Fashion & Beauty

5 Vitamin untuk Wajah yang Lebih Glowing

Vitamin untuk Wajah

Wajah merupakan salah satu area yang banyak mendapat perhatian dan perawatan, khususnya oleh para wanita. Buktinya, banyak sekali produk-produk skin care yang beredar di mall, bahkan di supermarket dan marketplace. Selain itu, banyak orang juga berlomba-lomba merawat kulit dengan membeli setumpuk skin care, tanpa benar-benar mengetahui fungsi kandungan yang ada di dalam skin care tersebut.

Padahal, selain dirawat dengan skin care, kulit kita juga perlu dirawat dengan asupan nutrisi dari dalam loh. Salah satu asupan yang dapat merawat dan mempercantik kulit kita adalah vitamin. Dari sekian banyak vitamin, kira-kira apa saja ya vitamin untuk wajah yang lebih sehat dan glowing? Dari manakah vitamin tersebut bisa kita dapatkan? Yuk, langsung kita simak pembahasannya di bawah ini!

1. Vitamin C

Jeruk, sumber vitamin c sebagai vitamin untuk wajah
Jeruk sebagai sumber vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang cukup banyak ditemui dalam kandungan skin care. Vitamin C sendiri memiliki banyak sekali kegunaan dalam merawat kulit kita. Berikut adalah beberapa kegunaan vitamin C untuk kulit:

  • Berperan sebagai antioksidan, yaitu zat untuk membantu menangkal radikal bebas
  • Mampu mencegah penuaan dini dengan cara meningkatkan produksi kolagen, sehingga banyak digunakan dalam produk-produk anti-aging
  • Dapat membantu menyamarkan noda hitam pada wajah, juga mencerahkan kulit wajah
  • Membantu mengatasi kulit kering
  • Meningkatkan efektivitas sunscreen yang kita gunakan, sehingga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV

Kandungan vitamin C sendiri dapat kita peroleh dari berbagai macam buah-buahan, seperti jeruk, stroberi, apel, nanas, dan juga pisang. Selain itu, sudah ada banyak sekali produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C. Kita dapat memenuhi kebutuhan kulit akan vitamin C dengan memilih skin care yang memiliki kandungan vitamin C tersebut.

2. Vitamin E

Kacang almond, sumber vitamin e sebagai vitamin untuk wajah
Kacang almond, makanan bervitamin E

Selain vitamin C, vitamin lainnya yang memiliki segudang manfaat untuk perawatan wajah adalah vitamin E. Berikut ini adalah beberapa peran vitamin E dalam merawat kulit wajah kita:

  • Berperan sebagai antioksidan serta dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, layaknya vitamin C
  • Membantu menyembuhkan kulit yang kasar dan kering
  • Dapat menghilangkan bekas luka yang membandel
  • Dapat membantu mengurangi inflamasi pada kulit

Ada beberapa cara bagi kita untuk memenuhi kebutuhan vitamin E ini. Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menjadi salah satu sumber vitamin E, seperti kacang hijau, kacang polong, kacang almond, biji bunga matahari, serta gandum. Selain itu, sayuran hijau seperti bayam dan sawi juga mengandung vitamin yang satu ini. Di samping mengonsumsi buah dan sayur, kita juga dapat mengonsumsi suplemen atau menggunakan skin care yang mengandung vitamin E.

3. Vitamin A

Wortel sebagai asupan bervitamin A
Wortel, sayuran yang mengandung vitamin A

Tahukah kamu bahwa vitamin A tidak hanya baik untuk mata? Yup, vitamin A juga merupakan salah satu vitamin untuk wajah yang memiliki banyak kegunaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin A untuk kulit wajahmu:

  • Memperbaiki jaringan yang rusak, serta memelihara jaringan yang sehat
  • Digunakan dalam produk anti-aging karena mampu menyamarkan garis halus dan kerutan
  • Mengatasi bercak kusam di wajah
  • Menghaluskan kulit
  • Membantu mengendalikan jerawat

Kandungan yang banyak ditemui pada skin care seperti retinol, tretinoid, dan juga isotretinoin merupakan turunan dari vitamin A ini loh! Nah, untuk memperoleh vitamin yang satu ini, beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi adalah ubi jalar, wortel, serta papaya.

4. Vitamin B Kompleks

Salmon, salah satu daging yang mengandung vitamin B Kompleks
Asupan vitamin B Kompleks dapat diperoleh dari ikan salmon

Vitamin keempat yang memiliki khasiat ampuh dalam merawat kulit wajah adalah vitamin B Kompleks. Tahukah kamu bahwa kandungan biotin dalam vitamin B Kompleks berperan sebagai dasar pembentuk sel kulit, kuku, serta rambut? Oleh karena itu, tidak heran ya kalau vitamin B Kompleks menjadi salah satu vitamin yang bermanfaat untuk merawat kulit wajah. Selain berperan sebagai bahan dasar pembentuk sel kulit, ini dia beberapa manfaat lainnya dari vitamin B Kompleks:

  • Dapat meningkatkan Kesehatan kulit dengan cara memproduksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat
  • Dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya
  • Vitamin B3 atau yang lebih dikenal dengan niacinamide dipercaya mampu mengurangi perubahan warna kulit, juga menyamarkan bintik-bintik penuaan
  • Vitamin B5 atau asam pantotenat dipercaya dapat mengatasi penuaan kulit, juga mengatasi jerawat

Berbeda dengan vitamin lainnya yang banyak diperoleh dari buah dan sayur, vitamin B Kompleks dapat kamu peroleh dari beragam daging loh! Beberapa daging yang kaya akan kandungan vitamin B Kompleks adalah ikan salmon, daging sapi, daging ayam, dan pastinya telur! Sementara itu, kandungan vitamin B yang paling banyak ditemui pada sayuran biasanya folat atau vitamin B9. Beberapa sayuran yang mengandung folat adalah sayur bayam masak, lobak masak, serta selada romaine mentah.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Bedak Yang Bikin Glowing, Cantik Seketika

Itulah keempat vitamin yang dapat membantu merawat kulit wajah kita. Setelah mengetahui peran-perannya, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan kulitmu terhadap keempat vitamin tersebut ya! Juga, jangan lupa untuk mencocokkan komposisi skin care yang kamu gunakan dengan permasalahan kulitmu ya! Semoga informasi kali ini dapat membantu kamu merawat kulit wajahmu, juga lebih bijak dan teliti dalam memilih produk skin care!

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top