Family

5 Cara Jitu Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Cara Jitu Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Buku adalah jendela dunia tempat anak-anak bisa menemukan banyak pengetahuan dan mengenal dunia. Hanya saja saat ini , dengan banyaknya pilihan permainan, gadget dan tontonan menarik di televisi akan lebih sulit bagi para orang tua untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

Tapi bukan berarti tidak mungkin karena tidak peduli seberapa menariknya acara di televisi atau permainan di gadget, tidak ada yang lebih menyenangkan dari menikmati petualangan di buku-buku. Karena hanya lewat kegiatan membacalah anak-anak bisa belajar untuk berimajinasi secara total, sesuatu yang tidak bisa ditawarkan acara televisi manapun atau permainan apapun.

Ketika anak sudah merasakan betapa asiknya membaca itu, mereka tidak akan pernah berhenti. Berikut adalah tips jitu agar Anda dapat menumbuhkan minat baca pada anak.

Cara mengajari anak belajar membaca dengan simple

  1. Jadikan Membaca Kegiatan Rutin Sehari-hari

Jangan berharap anak akan gemar membaca jika orang tua tidak suka membaca. Lakukan kegiatan membaca setiap hari di depan anak sehingga mengajarkan kepada mereka bahwa membaca adalah bagian rutin keseharian. Kegiatan seperti membaca koran di pagi hari, membaca novel sambil bermain dengan anak di sore hari ataupun mendongengkan anak cerita sebelum tidur adalah contoh kegiatan membaca yang bisa dilakukan setiap hari. Tidak perlu lama-lama cukup 5 – 10 menit tapi rutin dilakukan.

Kondisi Bayi Baru Lahir Yang Sering Membuat Panik
  1. Jadikan Membaca Kegiatan yang Menyenangkan

Jika ingin anak tertarik untuk membaca, jadikan kegiatan ini kegiatan yang menyenangkan. Jangan paksa anak untuk membaca, sebagai gantinya perhatikan apa yang menjadi minat anak. Misalnya, akhir-akhir ini anak Anda suka menonton Lion Guard di telivisi yang bercerita tentang sekelompok hewan, pilihlah tema bacaan yang mendekati seperti buku-buku tentang hewan sehingga anak tertarik untuk mulai membaca.

  1. Berikan Buku Sebagai Hadiah

Salah satu cara efektif untuk menumbuhkan minat baca pada anak adalah dengan cara menumbuhkan rasa cinta pada buku. Memberikan buku sebagai hadiah merupakan salah satu cara orang tua menunjukkan bahwa buku adalah suatu hadiah yang penting dan istimewa. Sekali lagi pilih buku yang sesuai dengan minat mereka sehingga mereka akan dengan bersemangat membaca buku pemberian Anda.

  1. Kunjungi Toko Buku dan Perpustakaan

Sebelum menumbuhkan minat baca anak, biasakan anak terlebih dahulu dengan keberadaan buku. Biarkan mereka terbiasa dengan betapa menyenangkannya perasaan ketika dikelilingi oleh rak-rak buku dengan cara sering membawa mereka ke toko buku atau menghabiskan weekend menjelajah deretan-deretan rak buku di perpustakaan untuk berburu cerita-cerita atau dongeng-dongeng favorit anak Anda.

Kondisi Bayi Baru Lahir Yang Sering Membuat Panik
  1. Permudah Akses Kepada Buku

Setelah minat baca anak mulai muncul, permudahlah akses kepada buku dengan cara membuatkannya kartu anggota perpustakaan atau meletakkan beberapa rak-rak kecil disetiap sudut rumah dan isi rak-rak tersebut dengan buku-buku bacaan kesukaannya. Sehingga kapanpun anak Anda ingin membaca mereka tinggal mendatangi rak terdekat untuk mulai membaca.

Pada intinya, peran serta orang tua untuk menumbuhkan minat baca pada anak sangatlah penting. Oleh karena itu jangan memaksa anak untuk mencintai buku jika Anda sendiri tidak pernah membaca buku.

Sesekali gunakan kesempatan bermain dengan anak untuk berdiskusi tentang buku-buku yang sudah mereka baca dan beri mereka pujian jika ternyata lewat buku-buku yang mereka baca mereka menjadi banyak tahu sehingga tanpa mereka sadari, anak-anak Anda akan mulai semakin sering membaca. Setelah itu buat kompetisi kecil-kecilan jika Anda memiliki lebih dari satu anak, siapa yang paling banyak selesai membaca buku akan mendapatkan tambahan hadiah buku apa saja yang mereka inginkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top