Fashion & Beauty

5 Kesalahan Fashion Yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

5 Kesalahan Fashion Yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

Saat wawancara kerja, penampilanmu akan menjadi kesan pertama bagi pewawancara sebelum menentukan kualitas selanjutnya. Karena itu, kesalahan sekecil apapun termasuk salah dalam berpakaian atau makeup dapat mengubah sebuah wawancara menjadi mimpi buruk.

Memang setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda, namun setidaknya ada rambu-rambu yang harus kamu perhatikan termasuk dalam penampilan agar peluang diterima semakin besar. Berikut ini 5 kesalahan fashion yang harus dihindari saat wawancara kerja.

1. Pakaian terlalu kasual

Tak harus berpakaian serba formal dan kaku, kamu masih boleh menggunakan pakaian yang terlihat sedikit lebih santai. Namun santai tak berarti kamu bebas melenggang masuk dengan T-Shirt dan celana jeans favoritmu. Tinggalkan T-Shirt dan celana jeans serta gantilah dengan pakaian semi-formal seperti blouse yang dipadukan dengan celana atau rok bahan. Jangan lupa, tambahkan aksesoris berupa kalung, gelang atau scarf untuk mempercantik penampilanmu.

Selain itu, perhatikan pula jenis perusahaan yang mengadakan wawancara kerja. Untuk perusahaan seperti bank, firma hukum dan perusahaan-perusahaan lain dengan lingkup pekerjaan lebih serius, sebaiknya kamu menggunakan setelan hitam putih atau blazer agar penampilanmu lebih formal dan meyakinkan.

Menggunakan pakaian yang terlalu kasual dan tidak sesuai akan menampakkan kesan bahwa kamu adalah orang yang tidak serius dan sulit mengikuti aturan.

2. Makeup terlalu tebal

Daripada menggunakan foundation yang terkesan ‘berat’, gunakan saja BB Cream atau tinted moisturizer yang lebih ringan dan membuat penampilanmu natural. Hindari pula menggunakan lipstik dengan warna-warna menyala seperti ungu atau oranye dan ganti dengan warna-warna lembut seperti nude atau pink. Kamu toh tidak sedang menghadiri pesta, jadi berikan sentuhan makeup yang minimalis namun tetap cantik dan menarik.

3. Pakaian terlalu seksi

Mendapat panggilan wawancara kerja dari perusahaan-perusahaan ternama, artinya kamu akan berada dalam lingkungan orang-orang yang berpendidikan tinggi. Jadi perlihatkan potensi dan kemampuanmu sesungguhnya untuk perusahaan tersebut. Memakai pakaian terlalu seksi dan terbuka justru akan membawa kesan kurang baik pada diri sendiri. Pertahankanlah penampilan yang rapi, profesional, cantik namun tetap natural untuk setiap sesi wawancara kerjamu.

4. Rambut yang tidak rapi

Pastikan rambutmu telah tersisir rapi dan tidak acak-acakan saat hadir dalam wawancara kerja. Usahakan sudah mencuci rambut sebelum hari yang ditentukan sehingga rambutmu tidak berminyak atau lepek. Jika kamu memiliki rambut panjang lebih dari sebahu, usahakan untuk mengikat rambutmu dan menyisirnya dengan rapi agar penampilan terlihat menarik dan profesional.

5. Bau parfum yang menyengat

5 Kesalahan Fashion Yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja Menggunakan parfum adalah hal yang paling disukai wanita. Namun saat wawancara kerja, sebaiknya jangan gunakan terlalu berlebihan meski untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Memang bau badan yang menyengat akan menurunkan kualitas penampilanmu tapi bau parfum yang menyengat juga akan sangat mengganggu. Terlebih kamu juga tidak tahu apakah pewawancara adalah orang yang alergi terhadap bau-bau tertentu atau tidak.

Penampilan sudah keren, bau badan sudah segar, sekarang saatnya kamu mempelajari lagi materi-materi apa yang kira-kira akan ditanyakan dalam wawancara kerja nanti. Ingat, kesan pertama adalah segalanya, jadikan itu berkesan dengan penampilan dan kemampuan maksimalmu. Good luck!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top