Family

Yuk Ajak Anak Sholat Tarawih di Masjid

Dalam Islam para orang tua memang dianjurkan untuk mengenalkan sedini mungkin kebiasaan sholat di masjid kepada anak-anak mereka. Namun tentunya hal tersebut bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Pada bulan Ramadan seperti ini tentunya para ibu juga tidak ingin ketinggalan untuk berlomba-lomba menambah pahala dengan pergi sholat tarawih yang hanya bisa dilakukan selama bulan Ramadan. Tapi ketika para ayah dengan mudahnya pergi sholat, para ibu kadang harus menahan keinginan mereka dikarenakan memiliki anak untuk diurus di rumah. Namun ternyata para ibu juga tetap bisa kok sholat tarawih dan berikut adalah tipsnya.

Memiliki Anak Dibawah Satu Tahun

Well, jika anak Anda masih berusia di bawah satu tahun sebaiknya ibu sholat tarawih di rumah saja. Ketika sang ayah sudah pulang dari masjid, ibu bisa sholat tarawih di rumah sementara ayah menjaga sang buah hati. Lagi pula pada jam sholat tarawih biasanya bayi dibawah satu tahun sudah tertidur pulas. Hal ini karena bayi di bawah satu tahun masih belum bisa diajak kompromi terutama ketika mereka menangis yang tentunya akan mengganggu jamaah lain.

Memiliki Anak Dibawah Tiga Tahun

Anak usia 1-3 tahun sebenarnya sudah lumayan bisa diajak kompromi tapi kembali lagi ke karakter anaknya masing-masing. Karena ada anak yang bisa duduk tenang hanya dengan bermain boneka tapi ada anak yang memang tidak bisa diam, merangkak sana merangkak sini. Jika Anda merasa anak Anda bisa tenang dibawa ke masjid, tidak masalah dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Anak Anda sudah cukup tidur karena anak yang mengantuk bisa sangat rewel.
  • Anak Anda juga sudah cukup makan, karena sama halnya dengan anak yang mengantuk, anak yang lapar juga bisa rewel.
  • Jangan lupa untuk membawakan botol susu karena anak usia 1-3 tahun masih suka menyusui kapanpun mereka mau.
  • Bawakan juga mainan favorit mereka tapi yang tidak mengeluarkan bunyi seperti boneka atau mobil-mobilan.
  • Walaupun anak Anda sudah melalui proses potty training tapi tetap saja ketika masuk masjid selalu pakaikan pospak agar Anda tidak repot dan tentunya tidak mengotori lantai masjid jika anak Anda tiba-tiba tidak tahan untuk buang air sementara Anda sedang khusuk sholat.
  • Untuk membiasakan anak Anda dengan suasana ibadah, ketika Anda sholat di masjid, kenakan juga mukena untuk anak perempuan dan sarung serta peci untuk anak laki-laki. Terutama ketika anak sudah hampir menginjak usia tiga tahun, dimana anak usia 2-3 tahun sudah mulai ikut meniru-niru orang tuanya jadi mereka juga cenderung meniru-niru gerakan sholat.

Memiliki Anak Usia di Atas Tiga Tahun

Pada usia ini kebanyakan anak sudah bisa diajak kompromi, sudah mau mendengarkan orang tuanya. Intinya anak usia di atas tiga tahun sudah agak bisa diatur. Namun bukan berarti Anda harus dengan santainya membawa mereka ke masjid. Beberapa hal berikut juga tetap menjadi perhatian utama Anda:

  • Anak Anda harus sudah cukup tidur dan tidak mengantuk ketika Anda melaksanakan sholat tarawih.
  • Anak Anda juga harus sudah cukup makan karena anak yang lapar juga tetap mudah rewel, berapapun usianya.
  • Jika anak Anda masih bergantung dengan susu, bawakan juga botol susunya.
  • Tetap pastikan mereka mengenakan pospak demi kenyamanan Anda juga.

Punya anak memang sebuah anugerah bagi para orang tua tapi kadang juga merupakan tantangan. Namun tentunya tak ada tantangan yang tak bisa ditangguhkan asalkan Anda tahu bagaimana cara menghadapinya, termasuk membawa dan memperkenalkan anak budaya ke masjid adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapai oleh mayoritas orang tua.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top