Fashion & Beauty

5 Kesalahan Mengatasi Jerawat Yang Bikin Tambah Parah

bebas jerawat saat haid

Jerawat memang mengganggu, selain rasanya nyeri dan gatal penampilan juga menjadi tidak sempurna. Segala cara sudah kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat, tetapi bukannya sembuh, kok jerawat bertambah parah ya?

Jika keadaannya demikian, jangan-jangan kamu melakukan beberapa kesalahan yang membuat jerawat semakin meradang. Apa saja kesalahan itu? Simak 5 kesalahan mengatasi jerawat berikut ini.

1. Memencet jerawat

Rasa gatal seringkali membuat kamu tak tahan ingin menekan dan memencet jerawat. Mungkin kamu merasa yakin jika isi jerawat berhasil dikeluarkan, maka jerawat akan mengecil dan mengering dengan sendirinya. Padahal menekan dan memencet jerawat, justru menyebabkan jerawat meradang atau bertambah banyak serta meningkatkan resiko menimbulkan bekas pada kulit.

2. Mencoba terlalu banyak produk penghilang jerawat sekaligus

Banyak orang terlalu cepat berganti produk penghilang jerawat begitu merasa tidak cocok, padahal produk tersebut baru saja dipakai kurang dari seminggu. Sebagian orang lain justru menggunakan banyak produk sekaligus dengan harapan jerawat akan cepat lenyap. Padahal justru dengan menggunakan banyak produk secara bersamaan, kulit bisa menjadi iritasi dan jerawat semakin parah.

3. Sering mencuci muka

Mencuci muka untuk melindungi jerawat dari debu dan kotoran memang baik, namun terlalu sering mencuci muka justru akan menimbulkan masalah pada jerawatmu. Sebaiknya, cuci muka dengan hati-hati menggunakan pembersih wajah yang lembut dengan PH seimbang minimal 3 kali sehari untuk mengurangi radang dan kelebihan minyak di wajah.

4. Menghentikan perawatan sebelum waktunya

Reaksi kulit terhadap obat jerawat berbeda-beda, namun umumnya kulit memerlukan waktu dalam bereaksi dan ini yang seringkali membuat banyak orang tidak sabar menunggunya. Menurut profesor dermatologi di University of Colorado Hospital, jerawat bisa datang dengan cepat namun untuk menyembuhkannya dibutuhkan waktu sekitar 6 – 12 minggu.

Begitu juga menurut profesor dermatologi di University of California Davis Health System, kita harus memberi kesempatan kepada satu produk penghilang jerawat bekerja minimal satu bulan dan terus menggunakannya jika jerawat kita membaik.

Dikatakan dalam beberapa kasus, pada minggu-minggu pertama menggunakan produk penghilang jerawat, kulit terlihat sedikit iritasi. Gejala ini ternyata bukan infeksi melainkan peradangan, dan kamu akan menemukan bahwa jerawat kemudian memburuk sebelum benar-benar sembuh.

5. Memilih produk yang salah

Banyak produk yang dijual bebas di pasaran dan diklaim dapat menyembuhkan jerawat seketika. Namun kamu toh harus mencermati bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, seperti apakah mengandung alkohol, pelembab dan sebagainya. Produk yang mengandung alkohol dapat memperburuk kondisi jerawat, sedangkan yang mengandung pelembab akan menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan jerawat baru.

Itulah 5 kesalahan mengatasi jerawat yang bikin tambah parah. Pernahkah kamu melakukan salah satu kesalahan diatas?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top