Family

Seberapa Siap Anak untuk Mulai Sekolah?

Seberapa Siap Anak untuk Mulai Ber-sekolah?

Masing-masing anak memiliki karakter yang berbeda, berkembang dari lingkungan yang berbeda pula, sehingga kadang kita dibingungkan oleh beragam pendapat. Ada yang percaya tentang pentingnya pendidikan usia dini, akhirnya menyarankan anak untuk bersekolah di usia dini. Di lain pihak, ada yang mengatakan dunia anak adalah dunia bermain. Jangan dipaksa sekolah.

Padahal, dalam banyak hal, anak memiliki perbedaan satu sama lain, tidak semua anak sama. Maka sebagai orangtua, kenali dulu apa saja tanda-tanda anak siap sekolah, ketahui juga solusi untuk mengatasi keinginan bersekolah pada anak yang kadang terlalu lambat atau bahkan terlalu cepat untuk usianya. Berikut rangkumannya.

Tanda-tanda Anak Siap Sekolah

Secara alami, biasanya anak akan menunjukkan tanda-tanda bahwa ia sudah siap bersekolah. Hal ini bisa mencakup pada cara berpikir, caranya bereaksi terhadap sesuatu dan caranya bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Berikut tanda-tanda yang menunjukkan bahwa anak sudah siap sekolah.

Anak Minta Sekolah

Mulanya kita menganggap anak hanya ikut-ikutan ingin sekolah karena misal, melihat kakaknya atau teman-temannya bersekolah. Namun, sebenarnya itu ada perwujudan bahwa di dalam dirinya, dia memang sudah siap sekolah.

Dalam hal ini, kita harus cepat tanggap. Jelaskan apa dan bagaimana sekolah itu. Beritahu, di sekolah tidak melulu bermain. Sekolah harus mau belajar. Jika setelah dijelaskan anak tetap ingin sekolah, tunggu apalagi? Bila anak melakukan apa yang anak senangi, secara tidak langsung apapun masalah yang mungkin terjadi ketika bersekolah nanti, seperti susah bergaul, anak akan lebih merasa mampu menghadapinya.

Mandiri

Bila anak menolak untuk ditemani ke kamar kecil, biarkan saja asal kita pun yakin bahwa dia sudah bisa menggunakan toilet dengan benar. Hal ini bagus, karena secara pribadi dia sudah merasa mampu. Hal-hal seperti itu juga bisa menjadi acuan mengetahui tanda-tanda anak sudah siap sekolah, karena saat bersekolah nanti anak tidak bisa terus-menerus ‘menempel’ pada kita atau pengasuhnya. Maka sikap anak yang mandiri adalah salah satu tanda bahwa ia sudah siap bersekolah.

Mematuhi atau melakukan instruksi

Kita memberi instruksi untuk merapikan mainan, anak dengan baik melakukannya. Kita memberi tahu bahwa sepatu yang telah selesai dipakai harus ditaruh kembali ke dalam rak, anak mematuhinya. Bila sudah seperti ini, berarti anak sudah siap sekolah. Dia pasti bisa mematuhi perintah guru, mematuhi jam pelajaran dan segala aturan tata tertib sekolah.

Tertarik untuk belajar dan punya rasa ingin tahu

Fungsi utama bersekolah tentunya adalah untuk belajar. Bila anak sudah menunjukkan ketertarikan untuk belajar, memiliki rasa ingin tahu yang besar seperti aktif bertanya bila sedang dibacakan buku cerita, meminta buku dan pensil untuk berlatih menulis dan menggambar, berarti anak telah siap sekolah. Akan mudah baginya mempelajari hal-hal baru saat di sekolah nanti.

Usia Sekolah

Umumnya kesiapan anak untuk bersekolah sesuai dengan usia sekolah yang ditetapkan. Namun, bila terjadi hal-hal seperti:

Anak Belum tertarik sekolah di usia 5-6 tahun

Solusinya adalah dengan mengenalkannya pada sekolah dan lingkungan sekolah. Ajak langsung anak ke sekolah untuk memancing daya tariknya. Bicarakan, apa pandangan anak terhadap sekolah. Apakah ada pandangan berbeda? Ceritakan hal-hal menyenangkan yang bisa terjadi selama di sekolah, seperti teman-teman bermain yang banyak.

Anak Sudah minta sekolah padahal belum masuk usianya

Memang agak mengkhawatirkan meninggalkan anak usia 2-3 tahun di sekolah. Tetapi, jika itu bisa membantunya merasa senang untuk mengetahui banyak hal dan mengenal teman-teman baru, tidak ada salahnya memasukkan anak ke playgroup. Kebanyakan playgroup tidak mengharuskan anak masuk setiap hari. Bila di tengah jalan ia ‘mogok’ masuk, maka jangan dipaksa. Dunia anak adalah dunia bermain, bukan? Semoga tulisan ini bermanfaat untuk mengetahui kesiapan anak untuk bersekolah, ya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top