Family

Pilih Waktu yang Tepat untuk Menemani dan Membimbing Anak Belajar

Pilih Waktu yang Tepat untuk Menemani dan Membimbing Anak Belajar

Pendidikan merupakan hak utama bagi anak selain kasih sayang baik dari orang tua maupun lingkungan dimana ia berada. Orang tua wajib memberikan dorongan bagi anaknya dalam segala hal baik terutama pendidikan itu sendiri. Berbagai cara memberikan motivasi, dorongan kepada anak terutama pada pendidikan, hal tersebut meliputi menyediakan tempat belajar yang nyaman, menyediakan sarana belajar yang nyaman, menyediakan waktu untuk menemani anak ketika belajar, memberikan arahan ketika anak kesulitan belajar, memberikan edukasi sosial di luar materi pelajaran dll.

Biasanya untuk anak-anak Sekolah Dasar sangat membutuhkan motivasi dari orang tua. Bagi mereka ketersediaan waktu orang tua untuk menemani belajar sangat berarti. Walaupun mengikuti les privat, tetap saja pendampingan orang tua sangatlah penting. Bagi orang tua yang tidak menggunakan jasa les privat, orang tua harus sanggup menyediakan waktu untuk menemani dan membimbing anak dalam belajar. Terkadang, waktu itu sendiri yang menjadi hambatan. Ada beberapa pilihan waktu untuk menemani dan membimbing anak jika orang tua memiliki pekerjaan yang di shift. Simak ulasannya sebagai berikut.

Siang Hari, Selang 2-3 jam Setelah Pulang Sekolah

Setelah pulang sekolah menjai waktu yang tepat untuk menemani anak belajar. Bagi ibu rumah tangga atau karyawan yang bekerjanya di shif bisa memilih waktu tersebut. Jika anak sudah istirahat maupun tidur sebentar, anak bisa belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah selang 2-3 jam setelah pulang sekolah. Waktu tersebut juga baik karena anak bisa belajar disiplin mengerjakan pekerjaan rumah (PR), sehingga malam harinya bisa belajar materi buat keesokan harinya atau istirahat saja.

Sore Hari Sebelum Magrib

Waktu sore hari juga bisa menjadi pilihan untuk menemani dan membimbing anak belajar. Sembari menikmati sore yang tenang, orang tua bisa membimbing anak untuk belajar maupun mengerjakan PR. Waktu tersebut bagus bagi pengaturan aktvitas anak, jika anak siang hari terbiasa bermain dengan teman. So, sore hari setelah mandi dan fresh, orang tua bisa membimbing anak untuk belajar. Waktu tersebut juga efektif, karena anak belum merasa ngantuk.

Malam Hari Setelah Magrib

Jika Anda orang tua yang super sibuk. Anda bisa memilih waktu malam hari, namun tidak terlalu larut. Malam hari setelah magrib menjadi waktu pilihan yang tepat karena anak maupun orang tua masih terjaga. Kemudian, setelah magrib juga menjadi waktu yang tepat untuk belajar agar dapat mengalihkan perhatian anak dari acara tertentu yang ditayang di stasiun televisi.

Pagi Hari Setelah Sholat Subuh

Terakhir, jika Anda tidak bisa menemani anak belajar pada ketiga waktu di atas, Anda bisa memilih waktu pagi setelah sholat subuh. Memilih waktu setelah sholat subuh maupun jam 5 pagi juga menjadi suatu pelatihan bagi anak untuk belajar disiplin bangun pagi. Waktu pagi tersebut anak masih fit dan fresh otaknya. Kemudian, waktu tersebut juga diyakini jika belajar pada waktu tersebut materi akan mudah diterima dan dipahami oleh anak.

Itulah beberapa waktu yang bisa anda pilih untuk menemani atau membimbing anak belajar. Sisihkan waktu Anda meskipun hanya sedikit. Perhatian orang tua yang berupa motivasi belajar sangat penting untuk menunjang semangat bagi anak. Bisa jadi, jika orang tua menemani anaknya belajar, anak lebih termotivasi untuk menjadi anak berprestasi dan mewujudkan cita-cita yang diimpikan. Sedikit ulasan di atas semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top