Family

Saran Terburuk dalam Dunia Parenting yang Pernah Ada

Tidak ada kata yang mudah ketika menjadi orang tua maka tidak heran ketika setiap orang tua memilih untuk bertanya kesana kemari hanya untuk memastikan bahwa apa yang mereka lakukan dalam mendidik dan merawat anak-anak mereka sudah tepat. Sayangnya, tak semua saran yang diterima sebenarnya baik dan beberapa saran terburuk dalam dunia parenting yang pernah ada ini ternyata sampai sekarang masih dipercaya sebagai saran yang ampuh oleh beberapa orang tua.

  1. Pusat Bodong Diberi Koin

Tak ada hubungannya sama sekali ketika pusat bodong diberi koin akan kempes sendiri, yang ada justru bakteri pada koin dapat menyebabkan infeksi dan justru berbahaya untuk bayi. Pusat bodong adalah suatu kondisi tertentu yang dialami bayi yang biasanya ketika berumur 4 bulan akan kempis sendiri. Yang perlu dikhawatirkan adalah ketika hampir 1 tahun tapi pusat tetap tidak kempis maka jangan tunda lagi segera hubungi dokter karena koin tak akan membantu sama sekali.

  1. Anak Kecil Tidak Akan Mengerti

Cara parenting seperti ini jelas sekali sangat buruk, hanya karena anak kecil bicaranya belum lancar atau bahkan belum bisa bicara dan mungkin betul mereka tidak mengerti bukan berarti Anda bisa berlaku atau bicara sembarangan di depan mereka. Daya tangkap dan daya ingat anak kecil jauh lebih kuat dibandingkan orang dewasa karena otak mereka sedang pada tahap perkembangan jadi walaupun mereka tidak mengerti suatu hari mereka akan meniru semua yang mereka ingat dari sikap dan bicara Anda.

  1. Selalu Menanggap Anak sebagai Anak Kecil

Ketika anak sudah bisa berfikir sendiri maka sudah selayakanya orang tua menganggap mereka sebagai seseorang yang bisa diajak berfikir. Sebagai orang tua memang penting untuk menetapkan aturan dan mengajarkan disiplin tapi tidak boleh semena-mena. Jika ada masalah maka sebaiknya ajak anak untuk berdiskusi dan bukannya menggunakan metode ‘anak harus selalu menurut dengan orang tua’. Dengan begitu anak akan lebih merasa dihargai dan mereka akan lebih menghormati Anda sebagai orang tua.

  1. Hukuman Sebagai Penyelesaian Masalah

Seperti yang dibahas di poin nomer tiga dimana orang tua tetap wajib menetapkan batasan kepada anak dan anak juga harus belajar tentang arti sebuah konsekuensi tapi tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan hukuman. Mungkin menurut Anda masalah selesai tapi hanya dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang, anak yang sering dihukum tanpa diadili (tidak memiliki kesempatan untuk membela diri) justru berkembang menjadi anak yang suka membangkang.

  1. Uang Jajan Setiap Hari Agar Hemat

Well, orang Indonesia memang terbiasa memberikan anak mereka uang jajan secara harian karena menurut mereka hanya itu cara agar anak tidak kelaparan di sekolah. Mungkin metode pengelolaan keuangan ini harus mulai diganti perlahan-lahan, alih-alih memberi anak uang jajan secara harian coba beri anak uang jajan secara bulanan atau mingguan. Dengan begitu Anda juga bisa sekalian belajar bagaimana caranya mengatur pengeluaran dan tak hanya tahu meminta saja ketika butuh uang.

Sebagai orang tua yang cerdas Anda juga harus bijak, jangan hanya sekedar menerima saran dan menerimanya mentah-mentah hanya karena yang memberikan saran adalah orang tua yang notabene sudah berpengalaman dalam mendidik dan merawat anak-anak. Selalu lakukan research  dan biasanya banyak membaca karena hanya dengan begitu Anda bisa menjadi lebih bijak dalam menerima saran dari orang lain.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top