Family

Strategi Hadapi Anak Suka Melawan

Menjadi orang tua memang tidak mudah dan setiap orang tua pasti menghadapi masalah yang berbeda-beda setiap hari ketika berhubungan dengan anak. Salah satu masalah yang pasti pernah dialami oleh setiap orang tua adalah ketika anak-anak mereka yang bahkan belum genap 5 tahun sudah berani ‘melawan’ perintah orang tua. Well, sayangnya sikap seperti ini dianggap sebagian besar orang tua sebagai sesuatu yang lucu karena apa sih yang diketahi oleh anak dibawah lima tahun sampai punya pemikiran untuk ‘melawan’ perintah orang tua.

Jangan Anggap Enteng Sifat Pelawan Anak

Jika anak balita Anda sudah menunjukkan sikap ‘melawan’ baik atas perintah Anda ataupun ketika Anda sedang berbicara dan mereka memberikan respon yang kasar maka sebagai orang tua, Anda harus sadari bahwa ada sesuatu yang salah dengan sikap mereka itu. Hanya saja bukan berarti Anda harus mengalah dengan anak Anda jika hal tersebut terjadi karena jika demikian sikap tidak sopan tersebut akan terus berlanjut. Salah satu masalah utama yang sering terjadi ketika anak-anak sudah mulai menunjukkan sikap ‘melawan’ orang tua adalah ketika mereka berbicara kepada orang tua tapi orang tua justru tidak mendengar mereka dan pada akhirnya mereka yang tidak memiliki kemampuan apa-apa untuk menyadarkan orang tua justru menunjukkan sikap melawan sebagai usaha terakhir menarik perhatian orang tua agar mendengarkan mereka.

Apa Yang Harus Dilakukan untuk Menghadapi Anak Pelawan?

Langkah awal yang harus Anda ambil adalah menciptakan sebuah komunikasi yang nyaman dengan anak Anda dengan cara memastikan anak Anda merasa nyaman ketika membicarakan apa yang menjadi masalahnya namun di sisi lain Anda tetap harus menekankan dan mengingatkan mereka bahwa sikap ‘melawan’ itu salah dan tidak boleh dilakukan terhadap orang yang lebih tua. Setelah itu tiga hal berikut adalah strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sikap melawan pada anak.

  1. Perhatikan Gaya Bicara dan Sikap Anda Sebagai Orang Tua

Bisa saja sikap ‘pelawan’ yang ditunjukkan anak Anda justru didapatkannya dari sikap Anda sebagai orang tua yang suka memarahi, mengomel atau meneriaki mereka dengan kata-kata kasar. Sebelum menyuruh anak Anda untuk tidak berkata kasar, Anda harus memulainya dari diri Anda sendiri. Jikapun Anda terbawa emosi ketika menghadapi anak Anda selalu tunggulah sampai Anda merasa sedikit lebih tenang baru kembali berbicara, jangan biarkan emosi menguasai Anda.

  1. Perkuat Hubungan dengan Anak

Orang tua selalu berharap anak-anak mereka tumbuh dengan baik tapi mereka lupa bahwa untuk tumbuh dengan baik mereka membutuhkan peran aktif orang tua. Tahukan Anda bahwa anak-anak akan berfikir dua kali untuk menyakiti perasaan orang tua yang memiliki hubungan sangat dekat dengan mereka. Jadi sesibuk apapun Anda, selalu luangkan waktu dimana Anda akan mencurahkan 100% perhatian Anda untuk anak-anak Anda.

  1. Lakukan Konfrontasi Langsung Jika Anak Kembali Melawan

Jika anak mulai menunjukkan sikap melawan lakukan konfrontasi langsung namun tetap jaga komunikasi yang baik dengan anak. Katakan dengan jelas bahwa sikap mereka itu salah dan kalaupun ada yang mereka ingin sampaikan, sampaikan dengan baik atau tunggu sampai kedua belah pihak merasa tenang.

Ajarkan kepada anak sejak dini untuk selalu menghormati orang lain tak hanya kepada orang tua saja. Jika anda membiarkan sikap tidak sopan mereka maka Anda justru memperburuk kondisi tersebut. Kalaupun Anda kembali bersikap kasar terhadap sikap melawan mereka juga akan membuat sikap pelawan mereka menjadi lebih parah. Jadi apa yang harus dilakukan? Ingat apa yang anak dapatkan mereka pelajari dari orang tua, jadi selalulah menjadi orang tua yang pantas dihormati dan selalu menghormati.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top