang pernah ia dengar tersebut kepada orang lain, bahkan mungkin kepada orang yang pada saat itu dibicarakan oleh orangtuanya. Misalnya ia menyampaikan kepada orang yang dimaksud bahwa ibuku bilang rambut tante seperti bulu jagung. Duuh apa jadinya jika hal seperti itu terjadi. Sangat malu dan buruk sekali akibatnya, bukan?

Pentingnya Orangtua Menjaga Mulut Saat Berbicara Dekat Anak

Oleh karena itu, jika orangtua tidak ingin kata-kata ’buruk’ atau semacamnya diucapkan kembali oleh anak di hadapan orang lain, berhati-hatilah dalam berbicara, hindarkanlah mengucapkan sesuatu yang tidak baik terutama di depan anak.

Baca Juga : 10 Kebohongan Yang Sering Dikatakan oleh Orang Tua Tanpa Mereka Sadari

Kita tidak dapat menyalahkan apalagi memarahi anak karena ia sudah mengatakan apa yang ia dengar atau lihat. Hal yang sangat penting untuk kita lakukan adalah lebih menjaga dan berhati-hati lagi dalam berbicara. Berusahalah selalu untuk menjaga perkataan. Dengan demikian, dapat meminimalkan terjadinya suatu masalah dan juga berarti kita memberi contoh yang baik kepada anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

To Top